Sponsors Link

20 Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit ginjal adalah salah satu gangguan berbahaya dalam tubuh, dimana tubuh tidak bisa mengeluarkan limbah-limbah sisa metabolisme. Jika limbah-limbah itu tidak bisa dikeluarkan, maka tumpukan limbah akan mengganggu metabolisme dan organ-organ lain di dalam tubuh. Penyakit ginjal ada yang muncul secara tiba-tiba (akut) dikarenakan kondisi tertentu pada penderitanya. Namun ada juga penyakit ginjal yang muncul secara bertahap dan dibedakan berdasarkan stadium-stadium tertentu. Untuk mengatasi penyakit ginjal, tentunya ciri ciri penyakit ginjal stadium awal perlu diketahui. Semakin awal diagnosis dilakukan, maka akan semakin mudah pula pengobatan yang akan dilakukan. Berikut ini ada beberapa ciri ciri penyakit ginjal stadium awal yang perlu diketahui.

ads
  1. Mudah lelah

Salah satu gejala dari penyakit ginjal stadium awal atau Tanda Tanda Ginjal Mulai Rusak adalah tubuh mudah merasa lelah. Tubuh mudah merasa lelah ini bisa terjadi karena berkurangnya produksi hormon eritropoietin yang bertugas untuk mengirimkan sinyal produksi darah merah. Jika produksi darah merah berkurang karena ginjal terganggu, maka tubuh akan mudah lelah.

  1. Anemia

Anemia atau kondisi berkurangnya sel darah merah di dalam tubuh juga bisa menjadi gejala stadium awal penyakit ginjal. Seperti yang disebutkan di atas, ginjal bertugas untuk memproduksi hormon untuk sinyal produksi darah merah. Jika sel darah merah berkurang, maka bukan hanya kelelahan yang terjadi. Namun Anemia pun juga bisa terjadi.

  1. Lebih sering buang air kecil

Ginjal adalah salah satu organ yang mengatur sekresi melalui air kencing. Jika ginjal terganggu, maka frekuensi buang air kecil juga akan terganggu. Biasanya penderita akan lebih sering merasa ingin buang air kecil, terutama di malam hari.

  1. Sulit buang air kecil

Walau rasa ingin buang air kecil sering muncul, terutama saat malam hari seperti yang dijelaskan di atas, namun ketika air kencing itu ingin dikeluarkan biasanya akan ada kesulitan. Bahkan penderitanya harus mengejan cukup keras karena air kencing tidak kunjung keluar.

  1. Urine berbusa

Ciri ciri penyakit ginjal stadium awal berikutnya adalah perubahan pada kondisi air kencing, yaitu air kencing menjadi berbuih atau berbusa. Busa pada air kencing ini terjadi jika protein berlebihan di dalam air kencing. Kondisi ini adalah salah satu sinyal bahwa ada yang sedang tidak beres dengan ginjal.

  1. Insomnia di malam hari

Gejala awal dari penyakit ginjal berikutnya adalah gangguan tidur atau insomnia. Gangguan tidur ini terjadi karena pengaruh dari ketidakseimbangan proses metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, rasa ingin buang air kecil di malam hari yang berlebihan juga membuat tubuh kesulitan untuk tidur nyenyak. Insomnia pada Gejala Radang Ginjal juga bisa disebabkan karena demam yang terjadi di malam hari.

Sponsors Link

  1. Kencing berdarah

Kencing berdarah juga bisa menjadi salah satu ciri ciri penyakit ginjal stadium awal yang perlu diwaspadai. Kencing berdarah ini terjadi jika ada organ tubuh di dalam yang mengalami pendarahan. Salah satunya ginjal atau kandung kemih. Jika terjadi gejala ini, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

  1. Kulit terasa gatal

Gatal pada kulit terjadi pada penderita sakit ginjal stadium awal, karena darahnya bercampur dengan limbah-limbah dari sisa metabolisme yang tidak bisa disaring dengan baik oleh ginjal. Akibatnya, kulit akan terasa sering gatal tanpa sebab.

  1. Nafsu makan berkurang

Karena metabolisme yang tidak seimbang di dalam tubuh tersebut, nafsu makan pada penderita sakit ginjal juga bisa terjadi dan merupakan salah satu gejala awal sakit ginjal. Kondisi ini juga biasanya bisa membuat penderita menjadi lebih stress.

ads
  1. Otot sering kejang

Ginjal yang terganggu bisa menyebabkan sistem elektrolit dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Kadar kalsium yang rendah serta kadar fosfor yang berlebihan akan berpengaruh pada otot. Otot akan lebih sering terasa kaku atau kejang (kram). Kram ini juga bisa menjadi salah satu Efek Setelah Cuci Darah untuk pasien penyakit ginjal yang sudah menjalani rawat jalan.

  1. Bau mulut

Jika seseorang memiliki kondisi bau mulut, maka bisa jadi itu adalah salah satu tanda awal penyakit ginjal. Bau mulut ini disebabkan oleh penumpukan limbah di dalam darah, sehingga bisa menciptakan amonia di dalam rongga mulut. Amonia itu sendiri tentunya berbau tidak sedap. Bau mulut ini juga bisa menyebabkan nafsu makan berkurang seperti yang sudah dijelaskan di atas.

  1. Pembengkakan kaki

Penderita penyakit ginjal stadium awal juga sudah bisa menunjukkan gejala pembengkakan pada kaki. Pembengkakan pada kaki ini terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh yang tidak bisa diatur dengan normal oleh ginjal itu sendiri. Pembengkakan ini biasanya juga mengakibatkan organ jantung dan hati juga terganggu. Maka dari itu perlu untuk segera diperiksa lebih lanjut.

  1. Pembengkakan kantung mata

Sama halnya dengan kaki, kantung mata adalah salah satu bagian tubuh yang cenderung mudah mengalami pembengkakan akibat penumpukan cairan di dalam tubuh. Penderita penyakit ginjal juga bisa mengalami hal ini, dimana kantung mata mengalami penebalan karena protein dan cairan berlebihan. Kondisi ini juga merupakan salah satu Gejala Sakit Ginjal pada Wanita yang perlu diwaspadai.

  1. Gangguan organ pencernaan

Kondisi bau mulut dan penurunan nafsu makan secara tidak langsung juga akan berpengaruh kepada organ pencernaan manusia. Penderita penyakit ginjal stadium awal akan mengalami gangguan pada organ pencernaan seperti mual dan muntah karena tidak nyamannya rongga mulutnya.

  1. Sulit berkonsentrasi

Salah satu ciri penyakit ginjal stadium awal berikutnya adalah sulit berkonsentrasi. Penurunan konsentrasi ini juga bisa terjadi dengan gejala penurunan daya ingat. Kondisi ini terjadi karena anemia yang terjadi pada penderita menurunkan asupan oksigen menuju otak. Sehingga otak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk bekerja secara normal.

  1. Sakit kepala

Kondisi berikutnya yang dikarenakan kurangnya asupan oksigen menuju otak adalah penderita sangat sering merasakan sakit kepala. Bahkan sakit kepala ini bisa terjadi dengan gejala yang cukup berat. Jika penyakit ginjal terjadi semakin parah dan tidak segera diobati, maka sakit kepala ini bisa menjadi semakin parah juga.

Sponsors Link

  1. Sakit punggung

Salah satu gejala sakit ginjal yang mudah dirasakan adalah pada punggung, yaitu muncul rasa sakit pada bagian tersebut. Sakit punggung ini terjadi jika ginjal sudah meradang dan tidak bisa bekerja maksimal.

  1. Sakit pinggang

Penyebab Gagal Ginjal Kronis biasanya adalah hipertensi atau diabetes. Kondisi ini akan mempengaruhi kinerja ginjal sehingga menyebabkan ginjal terganggu. Selain punggung, bagian tubuh lain yang juga akan lebih sering merasa sakit adalah pinggang. Seperti yang diketahui, ginjal itu memiliki posisi di sekitar pinggang. Maka jika ginjal terganggu, sakit pinggang pun bisa terjadi lebih parah dan lebih sering.

  1. Meriang

Gejala lainnya adalah mudah meriang. Meriang ini terjadi karena efek dari kekurangan oksigen di dalam tubuh akibat anemia yang terjadi. Meriang ini bahkan bisa menyebabkan tubuh sering merasa kedinginan tanpa sebab, walaupun pada kenyataannya suhu udara di sekitar tidak dingin.

  1. Susah bernafas

Ciri awal penyakit ginjal berikutnya adalah sulit untuk bernafas. Kesulitan bernafas ini terjadi karena tumpukan cairan dan limbah tubuh yang menekan area dada (paru-paru) sehingga terjadi sesak nafas seperti orang yang terkena asma.

Demikianlah beberapa ciri ciri penyakit ginjal stadium awal yang perlu diwaspadai. Jika ada anggota keluarga atau teman terdekat yang mengalami sebagian besar dari gejala di atas, maka segera sarankan mereka untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti apakah benar ginjal sedang bermasalah. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,