Sponsors Link

Prinsip Diet pada Gagal Ginjal yang Harus Diperhatikan

Sponsors Link

Gagal ginjal merupakan penyakit yang disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal. Pada kondisi tersebut, ginjal tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya sehingga penderita gagal ginjal harus memperhatikan pola makannya agar tidak semakin memperburuk kondisi ginjal. Maka dari itu perlu diketahui program diet pada gagal ginjal. Tujuan dari Diet Gagal Ginjal adalah untuk mencegah komplikasi dan meringankan gejala yang diderita.

ads
  1. Membatasi asupan protein

Salah satu pola makan gagal ginjal yang harus dipenuhi adalah membatasi asupan protein. Hal itu dikarenakan asupan protein yang terlalu tinggi dan dilakukan secara berkepanjangan bisa mengganggu fungsi dari ginjal. Ada sebuah kajian yang mengungkapkan bahwa wanita yang mengidap penyakit ginjal ringan dan mengonsumsi makanan berprotein tinggi akan memiliki risiko 3 kali lipat mengalami penurunan fungsi ginjal sebesar 15% ke atas jika dibandingkan dengan yang mengonsumsi protein hewani paling sedikit.

Sementara itu, penelitian lain mengungkapkan bahwa dari total 1524 pasien yang diteliti, orang yang mengurangi asupan proteinnya ternyata mengurangi risiko kematian akibat penyakit ginjal hingga 30%, dibandingkan dengan pasien yang tidak membatasi konsumsi proteinnya. Maka dari itu ketahui juga beberapa Makanan Rendah Protein untuk Penderita Gagal Ginjal.

  1. Membatasi asupan natrium (garam)

Selain protein, diet pada gagal ginjal lainnya adalah dengan membatasi konsumsi natrium atau garam. Garam untuk Penderita Ginjal memang harus dikurangi karena berkaitan dengan hipertensi yang sering menjadi penyebab gagal ginjal sekaligus menjadi gejala dari gagal ginjal. Dan salah satu upaya untuk menjaga tekanan darah agar tidak tinggi adalah dengan membatasi konsumsi natrium atau garam.

  1. Menambah asupan vitamin larut air

Pasien gagal ginjal direkomendasikan untuk mengurangi asupan protein. Sedangkan orang yang sedang menjalani diet rendah protein seringkali akan kekurangan vitamin, seperti riboflavin, tiamin, dan piridoksin. Selain itu orang-orang dengan gagal ginjal juga sering mengalami rendah vitamin C. Melihat hal tersebut, pasien gagal ginjal yang tidak menjalani cuci darah direkomendasikan u tjk mengonsumsi suplemen dengan 5 mg piridoksin per hari dan antara 30 hingga 50 mg vitamin C per hari.

  1. Menambah asupan vitamin D

Vitamin D juga direkomendasikan untuk pasien gagal ginjal. Orang-orang yang menderita penyakit ginjal biasanya mengalami defisiensi vitamin D di awal-awal penyakit ginjal terjadi. Vitamin D direkomendasika untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Sponsors Link

  1. Menambah asupan serat dan mengurangi lemak jenuh

Gagal ginjal juga berhubungan dengan penyakit kardiovaskular. Dimana ada sejumlah pasien gagal ginjal yang mengalami kematian karena perkembangan penyakit kardiovaskular, bahkan sebelum penyakit ginjalnya berkembang dengan parah. Hal ini berkaitan dengan Hubungan Ginjal dengan Jantung yang memang cukup erat. Sehingga, penanganan yang direkomendasikan adalah dengan menurunkan konsumsi lemak jenuh, yang mana bisa meningkatkan kolesterol.

Sebaliknya, konsumsi serat yang tinggi direkomendasikan untuk membantu mengurangi sumber makanan lemak jenuh da kolesterol. Selain itu, makanan berserat akan membantu mengurangi penumpukan limbah di darah dan meringankan kinerja ginjal. Contoh makanan berserat adalah Buah buahan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal.

Demikianlah beberapa diet pada gagal ginjal yang perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter Anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman