Sponsors Link

Efek Biopsi Ginjal yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang cukup penting sehingga kesehatannya perlu dijaga dengan baik. Namun beberapa orang mungkin mengalami masalah pada ginjal sehingga membutuhkan pemeriksaan atau diagnosis mengenai masalah yang dideritanya. Selain menjalani serangkaian Tes Urine Penyakit Ginjal atau darah dan pencitraan seperti Prosedur CT Scan Ginjal, mungkin dokter juga akan merekomendasikan Biopsi ginjal sebagai salah satu metode diagnosisnya.

ads

Pengertian

Biopsi ginjal merupakan salah satu metode atau prosedur untuk mendiagnosis pasien mengenai penyakit ginjal yang dideritanya. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengambil sampel jaringan berukuran kecil dari organ ginjal. Sampel tersebut nantinya akan dijadikan acuan untuk melihat apakah ada masalah pada organ ginjal di mikroskop. Hasil pemeriksaan nantinya akan dijadikan bukti medis dari adanya diagnosis penyakit ginjal, Penyebab Fungsi Ginjal Menurun, atau membantu memantau perkembangan penyakit ginjal yang sudah ada sebelumnya.

Tidak semua orang membutuhkan Manfaat Biopsi Ginjal untuk memeriksa kesehatan ginjalnya. Selain karena ada efek biopsi ginjal yang dapat terjadi, tes ini biasanya dilakukan setelah serangkaian pemeriksaan sebelumnya. Atau dalam kata lain, biopsi ginjal dilakukan jika pemeriksaan sebelumnya tidak menunjukkan hasil yang spesifik.

Efek Samping

Efek biopsi ginjal saat ini tidak begitu banyak jika dibandingkan dengan zaman dahulu. Di zaman dahulu, biopsi ginjal dilakukan dengan prosedur operasi besar. Namun seiring berkembangnya waktu, saat ini biosi ginjal bisa dilakukan dengan metode yang lebih praktis, sehingga efek sampingnya juga bisa diminimalisir. Walau demikian, biopsi ginjal tetap bisa memberikan efek samping tertentu, antara lain sebagai berikut.

  1. Pendarahan ringan

Salah satu efek samping biopsi ginjal adalah munculnya pendarahan ringan. Pendarahan ringan bisa terjadi selama beberapa saat, namun kebanyakan akan bisa berhenti secara cepat sehingga tidak perlu dilakukan penanganan medis lanjutan. Hanya saja pasien setelah menjalani biopsi ginjal ini memang akan diminta untuk beristirahat selama beberapa jam dengan tujuan untuk memantau apakah pendarahan terjadi. Jika pendarahan terjadi, maka akan lebih mudah melakukan penanganan.

  1. Pendarahan berat

Selain pendarahan ringan, salah satu efek samping dari biopsi ginjal lainnya adalah pendarahan berat. Jika pasien mengalami efek samping berupa pendarahan berat ini bisa jadi si pasien akan membutuhkan tranfusi darah untuk mencegah kehilangan banyak darah, terutama jika pendarahannya sudah cukup parah. Namun efek samping dari biopsi ginjal dalam bentuk pendarahan berat seperti ini sangat jarang terjadi.

Sponsors Link

  1. Rasa tidak nyaman atau nyeri

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa biopsi ginjal dilakukan dengan mengambil sejumlah sampel jaringan dari organ ginjal. Sehingga jika biopsi baru saja dilakukan, tentu saja akan ada perubahan di dalam tubuh terutama di ginjal. Dan salah satu efek sampingnya adalah munculnya rasa tidak nyaman atau sedikit nyeri dari daerah yang dilakukan biopsi ginjal.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai efek biopsi ginjal yang bisa terjadi kepada paisen yang baru saja menjalani prosedur tersebut. Hasil tes biopsi ginjal kebanyakan akan dapat diketahui selama kurang lebih 1 minggu lamanya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan