Sponsors Link

Apakah Efek Obat Pada Ginjal Bisa Sangat Berbahaya?

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui, obat adalah cara cepat untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Ketika tubuh sedang nyeri, pusing, batuk, demam, pegal pegal, pilek dan masalah kesehatan lain yang menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman, maka hal pertama yang anda lakukan adalah minum obat yang bisa dibeli bebas di warung atau apotik tanpa membutuhkan resep dari dokter. Bahkan, beberapa jenis obat juga seringkali ada dalam kotak P3K sebagai persediaan dan anda bawa kemana saja untuk berjaga jaga ketika sedang sakit. Akan tetapi, anda sebaiknya lebih berhati hati ketika ingin mengkonsumsi obat sebab ada efek obat pada ginjal yang bisa memperburuk kesehatan organ tersebut dimulai dari gejala awal penyakit ginjal.

ads

Efek Obat Pada Ginjal

Ginjal adalah organ yang berfungsi sebagai filter atau penyaring dan membuang zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan tubuh. Dalam organ ginjal ada jutaan struktur kecil atau unit penyaring yang dinamakan nefron yakni bagian organ ginjal. nefron tersebut nantinya akan membantu organ ginjal untuk menyaring sampai 200 liter darah setiap harinya sehingga tips menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan.

Obat dan juga produk akhir dari obat adalah salah satu zat yang akan disaring ginjal sehingga ketika anda minum obat, maka obat tersebut akan larut di dalam usus yang kemudian akan diserap dalam aliran darah. Obat tersebut kemudian akan sampai di organ ginjal yang kemudian akan disaring organ tersebut untuk kembali dialirkan ke darah sehingga ginjal akan terus terpapar dengan obat berdosis tinggi yang kemudian menyebabkan ginjal rusak.

Ketika dosis obat yang anda minum tinggi, maka bisa berbahaya bagi jaringan dan juga struktur ginjal. Ada banyak cara bagaimana obat obatan bisa menyebabkan macam macam penyakit ginjal, seperti:

  • Mengganggu aliran urin
  • Mengurangi aliran darah menuju ginjal dengan cara membuat pembuluh darah menyempit
  • Menimbulkan luka pada organ ginjal
  • Menyebabkan reaksi alergi yang bisa menyebabkan ciri ciri ginjal bermasalah.

Kerusakan ginjal nantinya bisa membuat kinerja ginjal berkurang dalam menyaring zat setiap harinya termasuk juga dengan racun. Berbagai jenis racun yang seharusnya dibuang oleh ginjal nantinya hanya akan menumpuk di berbagai jaringan dalam tubuh anda.

Jenis Obat Berbahaya Untuk Ginjal

Sebenarnya, efek obat pada ginjal dihasilkan dari semua jenis obat apabila dikonsumsi terlalu berlebihan. Namun ada beberapa jenis obatan yang bisa meningkatkan risiko tanda tanda ginjal rusak lebih buruk dibandingkan dengan jenis obat lainnya. Beberapa jenis obat obatan tersebut diantaranya adalah: 

Sponsors Link

  • Obat tekanan darah tinggi seperti lisinopril, captopril, candesartan, ramipril dan valsartan.
  • Obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, acetaminophen dan ibuprofen termasuk juga obat non steroid anti peradangan.
  • Antibiotik seperti cephalosporins, aminoglycisides, amphotericin B, sulfonamides, vancomycin dan bacitracin.
  • Obat asam lambung seperti cimetidine
  • Obat kemoterapi seperti carboplatin, cisplatin, tacrolimus, methotrexate dan cyclosporine
  • Obat rematik seperti infliximab.

Cara Mencegah Efek Obat Pada Ginjal

Mengkonsumsi obat memang tidak bisa dihindari karena obat sebenarnya berguna untuk meredakan rasa sakit yang sedang anda alami. Akan tetapi jika obat obatan terlalu sering atau terlalu banyak dikonsumsi maka akan berdampak buruk yakni menyebabkan gangguan ginjal. Ketika seseorang banyak mengkonsumsi obat di usia muda, maka bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal ketika masa tua. Sedangkan orang yang lebih tua juga bisa bereaksi kuat terhadap obat sebab fungsi ginjal akan mengalami penurunan dan dosis obat haruslah dikurangi. 

Sponsors Link

Seseorang yang menderita penyakit jantung atau diabetes dengan durasi minum obat sering juga bisa meningkatkan risiko masalah pada ginjal dan faktor penyebab gagal ginjal. Tidak hanya obat yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal, namun mengkonsumsi suplemen terlalu sering juga bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Supaya risiko dari obat bisa dikurangi, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, seperti:

  • Mengkonsumsi obat dalam jangka panjang harus dilakukan dalam pengawasan dokter.
  • Baca label, petunjuk penggunaan dan juga peringat sebelum anda minum obat khususnya obat yang bisa dibeli bebas.
  • Minum air cukup untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan jangan sampai dehidrasi karena obat.
  • Hindari pengobatan mandiri tanpa dikonsultasikan dengan dokter.
  • Jangan biasakan minum obat tidur atau penghilang rasa sakit terlalu sering atau ketergantungan karena bisa menyebabkan gagal ginjal kronis.
  • Hindari minuman beralkohol
  • Jangan konsumsi obat penghilang rasa sakit ketika hamil.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan