Sponsors Link

Diet Sindrom Nefrotik yang Benar dan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Memiliki ginjal yang sehat adalah impian bagi semua orang termasuk anda. Bukan hal yang sulit untuk menjaga kesehatan kita sehar-hari sehingga kita memiliki tubuh dan organ yang sehat. Namun, untuk beberapa orang melalaikan kewajibannya untuk menjaga kesehatan tubuhnya secara maksimal sehingga salah satu atau beberapa organ tubuhnya mengalam gangguan atau terserang penyakit tertentu mulai dari yang sepele hingga masalah yang serius.Tentu saja dengan adanya gangguan tersebut anda menjadi kurang nyaman dan berbagai macam kegiatan yang seharusnya dapat anda lakukan jadi tertunda.

ads

Salah satu penyakit serius yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia adalah sindrom nefrotik. Sindrom ini merupakan salah satu penyakit yang membuat tubuh anda menjadi sangat kekurarangan protein. Protein yang seharusnya dapat diserap oleh tubuh dan digunakan sebagaimana mestinya, menjadi terbuang bersama dengan urin saat protein tersebut melalui ginjal. Penyakit ini tak hanya menyerang orang dewas, namun juga anak-anak yang dapat dideteksi sejak umur 2 tahun hingga 5 tahun.

Terdapat banyak cara yang dilakukan untuk mengobati atau membantu mengurangi efek dan aktifitas dari sindrom nefrotik ini. Seperti mulai menghinari kebiasaan yang bisa merusak ginjal, berolahraga ringan, banyak mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita sindrom nefrotik , hingga melakukan diet sindrom nefrotik. Akhir-akhir ini, diet sindrom nefrotik cukup terkenal dan digunakan sebagai solusi untuk membantu menyembuhkan sindrom nefrotik dengan baik.

Makanan Penderita Sindrom Nefrotik

Bagi penderita sindrom nefrotik, terdapat beberapa jenis makanan yang dianjurkan dan dinilai baik untuk dikonsumsi dalam waktu yang lama. Beberapa makanan yang mampu mendukung diet sindrom nefrotik tersebut diantaranya:

  • Ikan

Bagi anda penderita sindrom nefritis dan sedang menajalani diet sindrom nefritis, tidak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi ikan karena ikan sangat baik dan dianjurkan untuk anda penderita sindrom nefritis. Ikan sendiri mengandung protein yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kinerja ginjal dalam beraktivitas.

Anda dapat mengonsumsi ikan jenis apa saja yang ada disekitar anda. Karena kandungan protein pada ikan ada di semua jenis ikan.

  • Putih Telur

Selain sangat mudah di dapatkan di sekitar anda, telur adalah salah satu bahan makanan yang sangat bergizi dan memiliki banya vitamin dan mineral. Sala satu kandungannya adalah protein yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh penderita sindrom nefritis akan protein yang mudah dan cepat. Namun dalam hal ini anda hanya bisa mengonsumsi putih telur saja, tidak bersama kuning telurnya.

  • Daging Ayam

Daging ayam ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi bagi tubuh khususnya bagi penderita sindrom nefrotik karena mampu menggantikann protein yang terbuang bersama urin. Anda dapat mengonsumsinya sesering mungkin dengan cara direbus dengan sedikit bumbu. Tetapi, anda harus menghindari menggunakan daging ayam bagian paha karena pada bagain paha terdapat banyak sekali kolesterol. Disarankan, anda mengonsumsi daging ayam bagian dada saja.

Sponsors Link

  • Buah-buahan

Buah-buahan menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk dijadikan pendamping bagi diet sindrom nefrotik . Banyak sekali vitamin dan mineral yang mampu mendukung kinerja ginjal dan tubuh dalam menyembuhkan sindrom nefrotik secara cepat dan pasti. Selain itu, buah juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah penderita sindrom nefrotik karena salah satu makanan yang baik untuk ginjal.

Minuman Untuk Penderita Sindrom Nefrotik

Untuk minuman yang dapat dikonsumsi oleh penderita sindrom nefrotik tidak terlalu spesifik seperti apa, yang jelas penderita sindrom nefrotik dapat mengonsumsi minuman apa saja kecuali minuman yang mengandung alkohol, soda, teh kental, dan kopi. Sebagai gantinya, anda dapat mengonsumsi jus buah segar sebagai salah satu  minuman pembersih ginjal. Atau memperbanyak mengonsumsi susu rendah lemak serta air putih.

ads

Susu rendah lemak selain tidak ada kolesterol dan sangat minim lemak hewani juga fapat dimanfaatkan bagian proteinnya sebagai penambah pasokan protein dalam tubuh agar tubuh anda tidak lemas dan tidak kekurangan protein. Sedangkan air putih adalahsalah satu cara paling ampuh untuk melindungi ginjal dari kerusakan yang parah karena kekurangan cairan untuk membantu pengolahan atau penyaringan racun.

Menu Diet Untuk Penderita Sindrom Nefrotik

Bagi anda yang ingin atau akan melakukan doet sindrom nefrotik, berikut dibawah ini terdapat contoh menu diet untuk penderita sindrom nefrotik yang cocok untuk anda. Menu ini dapat anda kreasikan sesuai dengan keinginan anda selama tidak melanggar pantangan yang di berikan. Berikut dibawah ini contoh menu diet sindrom nefrotik:

  1. Menu Pagi
    • Bubur/nasi tim/Nasi Telur dadar isi
    • Wortel
    • Tomat
    • Teh manis ringan
  2. Selingan Pagi
    • Puding buah atau puding susu rendah lemak
  3. Menu Siang
    • Bubur/nasi tim/Nasi Telur dadar isi
    • Tumis wortel
    • Semur tahu
    • Jeruk
  4. Selingan Sore
    • Kue bolu
  5. Menu Malam
    • Bubur/nasi tim/Nasi Telur dadar isi
    • Tempe bacem
    • Sayur sop
    • Pepaya

Pantangan Untuk Penderita Sindrom Nefrotik

Untuk penderita sindrom nefrotik, terdapat beberapa pantangan yang harus diperhatikan dengan baik dan tentunya untuk tidak dikonsumsi dalam pengobatan maupun diet sindrom nefrotik. Pantangan tersebut diantaranya:

  1. Tidak meminum teh kental atau kopi.
  2. Tidak meminum semua minuman yang mengandung alkohol seperti arak, ciu, bir, dan lainnya
  3. Tidak meminum semua minuman yang mengandung soda seperti cola dan lainnya.
  4. Tidak mengonsumsi sayuran yang sudah diasinkan dan diawetkan.
  5. Tidak mengonsumsi kacang-kacangan yang sudah diawetkan atau diasinkan.
  6. Tidak mengonsumsi buah yang sudah diawetkan atau diasinkan.
    Sponsors Link

  7. Tidak mengonsumsi roti dan kue yang dibuat dari garam dapur serta soda kue.
  8. Tidak mengonsumsi makanan yang mengadung protein hewani berlebih seperti ginjal, hati, limpa, otak, ham, jantung, usus, paru, sarden, babat, bebek, angsa, burung, seafood dan lainnya.
  9. Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani berlebih dan diawetkan dengan menggunakan garam seperti ikan asin, kornet, sarden dan lainnya.
  10. Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak atau makanan berlemak.
  11. Tidak mengosumsi makanan yang menggunakan santan kental.
  12. Tidak mengonsumsi makanan yang menggnakan baking powder, soda kue, kecap, garam, terasi, saos, MSG, sambal botol, tauco, petis, bumbu instan, dan lainnya.

Itulah tadi daiats macam-macam ulasan terkait dengan diet sindrom nefrotik yang dapat anda simak dengan baik. Diharapkan berbagai macam ulasan diatas mampu menambah pengetahuan anda dapat anda terapkan dalam kehidupan anda demi mendapatkan kesehatan tubuh seperti sedia kala. Karena, menjaga tubuh adalah hal yang sangat penting mengingat tubuh anda adalah aset berharga anda di masa depan nantinya.

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan tubuh anda khususnya bagian ginjal ke dokter anda agar anda selalu tahu keadaan tubuh anda khususnya bagian ginjal. Anda dapat melakukannya selama 6 bulan sekali agar ketika ada sesuatu yang salah dengan tubuh anda dapat ditangani dengan cepat dan tepat tanpa harus menunggu penyakit atau gangguan pada tubuh anda tersebut menjadi lebih parah.

Sponsors Link
>
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips