Sponsors Link

7 Ciri Ciri Sakit Ginjal Pada Ibu Hamil (#Waspadai Ini Fatal)

Sponsors Link

Ginjal adalah organ yang penting untuk tubuh manusia. Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak ataupun orang tua juga memiliki kepentingan yang sama untuk menjaga kesehatan mereka. Salah satu subjek yang bisa terkena masalah penyakit ginjal adalah ibu-ibu hamil. Mereka bisa terkena berbagai macam penyakit ginjal apabila memiliki pola hidup yang buruk dan tidak melakukan berbagai macam pencegahan masalah ginjal yang lain.

ads

Tentunya, sangat penting untuk mengetahui ciri ciri penyakit ginjal pada ibu hamil supaya ibu hamil yang memiliki kemungkinan menderita penyakit ginjal bisa diantisipasi dengan cepat. Apa saja ciri ciri penyakit ginjal pada ibu hamil? Berikut ini adalah beberapa Ciri Ciri Penyakit Ginjal Pada Ibu Hamil yang bisa kita ketahui.

1. Gatal-gatal yang Ekstrem

Salah satu gejala penyakit batu ginjal atau gagal ginjal yang sering muncul adalah rasa gatal di seluruh tubuh atau di beberapa bagian tubuh seperti tangan, pergelangan tangan, dan juga kaki. Gatal-gatal yang diakibatkan oleh penyakit ginjal adalah gatal-gatal yang sulit hilang dan juga mudah luka. Apabila ibu hamil merasakan hal ini, maka ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter secepatnya.

2. Sulit Bernapas

Gangguan pada ginjal juga kana mengakibatkan terjadinya gangguan pada proses pernapasan. Hal itu terjadi karena apabila ginjal terganggu, maka fungsi untuk mengatur kadar cairan sisa metabolisme dalam tubuh juga akan terganggu. Urine akan sulit keluar dan akibatnya cairan menumpuk di sekitar tubuh. Penumpukan cairan itulah yang akan membuat kita jadi sulit bernapas karena saluran pernapasan bisa terhimpit atau terjepit cairan yang terlalu banyak menumpuk.

3. Hembusan napas singkat

Pada umumnya, kita bisa menghirup udara dan mengeluarkan udara dari dalam tubuh dalam jangka waktu sekitar 3 detik atau lebih. Akan tetapi, pada ibu hamil yang mengalami gangguan ginjal dan pada beberapa penderita ginjal yang lain selain itu juga bisa karena Komplikasi Gangguan Ginjal Pada Otak, menghirup atau mengelurkan udara membutuhkan waktu kurang dari 3 detik karena kesulitan mempertahankan jangka waktu pernapasan tersebut, sehingga mereka cenderung memiliki napas yang pendek-pendek.

4. Pusing

Pada beberapa kasus, pusing juga bisa dirasakan oleh mereka yang mengalami masalah ginjal. Khususnya karena kekurangan darah yang segar dan berisi dengan oksigen yang baik. Bagi para ibu hamil yang mengalami masalah pusing, ada baiknya untuk diperiksa ke dokter atau rumah sakit terdekat apabila hal tersebut terjadi terlalu sering. Oleh karena pusing yang berlebihan itu bisa jadi tanda terjadinya anemia ataupun masalah ginjal, bisa juga anda perhatikan Tanda Masalah Ginjal kronis Pada Wanita yang jarang sekali diketahui.

Sponsors Link

5. Cepat lelah

Kekurangan sel darah merah dan juga oksigen di dalam tubuh bisa membuat ibu-ibu yang mengalami permasalahan pada ginjalnya mudah lelah. Tentunya hal itu disebabkan karena oksigen yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi terlalu sedikit, dan juga zat-zat sisa metabolisme dari dalam darah tidak bisa dikeluarkan dan diproses dengan baik oleh ginjal. Akibatnya, tubuh para ibu hamil pun mudah lelah.

6. Tiba-tiba menggigil

Salah satu gejala penyakit ginjal adalah rasa kedinginan kemudian menggigil di tengah kondisi cuaca yang sebenarnya tidak memungkinkan orang untuk mengalami kedinginan. Hal ini bisa terjadi pada para ibu yang mengalami batu ginjal dan juga terkena anemia. Dengan kata lain, apabila Anda mengalami hal ini, bisa jadi batu ginjal dan anemia terjadi pada Anda sekaligus.

7. Sakit di sekitar punggung

Ciri-ciri yang satu ini telah lazim diketahui oleh hampir semua orang. Ginjal yang mengalami gangguan, apapun jenisnya, pasti akan sering mengalami masalah rasa sakit seperti nyeri yang ada di sekitar punggung. Hal yang sama juga akan terjadi pada para ibu-ibu yang mengalami masalah ginjal tertentu. Oleh karena itulah, bagi ibu hamil yang sering mengalami masalah nyeri atau sakit di sekitar punggung, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat agar bisa diketahui apakah benar penyakit ginjal menyerang sang ibu, atau tidak.

Sponsors Link

Itulah beberapa hal yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi apakah ada penyakit ginjal pada ibu hamil. Akan tetapi, hanya mengetahui ciri ciri penyakit ginjal pada ibu hamil saja tidak akan cukup untuk bisa menjauhi penyakit ginjal. Oleh karena itu, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mencegah penyakit ginjal pada ibu hamil. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut.

  • Meminum air dengan cukup
  • Memakan makanan yang baik untuk kesehatan ginjal dan janin
  • Menjauhi makanan yang buruk untuk kesehatan ginjal dan janin
  • Menghindari stres
  • Memastikan istirahat dengan cukup
  • Tidak bekerja terlalu keras
  • Memiliki pola hidup sehat sejak sebelum kehamilan terjadi
  • Menghindari makanan yang memiliki kadar garam atau kalium terlalu tinggi
  • Memeriksakan diri secara rutin
  • Mengikuti saran-saran dokter untuk hidup sehat

Dengan melakukan berbagai cara di atas, semoga para ibu hamil bisa menjauhi berbagai macam penyakit ginjal yang mungkin menyerang mereka. Semoga dengan informasi singkat di atas, kita bisa membantu ibu hamil agar memiliki kehamilan yang sehat dan melahirkan anak yang sehat pula. Selamat menjaga kesehatan ginjal, khususnya bagi para ibu yang hamil! Semoga bisa melahirkan sang anak dengan lancar!

Sponsors Link
>
, , ,