Sponsors Link

Diet Gagal Ginjal Akut dan Kronis Terampuh

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, tidak memandang usia dan jenis kelamin. Ada banyak penyakit yang bisa menyerang ginjal, di antaranya adalah infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal kronis, dan gagal ginjal akut. Oleh karena itu ketahui cara menjaga kesehatan ginjal yang baik agar organ tersebut bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Hal-hal yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah menjauhi pantangan makanan penderita ginjal, pantangan makanan penyakit ginjal bengkak, dan pantangan makanan infeksi ginjal.

ads

Pengobatan pada penderita gagal ginjal dilakukan dengan tujuan untuk menjaga fungsi ginjal agar tidak semakin menurun dan akhirnya rusak secara permanen. Tanda kerusakan ginjal akan mulai terlihat ketika Anda sudah didiagnosis menderita gagal ginjal akut. Gagal ginjal akut adalah sebuah kondisi di mana organ ginjal sudah tidak mampu lagi menyaring semua sisa-sisa zat pembuangan dari darah. Akibatnya semua sisa kotoran hasil metabolisme akan menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan ini akan mengganggu fungsi organ tubuh yang lain.

Gagal ginjal akut adalah salah satu penyebab terjadinya gagal ginjal kronis yang lebih parah dari gagal ginjal akut. Pada kondisi gagal ginjal kronis, organ ginjal sudah mengalami penurunan fungsi yang drastis dan jika tidak ditangani dengan tepat akan menjadi kerusakan ginjal secara permanen. Agar tubuh bisa bekerja dengan baik, fungsi ginjal untuk membersihkan darah harus digantikan dengan hemodialisa atau cuci darah. Dengan demikian, gagal ginjal adalah penyebab cuci darah yang dilakukan oleh seseorang.

Jika sudah divonis mengalami gagal ginjal, maka penderita harus menjaga pola makan dan memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya. Banyak kandungan dalam makanan yang justru memicu keadaan ginjal menjadi jauh lebih parah lagi. Meski sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan tubuh pada umumnya, penderita gagal ginjal tidak bisa mengonsumsi buah dan sayur dengan bebas seperti orang yang sehat.

Kandungan buah, sayur, dan semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh penderita ginjal harus benar-benar dipahami kandungannya. Banyak jenis buah dan sayur yang harus dihindari oleh penderita ginjal. Buah tinggi akan kandungan kalium yang bisa menyebabkan kerja jantung terganggu. Namun jika penderita ginjal sudah tidak bisa lagi membuang urine secara normal, konsumsi buah harus benar-benar dihentikan.

Konsultasi dengan ahli gizi dan dokter sangat diperlukan oleh penderita untuk mendapatkan metode diet gagal ginjal yang tepat. Diet gagal ginjal tentu harus disesuaikan dengan kondisi kerusakan ginjal, yaitu gagal ginjal akut atau gagal ginjal kronis.

Gagal Ginjal Akut

1. Kebutuhan nutrisi harus ditentukan

Penderita gagal ginjal akut pasti menjalani sebuah perawatan untuk memulihkan kondisi ginjalnya. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi penderita harus diperhatikan dan mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Penentuan kebutuhan ini adalah dengan mempertimbangkan jenis perawatan gagal ginjal yang dijalani dan penyebab terjadinya gagal ginjal akut. Beberapa jenis obat gagal ginjal juga bisa menurunkan nafsu makan penderita, maka kebutuhan gizinya harus benar-benar diperhatikan.

Sponsors Link

2. Penderita harus memiliki cadangan energi cukup

Penderita gagal ginjal umumnya mengalami stress karena penyakitnya. Stress terjadi karena serangkaian perawatan dan pengobatan yang dijalani. Penderita harus memiliki cukup energi karena stress akan membuat kondisi kesehatannya semakin menurun.

3. Gizi yang seimbang

Dalam setiap asupan makanan, penderita harus mendapatkan gizi yang seimbang. Gizi yang dibutuhkan antara lain adalah karbohidrat ringan, lemak, dan protein.

ads

4. Asupan protein harus diperhatikan

Tidak semua penderita gagal ginjal melakukan cuci darah. Bagi pasien yang tidak melakukan cuci darah, diet gagal ginjal yang ideal adalah dengan mengontrol asupan protein, yaitu dibatasi hanya 0.6 gram per kilogram berat badan. Sementara jika penderita menjalani cuci darah, asupan protein harus dijaga antara 1.0-1.4 gram per kilogram berat badan.

5. Batasi asupan garam

Penderita gagal ginjal akut biasanya mengalami tahap oliguria, yaitu keadaan di mana jumlah urine menurun dengan drastis. Pada fase ini asupan garam natrium harus dibatasi dengan ketat, hanya 1000 mg hingga 2000 mg.

6. Batasi cairan di dalam tubuh

Jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh penderita gagal ginjal akut harus dibatasi dan dijaga pada level yang stabil. Jika penderita mengalami muntah atau diare, pastikan jumlah cairan di dalam tubuh tetap normal.

Gagal Ginjal Kronis

1. Diet lunak dengan serat larut

Penderita gagal ginjal kronis disarankan mengonsumsi makanan lunak seperti jelly atau puding yang rendah gula. Makanan ini sangat mudah dicerna tubuh dan memiliki serat larut yang baik sebagai sumber energi.

2. Makanan rendah protein

Meski ginjal sudah kehilangan fungsi untuk menyaring protein, tubuh penderita gagal ginjal memerlukan asupan nutrisi protein sebagai sumber energi. Proteim bisa didapatkan dari protein hewani seperti susu, daging, dan ikan. Takar porsi protein yang masuk sesuai dengan tingkat kegagalan ginjal.

3. Lemak tak jenuh

Kebutuhan lemak pada penderita gagal ginjal kronis harus diperhatikan, dengan banyak mengonsumsi lemak tak jenuh. Lemak pada tubuh penderita harus memenuhi kebutuhan 25 persen dari energi yang dibutuhkan. Sumber lemak tak jenuh antara lain adalah kedelai, almond, dan ikan salmon. Porsi makan harus disesuaikan dengan kondisi penderita. Ketahui apa saja  makanan untuk penderita gagal ginjal kronis.

4. Kebutuhan cairan

Karena penderita gagal ginjal sudah sulit untuk mengeluarkan urine, maka asupan cairan juga harus dibatasi. Cairan sangat diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan metabolisme sekaligus sebagai sumber energi. Kebutuhan cairan yang harus dipenuhi adalah 500 ml dari minuman dan makanan yang dikonsumsi.

5. Asupan kalium dan natirum

Meski kalium tidak baik untuk penderita ginjal, namun tubuh tetap membutuhkan nutrisi tersebut. Kalium bisa didapatkan dari buah-buahan, namun porsi yang dimakan harus ditakar dengan hati-hati agar tidak mengganggu kerja jantung. Sementara natrium bisa didapatkan dari garam, namun kadarnya harus dibatasi agar tidak menumpuk di dalam darah dan menyebabkan darah tinggi. Tingginya kadar garam dalam darah adalah salah satu alasan kenapa hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal. Untuk memenuhi kebutuhan kalium, konsumsi buah buahan obat ginjal yang aman.

Sponsors Link

6. Membatasi kalori

Jumlah kalori yang masuk dari makanan ke dalam tubuh penderita gagal ginjal harus benar-benar diperhatikan. Kebutuhan kalori penderita adalah 35 kkal per kilogram berat badan setiap harinya.

7. Membatasi karbohidrat tinggi

Penderita gagal ginjal kronis harus menghindari sumber karbohidrat tinggi. Karbohidrat tinggi akan menambah beban kerja ginjal dan membuat ginjal menjadi semakin rusak. Sumber karbohidrat tinggi di antaranya adalah nasi, jagung, pasta, ubi, dan kentang.

8. Hindari protein tinggi

Sumber protein hewani seperti daging sapi, daging ayam, ikan, keju, susu, dan seafood harus dihindari. Namun untuk mencukupi kebutuhan protein penderita gagal ginjal sebaiknya berkonsultasi mengenai diet yang tepat pada dokter dan ahli gizi.

9. Hindari buah dan sayur tinggi kalium

Penderita gagal ginjal kronis tidak bisa mengonsumsi makanan dengan sembarangan. Meski tubuh tetap membutuhkan kalium, jangan memakan buah dan sayur tanpa pengawasan dokter. Jenis buah dan sayur yang harus dihindari adalah apel, alpukat, jeruk, pepaya, pisang, seledri, buncis, dan kembang kol.

Itulah diet gagal ginjal pada penderita gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis yang harus dipahami. Proses pengobatan dan perawatan penderita gagal ginjal memerlukan kerjasama yang baik antara penderita, keluarga, dan dokter yang merawat.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman