Sponsors Link

Khasiat Daun Sukun untuk Gagal Ginjal dan Cara Mengonsumsinya

Sponsors Link

Kesehatan ginjal adalah penting untuk didapatkan. Ginjal yang sehat tentunya akan membuat aktivitas tidak terhambat. Jika tidak dijaga, maka ginjal bisa mendapat berbagai penyakit. Dan salah satu penyakit ginjal yang paling dikenal adalah gagal ginjal. Gagal ginjal terjadi jika ginjal mengalami penurunan kinerja, sehingga gagal untuk menyaring darah dari limbah. Kondisi ini akan berdampak buruk sehingga perlu dilakukan cuci darah dan pengobatan lainnya. Selain Khasiat Buah Sukun untuk Ginjal, salah satu pengobatan herbal yang sering dikenal orang adalah daun sukun. Benarkah daun sukun untuk gagal ginjal itu efektif? Berikut penjelasannya.

ads

Manfaat Daun Sukun untuk Ginjal

Daun sukun mungkin ada di sekitar kita. Namun tidak banyak yang memanfaatkannya. Padahal ada beberapa manfaat dari daun sukun yang baik, terutama untuk ginjal. Seperti di bawah ini.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun sukun memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyebabnya adalah karena kandungan potassium di dalam daun sukun yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Daun sukun memang juga dikenal sebagai salah satu bahan alami yang berdampak baik bagi kardiovaskuler, sehingga akan baik juga untuk kesehatan ginjal. Seperti yang diketahui, bahwa ada Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi. Maka daun sukun akan baik juga untuk ginjal.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Selain untuk hipertensi, daun sukun juga berkhasiat untuk diabetes. Penelitian LIPI menunjukkan bahwa daun sukun mengandung enzim alfa glukosasidase. Enzim ini lah yang sering dibutuhkan pad aproses pembentukan glikoprotein di dalam tubuh. Enzim ini akan membantu metabolisme karbohidrat dan bisa membantu menguraikan karbohidrat menjadu glukosa. Hal ini bisa membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Seperti yang diketahui bersama bahwa Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik adalah hubungan yang cukup erat, maka dengan daun sukun, potensi gagal ginjal karena diabetes bisa ditekan dan diminimalisir.

  1. Mencegah gagal ginjal

Khasiat daun sukun untuk gagal ginjal tentu akan sangat baik.Seperti yang dijelaskan di atas, daun sukun bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Itu berarti, seseorang yang memiliki riwayat diabetes dan hipertensi yang mengonsumsi daun sukun juga sedang menjalani pencegahan dari gagal ginjal itu sendiri. Karena daun sukun jika memang berhasil mengatasi permasalahan diabetes dan hipertensi berarti juga turut menekan risiko dari gagal ginjal yang bisa mengancam.

  1. Obat alternatif gagal ginjal

Selain sebagai pengobatan untuk tekanan darah tinggi dan juga diabetes, daun sukun memang sudah banyak dikembangkan untuk obat alternatif pasien gagal ginjal. Pengobatan ini terutama dilakukan pada pasien yang sudah mendapat Diagnosa Gagal Ginjal Kronis yang disebabkan oleh hipertensi dan juga diabetes.

Itulah beberapa manfaat daun sukun untuk gagal ginjal yang bisa didapatkan.

Sponsors Link

Cara Mengonsumsi Daun Sukun

Jika Anda memiliki hipertensi, diabetes, atau gagal ginjal kronis, mengonsumsi daun sukun bisa menjadi alternatif pengobatan selain pengobatan medis. Berikut beberapa Cara Mengobati Ginjal Rusak dengan daun sukun yang bisa dilakukan.

  1. Air rebusan daun sukun

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat air rebusan daun sukun. Siapkan saja 5 sampai 10 lembar daun sukun yang masih segar. Cuci bersih daun sukun lalu rebus bersama air yang bersih. Didihkan ramuan tersebut. Setelah mendidih, diamkan beberapa saat agar hangat. Konsumsilah air rebusan tersebut 1 sampai 2 gelas per hari. Ramuan ini tidak bisa disimpan, sehingga harus segera dikonsumsi. Jadi jika ingin mengonsumsinya, buat lagi ramuan baru setiap hari.

Sponsors Link

  1. Teh daun sukun

Saat ini ada beberapa orang yang sudah memproduksi teh daun sukun yang memang ditujukan untuk orang-orang yang ingin melakukan pengobatan alternatif dengan daun sukun. Anda bisa membelinya dan membuat teh daun sukun sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan. Cara ini terbilang lebih mudah dan praktis.

Itulah beberapa cara untuk mengonsumsi daun sukun untuk gagal ginjal. Ingatlah selalu bahwa gagal ginjal kronis adalah penyakit yang berjalan secara kontinyu atau berkelanjutan. Dan pengobatan ini hanya pengobatan alternatif yang bisa membantu menurunkan risiko gejalanya. Sehingga seorang pasien gagal ginjal tetap perlu menjalankan pengobatan medis. Jika dokter menyarankan untuk cuci darah, tetaplah mematuhi aturan tersebut karena semua ini juga untuk kebaikan Anda sendiri.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat dan cara mengonsumsi daun sukun untuk gagal ginjal yang bisa dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal