Sponsors Link

6 Daftar Nama Obat Ginjal yang Aman untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

Karena betapa vitalnya organ ginjal, gangguan pada ginjal akan sangat berdampak bagi aktivitas penderitanya. Ginjal organ tubuh yang bekerja untuk menyaring limbah dan kotoran dalam tubuh manusia untuk dikeluarkan supaya tidak menjadi racun di dalam tubuh. Hanya saja, banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya ginjal dan baru menyesali ketika ginjalnya mengalami kerusakan.

ads

Dan apabila Anda salah satunya, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis penyakit yang biasanya menyerang ginjal, seperti infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal akut, dan gagal ginjal kronis. Tiga penyakit pertama cenderung dapat disembuhkan, sedangkan penyakit yang terakhir cukup sulit untuk dipulihkan karena kondisinya yang sudah cukup berat.

Namun, pada kali ini kami akan mencoba membantu Anda menemukan obat ginjal yang tepat untuk penyakit ginjal tertentu. Selain itu juga akan kami jelaskan mengenai kandungan, efek samping, dan bagaimana cara mengkonsumsinya. Apabila Anda tertarik mengetahuinya, silakan simak daftar nama obat ginjal berikut ini :

  1. Batugin elixir

Sesuai dengan namanya, obat ginjal batugin elixir ini dibuat khusus untuk mengatasi batu ginjal. Batu ginjal merupakan penyakit yang sangat berbahaya apabila tidak segera diatasi karena dapat mengakibatkan berbagai komplikasi dan akan terus bertambah besar apabila tidak segera dihancurkan.

Maka dari itu, batugin elixir dibuat dari berbagai bahan yang dapat meluruhkan batu ginjal. Disebutkan bahwa di setiap 30 ml cairan obat, terkandung ekstrak daun tempuyung yang sepadan dengan 3 gr bubuk daun tempuyung kering dan ekstrak daun biji keling sebesar 0,3 gr bubuk daun keji beling kering. Obat ini dinilai dapat dapat meluruhkan batu ginjal dan mendorongnya keluar bersama urin.

Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat minum obat ini 3-4 kali sehari dengan dosis sebesar satu gelas takar. Untuk lebih mengoptimalkan hasil yang akan didapatkan, Anda juga perlu mengkonsumsi banyak air putih. Setiap botol obat batugin elixir dengan isi 300 ml biasa dijual di pasaran dengan harga Rp. 25000.

  1. Calcusol

Masih sama seperti sebelumnya, calcusol adalah salah satu obat penghancur batu ginjal di apotekyang cukup aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami. Lebih tepatnya, calcusol terbuat dari bahan sonchi folium yang dianggap dapat meluruhkan batu ginjal.

Secara umum, terdapat dua manfaat calcuso bagi tubuh, yaitu untuk memecahkan batu ginjal dan melancarkan buang air kecil.

Namun, walaupun dinilai aman, ada beberapa kondisi dimana penderita batu ginjal dilarang untuk mengkonsumsi obat ini, yaitu mereka yang memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap kandungan dalam calcusol, balita, ibu hamil, lansia, dan penderita gangguan jantung dan hati.

Konsumsi obat calcusol dapat digolongkan menjadi dua keadaan, yaitu sebagai pengobatan dan perawatan. Untuk pengobatan, konsumsi kapsul 3 kali per hari dengan dosis dua kapsul setiap konsumsinya. Untuk perawatan, intensitas penggunaan dapat diturunkan menjadi 2 kali per hati dengan dosis yang sama. Apabila sudah lama menggunakan calcusol, Anda dapat mengkonsumsinya hanya 1-3 kapsul saja per hari.  Sejauh ini, calcusol tidak menimbulkan efek samping yang berarti karena bahannya terbuat dari bahan alami. 

Sponsors Link

  1. Obat Herbal QnC Jelly Gamat

Obat herbal kali ini adalah obat yang bekerja untuk memulihkan kondisi gagal ginjal. Seperti yang kita ketahui, gagal ginjal adalah kondisi penurunan fungsi ginjal yang cukup serius dan harus terus dipantau agar fungsi ginjal tidak semakin memburuk. Dan obat jelly gamat ini merupakan salah satu obat yang banyak di pasaran. Obat yang berbentuk cairan ini diklaim terbuat dari 100% bahan alami tanpa campuran bahan kimia sama sekali. Hal inilah yang membuatnya dinilai aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, bahkan bagi ibu hamil dan menyusui.

ads

Bahan obat herbal jelly gamat ini adalah teripang dimana memiliki khasiat untuk proses regenerasi sel dan memulihkan jaringan sel yang rusak. Selain itu jelly gamat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengendalikan tekanan darah tinggi.

Untuk anak-anak, dianjurkan untuk mengkonsumsi 1-2 sendok makan 2 kali dalam satu hari setelah makan. Sedangkan untuk orang dewasa, konsumsi 2 sendok makan 3 kali sehari setelah makan.

Harga Jelly gamat di pasaran sekitar 155000/botol dengan isi volume sebesar 300 ml.

  1. Trimethoprim

Obat trimethiprim adalah obat generik berbentuk kapsul yang berfungsi untuk mengatasi infeksi ginjal. Infeksi ginjal sendiri adalah penyakit ginjal yang disebabkan oleh adanya bakteri di dalam ginjal. Bakteri ini biasanya berasal dari kotoran di sekitar alat pembuangan tubuh, kemudian masuk ke dalam kandung kemih sebelum menuju ginjal.

Efek samping yang biasa ditimbulkan dari konsumsi trimethoprim adalah berkurangnya nafsu makan, perubahan rasa di lidah, mual, muntah, rasa sakit di kepala, dan diare.

  1. Kortimoksazol

Kortimoksazol juga merupakan obat untuk menangani infeksi pada ginjal. Obat ini biasanya didapatkan atas anjuran dari dokter. Di dalam kortimoksazol terkandung antibiotik yang dapat mengatasi dan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Namun, sebaiknya perhatikan riwayat kesehatan Anda sebelum mengkonsumsi obat ini. Bagi Anda yang memiliki alergi sebaiknya menghindari penggunaan kortimoksazol.

Dosis yang tepat untuk satu orang dapat berbeda dengan yang lainnya. Hal ini bergantung pada kondisi dan seberapa parah infeksi pada ginjal. Maka dari itu, sebelum mengkonsumsi sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda.

Efek samping yang mungkin akan dirasakan setelah penggunaan obat ini diantaranya adalah sakit kepala, mual, muntah, dan diare.

  1. Renalof

Daftar nama obat ginjal selanjutnya adalah renalof. Di dalam renalof terkandung berbagai bahan aktif yang mampu meluruhkan batu ginjal. Obat ini bekerja dengan memecah ginjal supaya ukurannya mengecil hingga akhirnya dapat keluar bersama urin.

Secara umum, fungsi renalof adalah untuk menghambat kristalisasi batu ginjal dan memecah batu ginjal.

Namun ada beberapa kondisi dimana seseorang tidak boleh mengkonsumsi obat ini, yaitu mereka yang alergi terhadap kandungan di dalam renalof, anak atau balita, dan bagi ibu hamil.

Renalof dapat dikonsumai sebanyak 3 kali satu hari dengan masing-masing satu kapsul. Dan pastikan untuk menggunakannya sebelum penderita makan.

Sejauh ini, renalof tidak menimbulkan efek samping karena terbuat dari bahan alami yang aman bagi tubuh. Namun, apabila terdapat konsumen yang mengalami gangguan setelah konsumsi renalof, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan.

Harga obat ini di apotek cukup mahal, yaitu Rp. 1300000 dengan isi 90 kapsul.

Sekian artikel mengenai daftar nama obat ginjal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan