Sponsors Link

Diagnosa Gagal Ginjal Kronis

Sponsors Link

Semakin banyaknya penyakit yang bebahaya di Indonesia, mewajibkan kita untuk mengetahuhi tanda tanda serta bagaimana pendiagnosaan penyakit tersebut. Salah satu yang harus diketahui yaitu mengetahui pendiagnosaan penyakit gagal ginjal kronik. Jika kita mengetahui diagnosinya maka kita akan mengetahui bagaimana pengobatan yang harus dilakukan.

ads

Diagnosa Gagal Ginjal Kronis

Gejala awal penyakit ginjal dan tanda tanda batu ginjal harus diketahui karena hal tersebut bisa menjadi gagal ginjal kronis. Gagal ginjal kronik merupakan kerusakan pada organ ginjal yang terjadi selama lebih dari 3 bulan yangberdasarkan patologisnya seperti proteinuria. Untuk diagnosa gagal ginjal kronis sendiri yaitu dengan mengetahui nilai laju filtrasi. Batasan pada penyakit gagal ginjal kronis yaitu kerusakan ginjal terjadi lebih 3 bulan dengan ditandai fungsi ginjal dengan atupun tidak dengan penurunan laju filtrasi.

Selain itu nilai laju filtrasinya kuran dari 60 ml/menit selama lebih dari 3 bulan dengan ataupun tidak dengan kerusakan ginjal. Untuk pendiagnosaan lebih lanjut kita dapat mengikuti pemeriksaan yang lainnya seperti berikut.

1. Pemeriksaan Laboratorium

Untuk mengetahui diagnosa gagal ginjal kronis kita dapat melakukan pemeriksaan laboratorium antara lain pemeriksaan darah dan pemeriksaan urin.

  • Pemeriksaan Urine

Diagnosa gagal ginjal kronis dapat kita lihat dari pemeriksaan urin ini. Biasanya penegakan diagnosiss ini dapat kita lihat dari volume urine kurang dari 400 ml/24 jam yang biasa disebut oliguria, tidak menghasilkan urine dengan kata lain anuria yaitu urin kurang dari 100 ml, berwarna keruh (karena nanah, bakteri ,lemak, pospat) atau berwarna kecoklatan ( karena adanya darah ). Selain dari warna dan volume juga dapat dilihat dari berat jenis, osmolitas serta kandungan protein dari urine tersebut. Pantangan makanan penyakit ginjal bengkak juga harus dihindari, karena ini juga dapat mengakibatkan memburuknya gagal ginjal kronis.

  • Pemeriksaan Darah

Ciri ciri penyakit ginjal stadium awal juga harus diketahui sebelum kita mendiagnosis gagal ginjal kronis. Pemeriksaan gagal ginjal kronik dengan darah ini dapat didiagnosa apabila kadar BUN/ Kreatin meningkat (10 mg/dl), Hemogoblin menurun atau anemia biasanya Hb kurang dari 7-8 gram. Selain itu peningkatan kadar kalium dengan retensi sesuai perpindahan asodosisnya atau pengeluaran jaringan, Kadar natrium tidak seimbang bisa karena hipernatremia ataupun hiponatremia, kadar magnesium atau fosfat juga meningkat , dan yangterakhir kadar kalsium di dalam darah menurun.

  • Pemeriksaa Faal Ginjal (LFG)

Diagnosa gagal ginjal kronis selanjutnya yaitu pemeriksaan faal ginjal atau yang disebut dangan LFG. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan penunjang yang dapat dilihat dari beberapa pemeriksaan komponen di dalam ginjal seperti pemeriksaan ureum, pemeriksaan kadar kreatinin serum dan kadar asam urat serum. Pemeriksaan komponen tersebut sudah dapat dan sudah memadai sebagai uji saaring untuk faal ginjal. Pemeriksaan ini kita dapat melakukannya di beberapa rumah sakit umum dan daerah. Cara mengobati gagal ginjal secara medis ini dapat ditentukan dar pemeriksaan faal ginjal yang dilakukan.

  • Pemeriksaan Etiologi gagal ginjal Kronis

Penyebab gagal ginjal dan cuci darah juga merupakan tindakan lanjut adanya gagal ginjal kronis di dalam tubuh.Etiologi merupakan penyakit penyerta yang ada selain penyakit utamnya. Etiologi pada gagal ginjal kronis ini antara lain glomerulonefritis,diabetes militus, hipertensi serta ginjal polikitik. Pemeriksaan ini terdiri dari menganalisis urin di dalam ginjal, mikrobiologi urine, kimia darah, elektolit serta imunodiagnosis di dalam tubuh seseorang. Pemeriksaan ini digunakan untuk menunjang dokter untuk menegakkan diagnosa gagal ginjal secara tepat dan benar.

  • Pemeriksaan Hemopoesis

Diagnosa gagal ginjal kronis selanjutnya adalah pemeriksaan hemopoesis. Hemopoesis ini juga disebut dengan hematopoeiesis adalah peristiwa dalam pembuatan sel darah. Sel darah yang dimaksud adalah sel darah merah, sel darah putih , serta keping darah. Pada pemeriksaan ini yang diperiksa adalah keseimbangan komponen darah didalam tubuh manusia. Pemeriksaan ini dinilai positif apabila komponen darah tersebut rendah. Mengkonsumsi makanan untuk penderita gagal ginjal juga harus diperhatikan untuk mengurangi gagal ginjal kronik yang semakin parah.

  • Pemeriksaan kadar elektrolit

Penyebab penyakit ginjal sangat banyak ,bisa karena pola hidup yang tidak sehat sehingga komponen atau kadar yang ada didalam tubuh tidak seimbang contohnya saja kadar elektrolit. Kadar elektrolit di dalam tubuh sangat berperan penting , salah satunya yaitu melanjarkan fungsi otot dan saraf, mengatur keseimbangan air, asam, dan basa dalam cairan ekstraseluler, sebagai bahan penyusun dari cairan (getah) pankreas, empedu, dan keringat, membantu dalam penerapan karbohidrat,melancarkan peredaran darah, menormalkan tekanan darah. Salah satu pemeriksaan ini untuk mengetahui adanya hiperkalamia yang biasanya disebabkan oleh gagal ginjal kronis. Hiperkalemia ini biasanya disebabkan karena ginjal tidak mengeluarkan kalium dengan baik.

  • Pemeriksaan Endoktrin

Pemeriksaan kandungan endoktrin ini juga dapat menunjang penegakkan diagnosis ginjal ini. Apabila kadar endoktrin yang tidak normal bisa jadi ini salah satu yang menyebabkan adanya gagal ginjal kronis. Untuk mencegah kadar endoktrin yang tidak seimbang dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang teratur dan berolahraga.Obat penyakit ginjal yang tepat akan diberikan apabila dokter sudah mendiagnosanya secara benar dan tepat.

2. Pemeriksaan Radiologi

Selain melakukan pemeriksaan laboratorium ,untuk melakukan pemeriksaan penunjang yang lainnya yaitu dengan cara pemeriksaan radiologi. Diagnosa gagl ginjal kronis ini memang harus melakukan pemeriksaan penunjang agar lebih tepat dalam mendiagnosanya.

  • Foto Abdomen

Untuk mendiagnosis melalui foto abdomen ini ditentukan dengan melihat bentuk ginjal, ukuran ginjal ataupun batu dalam ginjal. Foto abdomen ini dapat dilakukan di rumah sakityang menyediakan fasilitas atau alat-alat untuk melihat bentok abdomen. Makanan yang baik untuk ginjal juga sangat dianjurkan untuk diberikan.

  • Pemeriksaan dengan Ultrasonografi (USG)

Faktor penyebab gagal ginjal harus diketahui sebelum kita mendiagnosanya. Selain memfoto abdomen didalam tubuh , juga dilakukan ultrasonografi atau yang biasa disebut dengan USG. Kategori dalam pemeriksaan USG atau Ultrasonografi ini yaitu menilai besardan bentuk ginjal, ketebalan korteks, kandungan kandung kemih dan juga kandungan prostat.

  • Pemeriksaan dengan Foto Dada

Etiologi gagal ginjal juga perlu diketahui, karena ini sangat penting untuk menunjang pemeriksaan. Salah satu jenis pemeriksaan radiologi yang dapat kita lakukan untuk mengetahui diagnosa ginjal kronik yaitu dengan cara foto dada. Komponen yang dilihat pada foto dada ini antara lain melihat tanda-tanda bendungan paru akibat dari kelebihan air, efusi pleura, kardiomegali dan yang terakhir yaitu efusi perikardial.

  • Pemeriksaan dengan Nefrotomogram

Pengertian dari nefrotomogram sendiri yaitu serangkaian gambar sinar-X dari ginjal. Sinar-X ini diambil dari sudut pandang yang berbeda yang akan meumjukkan ginjal dengan jelas , dan tanpa disertai bayangan organ-organ lain yang ada di dalam tubuh manusia. Pemeriksaan ini digunakan sebagai pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis gagal ginjal kronis tersebut. Cara mencegah gagal ginjal yaitu dengan cara mengubah hidup secara sehat dan melakukan olahraga secara rutin.

  • Pemeriksaan Retrograde Pyelography (RPG)

Tanda tanda gagal ginjal rusak antara lain yaitu menurunnya fungsi ginjal sebagai penyaring zat sisa makanan. Pemeriksaan ini merupakan teknik pemeriksaan secara radiografi pada pelviocalical system dan ureter dengan menggunaan media yang kontras positif,pemeriksaan ini melalui kateter ureter yang berfungsi untuk mengevaluasi anatomi serta lesi-lesi traktus urinary bagian atas. Pemeriksaan ini juga digunakan sebagai pemeriksaan pada diagnosa gagal ginjal kronis.

Terdapat beberapa tahapan pemeriksaan gagal hinjal kronis untuk menegakkannya secara tepat dan benar sehingga tidak salah. Pemeriksaan – pemeriksaan tersebut dapat dilakukan dibeberapa rumah sakit yang memfasilitasi alat-alat pemeriksaan nya. Sebelum melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan