Sponsors Link

11 Ciri Ciri Penyakit Ginjal Pada Wanita yang Tidak Disadari

Sponsors Link

Ciri ciri penyakit ginjal pada wanita sebenarnya tidak berbeda jauh dengan ciri penyakit ginjal yang dialami oleh pria. Pada dasarnya penyakit ginjal dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal batasan usia ataupun gender. Penyebab utama penyakit ginjal pada wanita terutama karena gaya hidup yang tidak sehat serta obesitas. Seperti yang kita tahu bahwa wanita lebih rentan terserang obesitas dibandingkan pria. (Baca juga : ciri ciri penyakit ginjal )

ads

Penyakit ginjal pada wanita akan sangat berbahaya. Bukan hanya pada jiwa penderita, namun juga pada kehamilannya kelak. Wanita dengan riwayat penyakit ginjal akan memiliki kehamilan yang berisiko tinggi. Pada wanita normal saja kehamilan dapat menimbulkan gangguan ginjal seperti infeksi saluran kemih. Sebagai wanita tentunya anda sangat mengidamkan untuk bisa menjadi seorang ibu. Jika anda menderita sakit ginjal tentunya harapan itu hanya angan angan saja. (Baca juga : efek terlambat cuci darah )

Tentunya sebagai wanita anda sangat mendambakan untuk bisa memberikan keturunan serta melengkapi kebahagiaan kecil keluarga anda kelak. Jangan sampai keinginan ini hanya menjadi angan angan yang tidak kesampaian. Penyakit ginjal akan menunjukan ciri ciri yang bisa diamati baik dari perubahan fisik maupun kebiasaan. Dengan mengetahui ciri-ciri penyakit ginjal lebih awal, tentunya akan memudahkan dalam proses pengobatan dan perawatannya. (Baca juga : infeksi ginjal pada anak )

Berikut ciri ciri penyakit ginjal pada wanita yang wajib anda ketahui.

1. Gatal yang Ekstrim Pada Kulit Tubuh

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang memiliki perang menyaring darah dan limbah kemudian mengeluarkannnya dalam bentuk urine. Jika ginjal mengalami kerusakan tentunya akan sangat berdampak pada proses tersebut. Kotoran atau limbah yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh akan terendap dan menumpuk didalam tubuh. Kondisi yang demikian tentunya akan membuat di dalam darah akan terdapat kotoran yang tidak tersaring oleh ginjal. (Baca juga : penyebab gagal ginjal kronis )

Kotoran tersebut kemudian beredar keseluruh tubuh melalui pembuluh darah. Imbas dari terbawanya kotoran dalam daeah tidak lain adalah adanya perasaan gatal yang tak tertahankan pada permukaan kulit. Jika digaruk maka akan menimbulkan luka meskipun dengan garukan yang lembut. Hal ini tentu akan berpengaruh pada penampilan kulit anda. (Baca juga : perbedaan ginjal akut dan kronik )

2. Nafas Terasa Sesak

Penderita penyakit ginjal akan mengalami rasa sesak dan kesulitan saat bernafas. Hal ini disebabkan karena adanya tumpukan cairan limbah yang memenuhi rongga paru-paru. Pada kondisi normal harusnya paru paru dipenuhi oleh oksigen. Karena adanya tumpukan cairan tersebut kadar oksigen dalam paru paru akan menurun. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa sesak nafas pada penderita penyakit ginjal. (Baca juga : patofisologi gagal ginjal akut )

3. Merasa Kedinginan dan Menggigil

Terganggunya fungsi dan kinerja ginjal akan menyebabkan penderita nya merasa kedinginan. Kondisi ini disebabkan karena menurunnya kadar hemoglobin dalam darah sehingga kemampuan edar darah semakin menurun. Penurunan ini lah yang menyebabkan tubuh tidak bisa lagi mentolerir suhu rendah. Kondisi ini diperparah dengan terganggunya sistem peredaran darah. Peredaran darah inilah yang menjaga suhu tubuh kita tetap hangat. Kerusakan fungsi ginjal akan berakibat pada terganggunya edaran darah yang kemudian akan menyebabkan penderita merasa kedinginan bahkan sampai menggigil. (Baca juga : gagal ginjal kronis )

Sponsors Link

4. Rasa Pusing Kepala dan Sulit Berkonsentrasi

Berkurangnya kadar hemoglobin dan oksigen dalam darah akan berpengaruh pada tingkat konsentrasi. Asupan oksigen dan darah yang berkurang pada otak akan menyebabkan rasa pusing dan kurang bisa berkonsentrasi pada pekerjaan. Bahkan tidak jarang penderita sakit ginjal akan terjatuh karena rasa pusing yang berlebihan. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan istirahat yang cukup. Jangan terburu buru langsung bangun dan berdiri saat baru bangun tidur. Lebik baik duduk dulu sebentar untuk mengembalikan fokus baru kemudia berdiri. (Baca juga : gejala ginjal bermasalah )

5. Sakit pada Bagian Pinggang

Ciri ciri penyakit ginjal pada wanita paling umum adalah timbulnya rasa sakit pada daerah sekitar pinggang. Seperti kita tahu bahwa letak ginjal berada pada daerah pinggang sebelah kiri dan kanan. Itulah mengapa ginjal sering disebut dengan buah pinggang. Jika terjadi masalah pada ginjal tertunya akan sangat berdampak pada pinggang. Ginjal yang mengalami gangguan akan mengalami peradangan. Luka akibat peradangan itulah yang kemudian menyebabkan rasa nyeri pada pinggang. Jangan mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri sembarangan. Salah salah hal ini malah bisa memperparah kerusakan ginjal yang telah terjadi. Lebih baik segera periksakan diri jika untuk mengetahui penyebabnya. (Baca juga : tanda gejala gagal ginjal)

ads

6. Mengalami Gangguan Hormon

Selain menyaring darah dan mengeluarkan limbah dalam bentuk urine ginjal juga memiliki fungsi lain yaitu memproduksi sejumlah hormon. Jika ginjal terganggu tentu produksi hormon akan terganggu. Hal ini tentu akan  menganggu sistem metabolisme di dalam tubuh. Beberapa hormon dalam darah akan mengalami peningkatan dan beberapa lainnya akan mengalami penurunan. Tentunya hal ini akan menimbulkan ketidakseimbangan pada hormon didalam tubuh. (Baca juga : gejala penyakit ginjal bengkak )

7. Gejala Anemia

Penderita penyakit ginjal juga akan mengalami gejala anemia. Hal ini disebabkan karena berkurangnya kemampuan edar darah, serta kadar oksigen dalam darah. Anemia merupakan gangguan penyakit yang biasa menyerang wanita. Kondisi anemi akan semakin diperparah dengan berlanjutnya stadium pada penyakit ginjal. Anemia biasa dicirikan dengan rasa pusing, cepat lelah, serta wajah dan telapak tangan pucat. (Baca juga : tanda awal ginjal bermasalah )

8. Nyeri Saat Berkemih

Penyakit ginjal seperti batu ginjal akan menyebabkan rasa nyeri saat berkemih. Hal ini disebabkan karena adanya urine yang mengkristal kemudian menekan kandung kemih. Semakin besar kristal urin yang membantu tentunya rasa nyeri yang ditimbulkan akan semakin sakit. Urine yang mengkristal tersebut bisa disebabkan karena terlalu sering menahan kencing. Jika merasa ingin berkemih lebih baik jangan ditahan tahan. (Baca juga : penyebab gagal ginjal akut )

9. Tulang Keropos

Pengeroposan tulang atau osteoporosis pada penderita penyakit ginjal disebabkan karena adanya kotoran yang ikut teredar bersama darah. Kondisi ini akan berpengaruh pada semakin menurunnya kekuatan tulang. Hal ini tentunya akan membuat rasa tidak nyaman. Rasa nyeri pada tulang tulang. Dan pada tahap yang akut akan mengalami kesulitan untuk bergerak dan berjalan. (Baca juga : gangguan ginjal)

10. Pembengkakan Pada Beberapa Bagian Tubuh

Semakin menumpuknya cairan dan limbah di dalam tubuh maka akan berimbas pada timbulnya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Bagian tubuh yang membengkak seperti tangan dan kaki. Pembengkakan ini dikarenakan cairan yang menumpuk akan menyebar dan terkonsentrasi pada bagian tubu seperti kaki dan tangan. Semakin besar pembengkakan makan dipastikan jumlah cairan yang menumpuk akan semakin banyak. Hal ini tentu akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Bahkan pada beberaoa kasus penderita penyakit ginjal akan mengalami kesulitan berjalan karena kondisi yang demikian. (Baca juga : bahaya pembengkakan ginjal)

Sponsors Link

11. Urine yang Abnormal

Kondisi urine abnormal pada beberapa penyakit ginjal bisa disebabkan oleh hal yang berbeda. Semisal pada penderita manifestasi diabetes sisa urine akan dikerubungi semut, hal ini disebabkan karena kadar gula yang berlebih pada urine. Hal ini diiringi dengan intensitas keinginan untuk buang air kecil juga akan meningkat. Banyaknya jumlah urine yang dikeluarkan juga bisa menjadi indikasi apakah anda menderita gangguan ginjal. Jika anda mengkonsumsi air dalam jumlah banyak namun urine yang dikeluarkan hanya sedikit. Tentunya anda patut waspada, bisa jadi itu pertanda jika ginjal anda dalam kondisi tidak baik. (Baca juga : penyebab ginjal kotor)

11 ciri ciri penyakit ginjal pada wanita paling umum telah diuraikan di atas. Jika anda mengalami 5-6 ciri diatas secara bersamaan, segera hubungi dokter atau datangi rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebabnya. Semakin anda mendapatkan pertolongan pengobatan lebih awal maka semakin besar kesempatan anda untuk sembuh. Jangan sampai kesempurnaan sebagai wanita tidak bisa terpenuhi hanya karena penyakit ginjal yang mendera. Sayangi ginjal anda. Semoga artikel ini membantu.

Sponsors Link
>
, , ,