Sponsors Link

Diet Rendah Fosfor Saat Puasa, Apakah Baik untuk Ginjal?

Sponsors Link

Kalsium dan juga fosfor merupakan mineral penting untuk membangun kekuatan tulang. Jika ginjal dalam keadaan normal dan sehat, maka organ ginjal bisa mengatur tingkat fosfor dalam darah untuk membuang fosfor berlebih dalam tubuh. Namun apabila organ ginjal mengalami gangguan dan tidak bisa berfungsi dengan baik seperti terkena salah satu dari macam macam penyakit ginjal, maka akhirnya kadar fosfor berlebih akan terjadi dalam aliran darah atau dikenal dengan istilah hyperphosphatemia. Kadar fosfor yang terlalu tinggi ini nantinya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga tulang.

ads

Berapa Ukuran Fosfor Berlebihan?

Kebutuhan fosfor dalam tubuh sangat beragam tergantung dari fungsi organ ginjal masing masing individu. Untuk orang dewasa yang memiliki salah satu dari macam macam penyakit ginjal seperti gagal ginjal kronis, maka biasanya membutuhkan antara 800 hingga 1000 miligram fosfor per hari yang menjadi batasannya. Sedangkan untuk orang dewasa dengan ciri ciri ginjal sehat, maka membutuhkan asupan fosfor dua kali lipat dari ukuran tersebut. Sementara untuk anda yang memiliki penyakit ginjal stadium awal atau sedang menjalani dialisis, maka kemungkinan anda akan disarankan untuk membatasi asupan fosfor.

Asupan Fosfor Saat Berpuasa

Sementara untuk anda yang sedang berpuasa, maka cara terbaik untuk berdiet baik saat sahur atau berbuka adalah dengan membatasi asupan makanan yang mengandung fosfor tinggi khususnya jika memiliki masalah ginjal diantaranya batu ginjal atau kandung kemih bocor seperti beberapa jenis makanan yang harus dihindari berikut ini.

  • Makanan cepat saji, makanan olahan dan makanan bercita rasa nikmat lainnya merupakan makanan tinggi akan fosfor yang sebaiknya dihindari.
  • Minuman yang mengandung fosfor yang bisa anda lihat dari komposisi bahan dengan kata “phos” sebaiknya anda hindari baik saat sahur maupun berbuka..

Namun, meskipun anda sudah mengkonsumsi makanan yang rendah fosfor, anda juga masih harus memperhatikan ukuran dari porsi dan juga membatasi porsi baik pada makanan dan minuman sehari hari. Daripada anda mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan fosfor saat puasa, akan lebih baik jika anda memilih beberapa makanan yang mengandung fosfor rendah untuk menjaga organ ginjal agar tidak menambah keparahan ciri ciri penyakit ginjal dan agar bisa bekerja dengan baik meski sedang berpuasa. Beberapa pilihan makanan yang bisa anda konsumsi diantaranya adalah:

  • Susu, puding, susu kedelai, yogurt, krim non dairy dan susu beras.
  • Keju olahan dan krim keju
  • Buah buahan beku
  • Selai kacang atau mentega kacang
  • Yogurt beku atau sorbet
  • Biji bijian utuh seperti sereal, roti gandum, nasi merah.
  • Aneka jenis kacang seperti kacang polong, kacang hitam, kacang hijau dan kacang panjang.
  • Air lemon, teh jahe atau air biasa.
  • Perhatikan Label Kemasan 
    Sponsors Link

Ketika anda ingin berbuka diluar rumah dan ingin mengkonsumsi makanan kemasan, maka anda harus lebih memperhatikan label yang tertera pada kemasan. Ada banyak aditif yang mengandung fosfor dalam kemasan yang bisa menyebabkan gangguan organ ginjal sehingga anda harus lebih jeli dalam memeriksa berbagai kandungan fosfor yang juga mungkin menggunakan istilah lainnya seperti:

  • Kalsium phos phate
  • Disodium phos phate
  • Phosic acid
  • Monopotassium phos phate
  • Asam natrium pyro phos phate
  • Natrium tripoly phos phate

Umumnya, produsen makanan dan minuman akan menambahkan fosfor dalam produk mereka untuk meningkatkan rasa, mengentalkan, mencegah perubahan warna dan juga mengawetkan. Hindari beberapa produk yang mengandung fosfor sebab bisa berbahaya untuk ginjal khususnya bagi anda yang memang sudah memiliki penyakit ginjal seperti kista ginjal

Sponsors Link

Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter apabila terasa sulit untuk menurunkan kadar fosfor dalam makanan khususnya saat bulan puasa. Dokter biasanya akan merekomendasikan obat pengikat fosfat agar bisa mengontrol jumlah fosfor yang akan diserap tubuh dari makanan serta minuman.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang diet rendah fosfor saat puasa yang ternyata sangat baik dilakukan tidak hanya untuk cara menjaga kesehatan ginjal namun juga baik untuk dilakukan penderita ginjal saat sedang berpuasa. Semoga ulasan dari kami ini bisa bermanfaat dan membantu anda dalam menjalankan ibadah puasa.

Sponsors Link
>
, , ,