Sponsors Link

Panduan Diet Rendah Protein Untuk Penderita Gagal Ginjal dan Contoh Menu Diet

Sponsors Link

Pasien gagal ginjal memang diharuskan untuk menjaga pola makan dengan baik sebab banyak makanan yang mungkin bergizi untuk seseorang yang tidak memiliki masalah ginjal justru bisa memperburuk kondisi ginjal yang menjadi salah satu efek samping gagal ginjal. Pola makan yang biasanya akan dianjurkan untuk penderita gagal ginjal adalah diet rendah protein untuk penderita gagal ginjal. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu diet rendah protein, berikut akan kami berikan penjelasan selengkapnya.

ads

Diet Rendah Protein untuk Gagal Ginjal

Diet rendah protein untuk penderita gagal ginjal merupakan pola makan yang membatasi asupan protein dalam makanan yang dikonsumsi sehari hari. Dalam diet ini, asupan protein akan lebih rendah dibandingkan dengan kebutuhan normal. Diet rendah protein ditujukan untuk orang yang mengalami penurunan fungsi ginjal menahun atau penyakit gagal ginjal kronis.

Fungsi dari diet ini adalah mencukupi kebutuhan zat gizi supaya bisa sesuai dengan fungsi bagian organ ginjal, memperlambat penurunan fungsi ginjal lebih parah, mengatur keseimbangan cairan dan juga elektrolit dan juga menjaga stamina pasien agar bisa tetap beraktivitas dengan baik.

Kenapa Protein Harus Dibatasi?

Asupan protein pada penderita gagal ginjal harus dibatasi bukan tanpa sebab. Protein yang dikonsumsi akan dicerna kemudian dipecah menjadi asam amino oleh tubuh dengan bantuan dari enzim. Pencernaan protein tersebut akan diawali dari lambung yang kemudian dibawa ke usus. Asam amino yang sudah dicerna oleh tubuh akan kembali dibawa ke aliran darah dan dialirkan ke seluruh tubuh yang memerlukan.

Tubuh manusia juga butuh jumlah asam amino yang berbeda beda tergantung dari jenis asam aminonya. Protein yang sudah dicerna tersebut akan diproses kembali oleh ginjal dan akhirnya kerja ginjal semakin keras. Ditambah lagi untuk pasien gagal ginjal kronis yang sudah mengalami kerusakan ginjal sehingga itulah mengapa pasien gagal ginjal diharuskan untuk membatasi asupan protein dalam makanan dan menjadi penyebab ginjal tidak berfungsi.

Bagaimana Diet Rendah protein Untuk Gagal Ginjal?

Asupan protein yang bisa dikonsumsi penderita gagal ginjal kronis sangat berbeda dengan orang normal yang tidak memiliki masalah pada ginjal mereka. Dari Kementrian Kesehatan mengatakan jika asupan protein harian yang dianjurkan untuk penderita gagal ginjal adalah 0.6 gram per kilogram berat badan.

Dari anjuran tersebut, maka 60% asupan protein hewani bisa didapatkan dari daging, telur, ayam, daging sapi, ikan dan juga susu. Telur menjadi sumber protein yang sempurna sebab juga mengandung asam amino yang sama seperti asam amino dalam tubuh.

Contoh Makanan Diet Protein

Bagi anda atau ada anggota keluarga yang terkena gagal ginjal akut dan bingung dengan menu makanan seperti apa yang harus dikonsumsi, berikut kami punya contoh menu makanan yang bisa dikonsumsi dalam satu hari. 

Sponsors Link

  • Untuk pagi hari: 100 gram atau sekitar 3/4 gelas nasi, 1 butir telur yang dimasak, 40 gram atau 2 sachet madu, 12 gram atau 1 sendok makan gula.
  • Untuk jam 10 pagi: 1 porsi atau 50 gram kue talam, teh, 13 gram atau 1 sendok makan gula.
  • Untuk siang hari: 150 gram atau 1 gelas nasi, 50 gram daging sapi atau 1 potongan sedang, 50 gram atau 1/2 gelas buncis wortel, 100 gram atau 1 potong setup nanas.
  • Jam 4 sore: 50 gram atau 1 potong sedang puding, 3 sendok makan fla.
  • Sore hari: 150 gram atau 1 gelas nasi, 40 gram atau 1 potong ukuran sedang ayam panggang, 50 gram atau 1/2 gelas capcay goreng dan 100 gram atau 1 potong pepaya matang.

Pasien gagal ginjal kronis yang sudah memiliki gangguan pada anatomi ginjal memang diharuskan untuk mengatur segala asupan dengan baik khususnya protein dalam makanan dan juga minuman. Ulasan dan juga contoh menu makanan yang sudah kami uraikan di atas semoga bisa digunakan sebagai tambahan informasi bagi anda dengan mudah.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup