Sponsors Link

5 Ciri Ciri Sakit Ginjal Awal Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Organ yang satu ini memang hanya memiliki ukuran yang kecil, akan tetapi fungsinya sangat penting dan tidak bisa digantikan dengan organ tubuh yang lainnya. Oleh karena itulah, setiap orang harus mengetahui gejala atau ciri ciri sakit ginjal awal yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya berbagai masalah ginjal yang lebih parah.

ads

Ada beberapa gejala atau ciri-ciri penyakit ginjal pada tahap awal yang umumnya terjadi pada beberapa macam penyakit ginjal. Beberapa ciri-ciri tersebut ada yang sudah familier diketahui oleh orang pada umumnya, ada pula yang masih jarang diketahui. Oleh karena itulah, buat kamu yang belum mengetahui berbagai macam ciri-ciri penyakit ginjal tersebut, ada baiknya untuk mengetahuinya. Jangan khawatir, karena di bawah ini telah kami sediakan beberapa ciri ciri sakit ginjal awal dan beberapa penyebab ginjal bermasalah yang bisa kamu gunakan untuk melihat apakah kamu menderita penyakit ginjal atau tidak.

Beberapa ciri ciri sakit ginjal awal tersebut, adalah sebagai berikut.

1. Kenaikan suhu badan atau demam

Salah satu ciri-ciri penyakit ginjal yang pertama kita bahas dalam kesempatan kali ini adalah terjadinya demam atau kenaikan suhu badan. Hal ini khususnya bisa terjadi pada mereka yang mengalami permasalahan infeksi pada ginjal. Beberapa macam penyakit ginjal yang bisa mengakibatkan ciri-ciri ini antara lain adalah batu ginjal, infeksi ginjal akut, gagal ginjal, ginjal mengecil, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ada baiknya apabila kamu mengalami gejala yang satu ini, sebaiknya kamu segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkan dirimu mengalami kenaikan suhu badan secara kontinu.

2. Perubahan warna urine

Ciri ciri penyakit ginjal pada tahap awal yang bisa pula menjadi ciri ciri bahwa penyakit ginjal telah benar-benar menyerang dirimu adalah terjadinya perubahan warna urine. Warna urine yang berubah menjadi lebih pekat, kemerah-merahan dan semacamnya, adalah salah satu ciri-ciri bahwa ginjal mengalami permasalahan. Hal itu disebabkan karena perubahan pada warna urine tersebut menandakan bahwa dalam proses pembuatan urine terjadi masalah yang menyebabkan warna urine menjadi berubah, seperti adanya darah yang tercampur dalam pembuatan urine, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi ini kamu bisa menggunakan cara mengobati ginjal bermasalah yang berkaitan dengan urine.

3. Rasa nyeri pada sisi tubuh

Selain ciri-ciri di atas, salah satu ciri sakit ginjal awal adalah munculnya rasa nyeri di sekitar sisi tubuh. Rasa nyeri tersebut merupakan dampak dari ginjal yang mengalami luka sehingga menyebabkan saraf perasa rasa sakit disekitar tubuh mengirimkan rasa sakit tersebut ke bagian di sekitar ginjal, salah satunya adalah bagian sisi tubuh dekat dengan punggung atau perut. Oleh karena itulah, apabila rasa sakit ini muncul pada dirimu ada baiknya kamu segara melakukan pemeriksaan ke dokter yang ahli.

4. Rasa nyeri saat buang air kecil

Ciri ciri sakit ginjal awal atau gejala ginjal bermasalah yang cukup jelas terlihat pada mereka yang memiliki permasalahan pada ginjal mereka adalah rasa nyeri yang terjadi ketika mereka membuang air kecil. Rasa nyeri ini akan semakin parah seiring dengan semakin parahnya penyakit ginjal yang dialami oleh para penderita masalah ginjal tersebut. Dengan demikian, ada baiknya apabila kamu segera memeriksakan diri apabila kamu mengalami rasa nyeri saat buang air kecil, meskipun rasanya tidak terlalu sakit tetapi terus menerus terjadi.

Sponsors Link

5. Buang air kecil menjadi lebih intens

Gejala lain dari penyakit ginjal awal adalah bertambah intensnya buang air kecil. Hal ini disebabkan karena gangguan ginjal bisa menyebabkan produksi urine menjadi terganggu dan pengeluaran urine pun juga akan terganggu. Apabila hal ini kamu alami, bisa jadi kamu menderita masalah batu ginjal ataupun masalah ginjal yang lain yang menyebabkan urine menjadi sulit untuk keluar dari dalam tubuh. Akibat dari buang air kecil yang sulit terjadi dengan tuntas inilah, maka buang air kecil bisa terjadi dengan lebih sering.

Itulah beberapa gejala sakit ginjal awal atau tanda awal ginjal bermasalah yang bisa kamu ketahui. Dengan menggunakan beberapa ciri-ciri di atas, maka idealnya kita telah bisa melakukan identifikasi apakah kita menderita penyakit ginjal ataukah tidak sejak awal. Selain mengetahui apa saja ciri ciri sakit ginjal awal, tentunya penting pula bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara untuk mencegah penyakit ginjal agar tidak terjadi pada kita yang mengalami permasalahan sakit ginjal. Bagaimana saja cara untuk mencegah sakit ginjal agar tidak menyerang kita? Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantumu.

Sponsors Link

  • Mengonsumsi ramuan uva ursi
  • Mengonsumsi ramuan akar dandelion
  • Mengonsumsi ramuan aun tempuyung
  • Meminum jus seledri
  • Meminum jus basil
  • Meminum ramuan daun keji keling
  • Mengonsumsi ramuan daun kumis kucing
  • Mengonsumsi buah mengkudu
  • Mengonsumsi buah lemon segar
  • Mengonsumsi minyak zaitun
  • Mengonsumsi ramuan daun dadap
  • Mengonsumsi ramuan daun gempur batu
  • Memakan makanan sehat untuk ginjal dan jantung

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar penyakit ginjal tidak menyerangmu. Dengan menggunakan beberapa cara di atas, disertai dengan gaya hidup yang sehat, semoga penyakit ginjal bisa kamu hindari ya!

Selamat menjaga kesehatan ginjal!

Sponsors Link
>
, , ,