Sponsors Link

8 Ciri Ciri Tumor Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Terkadang datangnya penyakit memang tidak diduga. Meski kita telah menjaga kesehatan ginjal semaksimal mungkin, selalu saja ada yang menyebabkan ginjal bermasalah. Masalah pada ginjal sangat banyak, mulai dari gangguan kecil yang mudah disembuhkan, hingga kelainan ginjal yang sudah dibawa dari lahir.

ads

Agar kita dapat mencegah datangnya penyakit pada ginjal, kenali penyebab gagal ginjal dan penyebab kanker ginjal, dua penyakit ginjal yang dapat dikatakan parah. Selain itu ginjal juga bisa ditumbuhi tumor. Keberadaan tumor ginjal jika tidak segera diatasi tentu akan merusak ginjal secara perlahan. Kenali ciri ciri tumor seperti di bawah ini.

1. Nyeri Hebat di Punggung Bawah

Salah satu ciri ciri tumor ginjal yang harus diwaspadai adalah rasa nyeri yang hebat di punggung bagian bawah, di tempat di mana organ ginjal berada. Sebagian orang mengira nyeri punggung disebabkan oleh kecapekan atau pengeroposan tulang. Namun harus jika berlangsung terus menerus maka harus dicurigai. Selain tumor ginjal, bisa saja ini adalah ciri ciri kanker ginjal yang tidak terduga. Jika nyeri yang dirasa tidak terlalu parah, mungkin saja karena kurangnya cairan di dalam tubuh sehingga kerja ginjal terganggu.

2. Muncul Benjolan di Sekitar Organ Ginjal

Saat organ tubuh ditumbuhi tumor, maka gejala utama yang muncul adalah benjolan. Jika tumor masih berukuran kecil, maka benjolan tidak akan terlihat dari luar. Namun tetap saja akan terasa sangat sakit, terutama saat buang air kecil. Jangan menyepelekan daerah sekitar ginjal yang terasa sakit. Awal dari gejala ginjal rusak yang tidak disadari adalah rasa sakit yang dibiarkan saja. Tumor yang semakin membesar akan tampak menonjol keluar hingga terlihat benjolan di kulit.

3. Nafsu Makan Menurun

Organ tubuh saling berhubungan satu sama lain. Oleh karena itu jika ada yang tidak beres, maka yang lain terkena dampaknya. Sama halnya dengan ciri ciri tumor ginjal yang satu ini. Tumor yang tumbuh di dalam ginjal akan mempengaruhi banyak proses lain di dalam tubuh. Seperti buang air kecil yang tidak lancar. Nafsu makan juga akan menurun drastis karena penderita tumor ginjal biasanya akan mengalami mual dan muntah yang hebat. Mual dan muntah inilah yang otomatis membuat nafsu makan menurun dengan drastis. Ini juga ciri ciri gagal ginjal awal yang sering terjadi.

4. Nyeri Buang Air Kecil

Ginjal adalah bagian penting dari sistem kemih yang memproduksi urine. Oleh sebab itu saat ada masalah pada ginjal, buang air kecil akan terasa sakit. Biasanya ini dianggap sebagai tanda tanda infeksi saluran kemih. Namun infeksi saluran kemih bukanlah satu satunya penyakit yang bisa menyerang ginjal. Maka dari itu saat buang air kecil terasa sakit maka segera periksakan diri ke dokter. Jangan sampai masalah kecil dibiarkan berlarut hingga menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih parah.

5. Warna Urine Berubah

Warna urine bisa menandakan banyak hal. Urine bisa dijadikan ukuran untuk melihat apakah seseorang mengalami dehidrasi atau tidak. Warna urine sehat adalah yang bening, tidak berwarna seperti air. Semakin keruh urine seseorang, maka orang itu kurang minum air putih atau mengalami dehidrasi. Warna urine yang bening hingga kuning menandakan tidak ada masalah serius pada ginjal. Sementara jika warna urine sudah berubah menjadi keruh apalagi sampai berdarah, berarti ada masalah serius pada ginjal yang harus segera ditangani.

6. Urine Berdarah

Seseorang yang mengalami hematuria harus waspada dengan kesehatan ginjalnya. Hematuria atau kencing berdarah memang bukan penyakit, tetapi gejala yang menandakan penyakit serius di dalam ginjal. Urine yang mengandung darah adalah urine berwarna merah, menjadi tanda adanya masalah dalam ginjal hingga menyebabkan pendarahan. Apabila hal ini terjadi bersama dengan nyeri saat buang air kecil, bisa jadi ini adalah ciri ciri tumor ginjal yang harus diwaspadai.

7. Urine Sedikit dan Susah Buang Air Kecil

Urine sedikit dan susah buang air kecil adalah ciri ciri penyakit ginjal pada wanita hamil yang sering terjadi. Tidak hanya itu, ternyata jika urine hanya sedikit yang keluar padahal minum air putih sudah banyak, itu juga bisa menjadi tanda tanda ginjal kering yang tidak disadari. Segeralah bertindak cepat dengan memeriksakan diri ke dokter. Pertolongan sejak dini bisa memperbesar peluang untuk sembuh.

8. Demam Tinggi

Saat tubuh mengalami demam, tandanya kesehatan sedang bermasalah. Ciri terakhir tumor ginjal adalah saat tubuh mengalami demam tinggi, di atas 38 derajat dan melebihi normal. Demam biasa akan mudah sembuh setelah diberi obat penurun panas demam. Namun jika demam tidak kunjung sembuh, ditambah dengan rasa sakit di punggung yang tidak tertahan, patut dicurigai bahwa seseorang mungkin menderita tumor ginjal.

Itulah ciri ciri tumor ginjal yang wajib diketahui. Penyakit tumor bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Anak yang masih bayi hingga balita sampai dewasa dan lansia semua bisa terkena tumor ginjal. Jagalah kesehatan ginjal dengan baik agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Jika kondisi ginjal memburuk, dampaknya tidak baik lho untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :