Sponsors Link

5 Langkah Cuci Darah Bisa Sembuh

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ yang paling penting bagi tubuh. Bagaimana tidak, kerusakan pada organ ini dapat membawa akibat yang serius dan bakal mengganggu keseluruhan fungsi anggota tubuh yang lainnya. Oleh karena itu, ketika menderita penyakit apa pun, kita tidak dapat meremehkannya karena kesembuhan dari penyakit ginjal harus kita cari semaksimal mungkin.

ads

Divonis harus melakukan cuci darah mungkin merupakan suatu kabar yang tidak menggembirakan bagi banyak orang. Selain rendahnya kemungkinan untuk bisa hidup di atas lima tahun, cuci darah juga menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Pesimisme juga tidak bisa dilepaskan dari model penanggulangan para pasien yang terkena gagal ginjal ini. Akan tetapi, selama kita terus berusaha dan belajar, ada banyak jalan yang dapat kita lakukan agar dapat sembuh dari berbagai macam penyakit, termasuk cuci darah. Apakah cuci darah bisa sembuh? Tentu saja bisa. Menyembuhkan cuci darah sebenarnya tidak ada bedanya dengan pengobatan gagal ginjal. Oleh karena itu apabila gagal ginjal dapat disembuhkan, maka sudah pasti cuci darah bisa sembuh.

Lantas bagaimanakah caranya agar kita dapat sembuh dari cuci darah alias gagal ginjal itu sendiri? Apa yang perlu kita lakukan? Berikut ini kamu rangkum beberapa alternatif obat gagal ginjal selain cuci darah yang ampuh dan dapat mengobati ginjalmu, sehingga secara tidak langsung cuci darah bisa sembuh. Apa saja alternatif itu? Silakan simak di bawah ini ya.

1. Transplantasi ginjal

Transplantasi ginjal adalah sebuah upaya untuk mengganti ginjal yang sudah rusak dengan ginjal lain yang sehat baik dari donor orang yang sudah mati ataupun orang yang masih hidup. Transplantasi ginjal pada prinsipnya bergantung pada ada tidaknya donor serta biaya yang perlu dikeluarkan dalam operasi. Walaupun kemungkinan besar biayanya mahal, akan tetapi hal ini akan sepadan dengan hasil akhir yang akan kita dapatkan, yaitu terbebasnya diri kita dari penyakit gagal ginjal dan cuci darah karena ginjal yang rusak dikeluarkan dari dalam tubuh kita dan diganti dengan ginjal lain yang sehat.

Transplantasi ginjal tentu membutuhkan kesiapan banyak orang. Pertama dari segi si pendonor sendiri, apakah dia rela hidup hanya dengan satu ginjal karena ginjalnya telah didonorkan pada orang lain, apakah keluarga si pendonor rela, kemudian apakah anggota keluarga si sakit dapat membiayai operasi tersebut dan lain sebagainya. Semuanya tentu tidak bisa diabaikan dan harus dilibatkan dalam keputusan-keputusan yang penting itu sendiri.

Walaupun demikian, transplantasi ginjal adalah pengobatan efektif yang dapat menyebabkan kesembuhan pada gagal ginjal. Dengan kata lain, juga membuat cuci darah bisa sembuh.

2. Ikan salmon

Pilihan alternatif berikutnya yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan cuci darah yang kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi ikan salmon secara teratur. Apabila kamu belum tahu, ikan salmon ini adalah salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal manusia. Kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan salmon dapat membantu tubuh kita untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, seperti di antaranya mengatasi kanker, sakit jantung, menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Dengan mengubah pola makan yang kamu miliki, salah satunya dengan rutin mengonsumsi ikan salmon, ginjal yang sakit dapat membaik secara alami.

Sponsors Link

Buat kamu yang sedang menderita gagal ginjal, ikan salmon merupakan salah satu jenis makanan yang tergolong ramah untuk ginjal dan dapat membantu mengembalikan kesehatan ginjal setelah mengalami kerusakan. Dengan mengonsumsi ikan salmon secara teratur, maka ginjal yang mengalami sakit dapat sembuh cepat atau lambat. Oleh karena itu, apabila kita rutin mengonsumsi ikan salmon baik ketika menderita sakit ginjal ataupun tidak, kesehatan ginjal dapat terjaga dengan baik.

3. Minyak zaitun

Sudah pernah dengar nama minyak yang terkenal ini kan? Tentu saja, nama minyak zaitun sudah pasti banyak dikenal meskipun berawal dari pembicaraan sehari-hari saja. Minyak zaitun telah diakui sebagai salah satu jenis minyak yang mujarab karena memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat dari berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun adalah kemampuannya dalam membantu penyembuhan ginjal ketika sakit, termasuk ketika mengalami gagal ginjal.

ads

Minyak ini juga dapat mengatasi gejala batu ginjal pada pria, gejala batu ginjal pada wanita, gejala ginjal rusak, gejala gagal ginjal, gejala batu ginjal, ataupun gejala penyakit ginjal lainnya, sehingga kita dapat menghindari penyakit dan akibat gagal ginjal itu sendiri. Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin, maka ginjal para penderita gagal ginjal akut dapat membaik dan mampu kembali berfungsi dengan optimal, sehingga tidak perlu melakukan cuci darah.

4. Akar alang-alang

Buat kamu yang belum tahu dan belum pernah dengar tentang tanaman ini, akar alang-alang adalah salah satu jenis bagian tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman obat untuk berbagai macam penyakit lo. Tanaman rumput yang dapat tumbuh liar di banyak tempat ini memiliki kemampuan dalam menyembuhkan gagal ginjal apabila kamu mengonsumsinya dengan tepat.

Akar alang-alang juga mengandung kadar kalium yang sangat tinggi, sehingga dapat menghancurkan kista dan batu ginjal yang menghalangi pergerakan urin di sepanjang saluran kandung kemih. Dengan demikian, aliran cairan sekitar ginjal akan kembali normal seperti sedia kala. Akan tetapi konsumsi alang-alang karena kaliumnya sangat tinggi, juga harus dikontrol dengan baik karena apabila tidak malah akan membuat kerusakan yang dialami oleh ginjal bertambah parah. Kemungkinan apabila ginjalmu sudah benar-benar rusak, maka konsumsi akar alang-alang sangat tidak disarankan. Akan tetapi saat ginjalmu masih sehat, maka mengonsumsi akar alang-alang dapat membuat ginjal terbebas dari penyakit batu ginjal dengan syarat tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Lantas bagaimana cara untuk mengonsumsi akar alang-alang sebagai obat gagal ginjal yang tepat? Kamu hanya perlu merebus akar alang-alang secukupnya dengan air bersih, kemudian meminum air rebusan tersebut sebanyak dua sampai tiga kali pada pagi dan sore hari. Jangan lakukan ini terus menerus lo ya, karena hal itu berbahaya untuk ginjalmu.

5. Buah kelapa kuning

Buah kelapa berwarna kuning? Sudah pernah dengar atau belum? Buat kamu yang belum tahu buah kelapa kuning ini merupakan salah satu buah yang mengandung banyak khasiat untuk tubuh kita. Salah satu dari khasiat atau manfaat dari buah ini adalah membantu menjaga kesehatan ginjal dan juga membantu mengembalikan fungsi ginjal bersama dengan kaktus ekor tikus dan ramuan tradisional lainnya yang dapat membantumu untuk menjaga kesehatan ginjal dengan baik dan benar.

Sponsors Link

Apabila kamu menderita penyakit ginjal, mengonsumsi buah kelapa kuning ini dapat membantumu mengobati penyakit tersebut, sehingga kondisi ginjal perlahan-lahan akan semakin membaik. Agar pengobatan dengan buah kelapa kuning ini lebih efektif, maka kamu dapat mencampurkan buah kelapa kuning dengan tanaman tradisional lainnya, sehingga penyakit ginjal yang kamu derita akan lebih cepat sembuh. Beberapa tanaman tradisional lain yang bisa dicampur dengan buah kelapa kuning antara lain adalah buah parung burung dan kaktus ekor tikus.

Itulah beberapa cara mengobati gagal ginjal yang dapat membantu kita dalam mengatasi permasalahan cuci darah. Pada prinsipnya mengobati cuci darah dapat dilakukan dengan pengobatan seperti di atas atau dengan cara mengganti ginjal yang sudah mengalami kerusakan dengan ginjal lain yang lebih sehat. Cuci darah memang dapat membantu menanggulangi masalah kesehatan tubuh ketika tubuh sedang mengalami gagal ginjal. Akibat tidak cuci darah pun juga berbahaya untuk tubuh sehingga fungsi cuci darah tidak dapat sepenuhnya dihilangkan, oleh karena itu pengobatan dengan teknik-teknik di atas juga tidak dapat serta merta membuatmu meninggalkan cuci darah. Tentunya konsultasi dengan dokter adalah langkah yang harus senantiasa kita lakukan agar penyakit kita tidak bertambah parah.

Itulah beberapa cara yang dapat membuat cuci darah bisa sembuh. Semoga dengan mengetahui cara-cara di atas dapat membantumu mengatasi permasalahan cuci darah baik pada dirimu sendiri, pada keluargamu ataupun pada teman-temanmu ya! Selamat menjaga kesehatan ginjal!

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan