Sponsors Link

Cuci Darah Alami dengan Seledri (#Buktikan Khasiatnya)

Sponsors Link

Sebelum kami menjelaskan mengenai cuci darah alami dengan seledri, ada baiknya kita kenali penyebab perlunya melakukan cuci darah. Cuci darah adalah suatu proses penyaringan darah yang biasa dilakukan penderita gagal ginjal. Sedangkan gagal ginjal merupakan suatu kondisi dimana ginjal mengalami penurunan fungsi sehingga tidak dapat melakukan penyaringan secara optimal.

ads

Akibat dari penurunan fungsi ini, limbah dan sisa metabolisme yang seharusnya disaring oleh ginjal dapat lolos dan masuk ke aliran darah manusia. Apabila hal itu terjadi, maka zat-zat yang masuk ke aliran darah dapat menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh. Inilah alasan mengapa perlunya melakukan cuci darah bagi penderita gagal ginjal. Namun, dari sini kita juga bisa mengetahui bahwa cuci darah tidak dilakukan untuk menyembuhkan ginjal, melainkan menangani akibat kerusakan ginjal.

Berdasarkan tipenya, gagal ginjal dibagi menjadi dua, yaitu gagal ginjal akut dan kronis. Gagal ginjal akut biasanya diderita seseorang secara tiba-tiba dan penyakitnya cenderung masih baru, sehingga gagal ginjal akut lebih mudah ditangani atau disembuhkan.  Gagal ginjal akut akan memberikan gejala khusus sehingga seseorang dapat mengetahuinya segera. Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana gejala dan pengobatan gagal ginjal akut, Anda dapat membaca artikel gagal ginjal akut.

Sedangkan gagal ginjal kronis diderita seseorang dalam jangka waktu yang lama, dimana ginjal mengalami penurunan fungsi secara bertahap. Umumnya seseorang akan mengetahui bahwa ia menderita gagal ginjal kronis ketika kondisinya sudah dalam stadium lanjut. Hal ini disebabkan gagal ginjal tipe ini tidak memberikan gejala khusus ketika masih tahap awal. Gagal ginjal kronis biasanya disebabkan oleh penyakit lain, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Karena berlangsung lama dan fungsi ginjal sudah mengalami penurunan yang signifikan, gagal ginjal kronis cenderung cukup sulit disembuhkan. Maka dari itu, perhatikan selalu kesehatan ginjal Anda agar tidak terkena penyakit gagal ginjal kronis. Bagaimana caranya? Silakan baca artikel pencegahan gagal ginjal kronis.

Baik gagal ginjal akut maupun gagal ginjal kronis dapat melakukan cuci darah untuk membantu ginjal dalam menjalankan fungsi penyaringan. Dan cuci darah menjadi hal yang mutlak harus dilakukan pada penderita gagal ginjal tahap akhir. Sebenarnya ada cara lain selain cuci darah, yaitu transplantasi ginjal atau yang biasa dikenal dengan cangkok ginjal. Hanya saja biasanya orang enggan melakukan karena prosesnya cenderung rumit dan biaya transplantasi ginjal cukup besar. Oleh karena itu, cuci darah sering menjadi pilihan.

Walau demikian, cuci darah juga membutuhkan biaya yang sangat besar apabila dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Karena dalam sekali prosesnya, cuci darah memakan biaya sekitar 600 ribu dan bisa lebih mahal tergantung dimana rumah sakit yang dipilih. Dan dalam satu minggu, penderita gagal ginjal tahap akhir perlu melakukan cuci darah dua sampai tiga kali.

Hal inilah yang mendorong banyak orang untuk mencari alternatif lain selain melakukan cuci darah. Dan salah satu alternatif yang dapat menjadi pilihan adalah dengan menggunakan daun seledri. Namun sebelum menggunakannya, kami akan memberikan beberapa fakta cuci darah alami dengan daun seledri, berikut uraiannya :

Sponsors Link

  1. Kandungan dan khasiat daun seledri secara umum.
  • Daun seledri kaya akan vitamin A yang baik untuk tubuh. Sedangkan dalam batangnya, terdapat beberapa sumber vitamin yaitu B1, B2, B6 dan C. Vitamin-vitamin tersebut juga dilengkapi dengan kandungan potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium, dan kandungan asam amino esensial yang tinggi.
  • Seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga fungsi ginjal.
  • Kandungan mineral dalam seledri dapat mengganti elektrolit yang hilang dan rehidrasi tubuh.
    ads
  • Kumarin dalam seledri dapat mencegah pertumbuhan kanker usus dan perut.
  • Dapat digunakan sebagai obat pencahar alami yang meringankan sembelit.
  • Seledri dapat memberikan efek diuretik yang dapat menghapus dan memecah urin dalam empedu.
  • Mengandung senyawa anti-kanker, seperti acetylenics yang dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor, asam fenolat yang menghalangi pertumbuhan sel tumor, dan lain sebagainya.
  • Dapat menyeimbangkan pH dan menetralkan keasaman di dalam tubuh.

Dengan beberapa khasiat di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa daun seledri sangat baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya berpengaruh pada ginjal, namun menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Manfaat dan pengaruh seledri untuk ginjal.

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat seledri secara umum. Sekarang kita akan membahas seberapa efektif cuci darah alami dengan seledri. Pertama, Anda perlu mengetahui seberapa parah penyakit gagal ginjal yang Anda alami. Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan gagal ginjal dibagi menjadi dua jenis, yaitu akut dan kronis.

Apabila gagal ginjal masih bersifat akut, maka Anda dapat menggunakan daun seledri untuk membantu ginjal melakukan fungsinya. Namun, apabila gagal ginjal sudah masuk kategori parah atau permanen, Anda mungkin dapat menggunakan seledri sebagai salah satu obat, namun hasilnya tidak akan terlalu signifikan. Karena seledri hanya bersifat membantu dan Anda masih perlu mendapat penanganan dokter.

Dan untuk pengobatan pada penderita gagal ginjal akut, daun seledri tidak sepenuhnya memiliki kemampuan seperti cuci darah yang dilakukan dokter. Anda perlu segera mengobati penyakit ginjal sehingga kondisi tidak semakin parah. Karena peran daun seledri di sini adalah membantu melakukan cuci darah dan tidak menyembuhkan penyakit gagal ginjal.

Jadi pertama, ketahui penyebab gagal ginjal akut yang Anda alami. Biasanya, pada penderita gagal ginjal akut penyebabnya adalah adanya sumbatan batu dan dehidrasi. Kemudian, konsumsi daun seledri untuk menghindari penumpukan cairan berlebihan, tingginya kadar kalium, atau ketidakseimbangan pH di dalam darah. Selain menggunakan seledri, Anda juga dapat menggunakan alternatif lain, seperti kulit manggis, mengkudu, dan lain sebagainya.

  1. Pengolahan daun seledri untuk cuci darah

Berikut beberapa langkah pembuatan seledri untuk cuci darah alami.

  • Pertama, Anda siapkan satu ikat daun seledri yang masih segar kemudian cuci sampai bersih.
  • Potong daun seledri dengan ukuran yang kecil.
  • Panaskan air secukupnya dalam panci sampai mendidih.
  • Masukan potongan daun seledri ke dalam panci dan tunggu sampai sepuluh menit.
  • Angkat dan saring ke dalam gelas dan tunggu hingga dingin sebelum dikonsumsi.

Dengan mengkonsumsi satu sampai dua kali setiap hari secara rutin, khasiat daun seledri akan membantu membuang racun dalam darah yang lolos dari ginjal.

Sekian artikel mengenai cuci darah alami dengan daun seledri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu pembaca dalam menemukan jalan keluar untuk menangani masalah ginjal. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran