Sponsors Link

Diet Untuk Batu Ginjal yang Harus Dipatuhi

Sponsors Link

Batu ginjal di saluran kemih bisa terbentuk dalam berbagai cara. Kalsium bisa bergabung dengan bahan kimia seperti fosfor atau oksalat dalam urin. Ini dapat terjadi karena zat zat tersebut sangat terkonsentrasi sehingga mengeras. Batu ginjal juga bisa terjadi akibat penumpukan asam urat akibat metabolisme protein. Saluran kemih tidak dirancang untuk mengeluarkan zat padar sehingga tidak mengherankan jika batu ginjal akan sangat menyakitkan. Namun untungnya, semua ini bisa dihindari dengan diet untuk batu ginjal seperti yang akan kami ulas berikut ini.

ads

1. Tetap Terhidrasi

Cairan khususnya air putih sangat penting untuk melarutkan bahan kimia pembentuk batu. Untuk itu, pastikan setidaknya anda minum 12 air putih per hari untuk mencegah batu dalam rongga ginjal.

2. Tingkatkan Asupan Jeruk

Diet untuk batu ginjal selanjutnya bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan buah jeruk baik buah dan jusnya yang bisa membantu untuk mengurangi atau menghalangi pembentukan batu sebab asam sitrat terjadi secara alami. Beberapa buah jeruk yang baik dikonsumsi diantaranya adalah jeruk, lemon dan juga grapefruit untuk mengatasi gejala batu ginjal pada wanita serta pria.

3. Konsumsi Kalsium dan Vitamin D

Apabila asupan kalsium anda rendah, maka kadar oksalat bisa meningkat. Akan lebih baik jika anda mendapatkan banyak kalsium dari baru ginjal dibandingkan suplemen sebab dikaitkan dengan pembentukan batu ginjal. Sumber kalsium yang baik diantaranya adalah keju cottage, yogurt, susu dan jenis keju lainnya. Sedangkan untuk sumber kalsium vegetarian adalah kacang kacangan, biji bijian dan molase blackstrap.

Jika anda tidak suka susu sapi atau alergi laktosa, maka bisa minum susu kedelai atau susu kambing. Pastikan juga anda mengkonsumsi makanan kaya vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium lebih baik seperti salmon, kuning telur serta keju untuk mengatasi penyebab batu ginjal pada pria dan wanita.

Pantangan Dalam Diet Batu Ginjal

Selain beberapa makanan yang baik dikonsumsi dalam diet untuk batu ginjal, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari dalam diet batu ginjal, seperti:

1. Membatasi Garam

Kadar natrium tinggi di dalam tubuh bisa meningkatkan penumpukan kalsium dalam urin. Untuk itu, hindari penambahan garam pada makanan dan periksa label makanan olahan untuk melihat kadar sodium. Selain itu, perhtaikan juga yang anda minum sehari hari sebab ada beberapa jus sayuran yang juga mengandung banyak sodium.

2. Kurangi Protein Hewani

Ada banyak sumber protein seperti unggas, ikan, daging merah, ayam, babi serta telur yang bisa meningkatkan asam urat. Mengkonsumsi protein dalam jumlah berlebih bisa mengurangi zat kimia dalam urin bernama sitrat. Tugas sitrat ini adalah untuk mencegah batu ginjal. Daripada mengkonsumsi protein hewani yang merupakan pantangan batu ginjal, akan lebih baik jika mengkonsumsi protein nabati seperti biji chia, tahu, quinoa dan yogurt yunani sebab protein tetap penting untuk kesehatan menyeluruh.

3. Makan Oksalat Dengan Bijak

Makanan yang tinggi akan oksalat yakni zat kimia bisa meningkatkan ciri ciri penyakit batu ginjal sehingga harus dibatasi atau bahkan dihilangkan dalam diet. Jika anda ingin menghindari batu ginjal, maka tanyakan pada dokter apakah membatasi makanan tersebut sudah cukup. Apabila anda sudah mengkonsumsi makanan mengandung oksalat, maka pastikan untuk makan dan minum sumber kalsium secara bersamaan. Ini bisa membantuk oksalat mengikat kalsium selama dicerna sebelum akhirnya sampai di ginjal. Beberapa makanan tinggi oksalat yang harus dihindari adalah bit, kacang, coklat, teh, bayam, ubi jalar dan swiss chard.

Sponsors Link

4. Hindari Minuman Cola

Minuman cola mengandung fosfat yang tinggi dimana bahan kimia ini bisa meningkatkan risiko batu ginjal. Jika anda memang penggemar minuman cola, ada baiknya untuk mulai menghindari atau lebih baik berhenti minum cola untuk selamanya.

5. Kurangi Gula

Menambahkan gula dan sirup pada makanan atau minuman olahan yakni sukrosa bisa meningkatkan fruktosa sehingga risiko ciri ciri batu ginjal awal juga ikut meningkat. Sebaiknya perhatikan jumlah gula yang anda konsumsi dalam makanan olahan, buah, kue, jus dan minuman ringan. Sedangkan nama gula tambahan lain yang biasanya tertera dalam kemasan dan harus dihindari adalah fructose, corn syrup, brown rice syrup dan cane sugar.

Sponsors Link
>
, , ,