Sponsors Link

Ciri Kandung Kemih Turun pada Wanita yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Kandung kemih turun biasa disebut dalam dunia medis sebagai istilah sistokel. Penyebab Kandung Kemih Turun pada umumnya merupakan sebuah kondisi dimana dinding penyekat antara kandung kemih dengan vagina menjadi lemah, sehingga organ kandung kemih posisinya bergeser ke bawah, ke dekat vagina. Gangguan sistokel ini sendiri dibagi menjadi 4 level, di antaranya:

ads
  • level 1, sebagian kecil kandung kemih turun
  • level 2, kandung kemih turun menyentuh bukaan vagina
  • level 3, kandung kemih mencuat keluar dari tubuh melewati bukaan vagina
  • level 4, kandung kemih berada di luar vagina

Berikut ini beberapa ciri kandung kemih turun pada wanita yang perlu diketahui.

  1. Sulit buang air kecil

Gejala Kandung Kemih Turun yang pertama adalah sulit berkemih. Kandung kemih merupakan organ yang bertugas untuk menampung urine sebelum kemudian dikeluarkan dari tubuh. Jika posisi kandung kemih berubah, maka tentunya fungsi kandung kemih itu sendiri akan terpengaruh. Seseorang bisa saja mengalami kesulitan buang air kecil sehingga dapat menyebabkan gangguan juga di metabolisme tubuh.

  1. Rasa tidak nyaman atau nyeri

Jika organ tubuh berpindah posisi, maka otomatis akan ada rasa yang tidak nyaman atau bahkan rasa nyeri. Dalam kasus sistokel ini, rasa tidak nyaman atau nyeri itu bisa berada pada bagian bawah perut atau panggul. Dan biasanya akan bertambah parah ketika digunakan untuk duduk.

  1. Benjolan di vagina

Jika kasus kandung kemih turun ini sudah mencapai level 2 ke atas, maka bisa jadi di Kandung Kemih Ada Benjolan. Benjolan ini akan muncul di perut bagian bawah atau juga bisa di vagina. Benjolan itu adalah karena posisi kandung kemih yang sudah tidak pada tempatnya, sehingga mendorong jaringan yang ada di bawahnya.

  1. Infeksi kandung kemih

Ciri kandung kemih turun lainnya adalah seseorang menjadi lebih sering terkena Infeksi Kandung Kemih. Infeksi kandung kemih itu sendiri bisa disebabkan oleh aktivitas bakteri yang meradang di kandung kemih.

  1. Anyang-anyangan

Anyang-anyangan merupakan sebuah sensasi atau perasaan tidak tuntas ketika buang air kecil. Gejala ini memang cukup sering terjadi pada beberapa jenis penyakit saluran kemih, termasuk kandung kemih turun ini.

  1. Urine keluar saat tertekan

Ciri kandung kemih turun lainnya adalah keluar urine saat tertekan atau mirip dengan Kandung Kemih Bocor. Misalnya ketika seseorang bersin, batuk, atau mengejan, bahkan saat berhubungan seksual. Keluarnya urine saat tertekan ini biasa disebut dengan istilah inkontinensia stress. Tentu hal ini juga sangat mengganggu keseharian. Sehingga perlu untuk dicari tahu cara penanganan yang tepat.

Sponsors Link

  1. Jaringan keluar dari vagina

Pada kasus sistokel  yang sudah parah, misalnya pada level 3 dan level 4, akan ada jaringan yang keluar dari vagina. Jaringan yang keluar dari vagina ini bisa juga berdarah, atau rasanya sakit ketika ditekan. Jika gejala ini sudah ada, berarti harus segera diatasi dengan baik karena level kandung kemih turun sudah memasuki level 3 atau 4.

Demikianlah beberapa ciri kandung kemih turun yang perlu diketahui. Jika ciri-ciri di atas Anda rasakan, segeralah menghubungi dokter untuk mengetahui bagaimana cara penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,