Sponsors Link

Manfaat Diet Vegetarian Untuk Ginjal Kronis

Sponsors Link

Untuk langkah pencegahan ginjal rusak atau gagal ginjal, maka mengubah pola diet yang dijalani menjadi hal penting yang wajib dilakukan. Ginjal akan bekerja untuk membersihkan sekaligus membuang racun yang ada dalam tubuh sehingga organ tersebut memiliki tugas penting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Untuk memiliki ginjal yang sehat, maka diet ginjal menjadi salah satu cara terbaik termasuk diet vegetarian untuk ginjal. Fosfor, sodium, protein dan potasium menjadi mineral dan vitamin utama yang bisa menyebabkan masalah lain sesudah seseorang terkena gagal ginjal. Fosfor merupakan mineral yang sangat dibutuhkan untuk tulang, namun jika terjadi masalah pada ginjal, maka kadar fosfor dalam tubuh akan menurun secara drastis. Sementara potasium sangat penting untuk membantu otot agar bisa berfungsi dengan baik sekaligus untuk menjaga kesehatan jantung serta ginjal juga akan membantu dalam menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh.

ads

Sebelum anda melakukan diet vegetarian untuk ginjal, maka sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter jika memang anda memiliki gangguan ginjal. Vegetarian yang memiliki ginjal bermasalah sebaiknya juga menghindari segala produk susu, jamur, jus ataupun sup yang mengandung potasium terlalu tinffi. Umumnya pasien gangguan ginjal juga harus membatasi asupan garam serta minyak dalam diet mereka. Apabila pembengkakan terjadi, maka asupan air dan semua jenis cairan juga harus dibatasi. Pasien yang memiliki penyakit ginjal atau ciri ciri ginjal rusak diharuskan mengkonsumsi tofu, yoghurt, susu kedelai, kacang, aneka buah berry, kacang merah, nanas, anggur, kubis, semangka, kacang hijau dan juga mentimun.

Manfaat Diet Vegetarian

Diet vegetarian untuk cara memulihkan fungsi ginjal ini ternyata bisa mengurangi penumpukan racun fosfor dalam tubuh khususnya bagi penderita penyakit ginjal kronis atau CKD menurut penelitian di Indiana University School of Medicine dan juga Roudebush Veteran Affairs Medical Center Amerika Serikat. Penderita penyakit ginjal memang diharuskan untuk membatasi asupan fosfor sebab tingkat mineral terlalu tinggi dalam tubuh bisa mengakibatkan penyakit jantung hingga berujung pada kematian. Sedangkan pendapat dari para ahli medis, pembatasan ini bisa dilakukan dengan diet rendah fosfor namun tidak semua makanan selalu mencantumkan kadar fosfor pada label makanan. 

Sponsors Link

Kelompok peneliti mempelajari tentang efek diet vegetarian dan juga daging kemudian membuat perbandingan berdasarkan tingkat fosfor pada 9 pasien penyakit ginjal kronis seperti gejala gagal ginjal kronik sekitar 4 minggu yang kemudian dilanjutkan dengan tes darah serta urin setiap akhir minggu. Dari hasil penelitian terbukti jika meski kadar protein dalam tubuh serta konsentrasi fosfor seimbang antara dua jenis diet ini, namun pasien mempunyai kadar fosfor lebih rendah dan terdapat juga penurunan ekskresi fosfor dalam urin untuk mereka yang melakukan diet vegetarian dibandingkan dengan diet daging. Para peneliti kemudian membuat kesimpulan jika sumber protein pada diet memberikan efek signifikan pada kadar fosfor untuk pasien penderita ginjal kronis atau tanda tanda ginjal rusak.

Dalam sebuah studi baru juga menyarankan penderita penyakit ginjal untuk melakukan diet vegetarian ini karena diet ginjal vegetarian bisa membantu dalam menghindari penumpukan racun dalam tubuh khususnya ginjal yang berasal dari fosfor. Penderita ginjal memang disarankan untuk membatasi asupan fosfor seperti halnya penyakit jantung dan kematian yang juga bisa terjadi karena terlalu tinggi kadar mineral dalam tubuh. 

Sponsors Link

Hasil Penelitian Diet Vegetarian

Para peneliti yang mempelajari tentang efek dari diet vegetarian dan daging berdasarkan tingkat fosfor untuk 9 pasien penyakit ginjal kronis ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama melakukan diet vegetarian selama seminggu dan untuk kelompok kedua melakukan diet daging dengan waktu yang juga sama. Sesudah dua hingga empat minggu kemudian, kedua kelompok tersebut diminta untuk bertukar jenis diet dan pada akhir minggu dilakukan tes urin dan darah.

Hasil laboratorium membuktikan jika konsentrasi protein dan fosfor dalam dua jenis diet tersebut memang seimbang, akan tetapi untuk kelompok yang melakukan diet vegetarian terlihat memiliki kadar fosfor yang lebih rendah dan juga menurunkan sekresi fosfor dalam urin jika dibandingkan dengan kelompok yang melakukan diet daging. Dari hasil temuan ini, para peneliti kemudian membuat kesimpulan jika sumber protein yang ada dalam diet memberikan efek signifikan untuk kadar fosfor penderita penyakit ginjal kronis.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup