Sponsors Link

18 Ciri Ciri Penyakit Ginjal Pada Ibu Hamil yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Ginjal adalah organ penting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Tidak ada organ lain yang bisa menggantikan fungsi ginjal, yaitu untuk menyaring segala zat sisa limbah hasil metabolisme yang tersisa dalam darah. Jika ginjal sudah bermasalah, kesehatan tubuh secara keseluruhan juga akan terganggu. Penyakit ginjal bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Pria dan wanita segala usia termasuk ibu hamil bisa terkena penyakit ginjal.

ads

Ibu yang sedang hamil harus berusaha ekstra untuk menjaga kesehatannya. Karena jika kesehatan ibu menurun, bayi yang sedang dikandung juga akan terkena dampak negatifnya. Ibu hamil harus sering memeriksakan kesehatannya ke dokter untuk mewaspadai penyakit ginjal. Kehamilan menjadi penyebab penyakit ginjal pada wanita seperti hidronefrosis, batu ginjal, ginjal bengkakhematuria pada ibu hamil, serta infeksi ginjal dan saluran kemih.

Untuk mewaspadai munculnya berbagai penyakit tersebut, ibu hamil memang harus rajin memeriksakan diri ke dokter. Namun yang lebih penting adalah mengenali ciri cirinya agar dapat dilakukan langkah pencegahan dengan cepat dan efektif. Berikut ciri ciri penyakit ginjal pada ibu hamil yang wajib diketahui:

1. Susah Buang Air Kecil

Susah buang air kecil adalah gejala ginjal bermasalah yang harus diwaspadai. Ibu hamil yang mengalami susah buang air kecil harus memeriksakan diri ke dokter. Jangan sampai terlambat dan menyebabkan penyakit ginjal yang lebih parah. Susah buang air kecil bisa disebabkan oleh penyempitan saluran kemih karena infeksi.

2. Jumlah Urine Sedikit

Ibu hamil memang harus minum banyak air putih untuk mencegah ginjal kering. Akibat dehidrasi tidak hanya buruk untuk ibu hamil tapi juga bayi yang dikandung. Jika ibu hamil sudah cukup minum air putih namun jumlah urine sedikit maka patut dicurigai, bisa jadi itu adalah ciri ciri penyakit ginjal pada ibu hamil. Jumlah urine yang sedikit menandakan ginjal yang tidak sehat.

3. Nyeri yang Hebat Pada Punggung Bagian Bawah

Salah satu ciri ciri penyakit ginjal pada wanita khususnya ibu hamil adalah rasa nyeri yang hebat pada punggung bagian bawah, lokasi di mana sepasang ginjal berada. Pada ibu hamil merasakan nyeri punggung memang wajar karena beban berat bayi yang dikandung. Namun jika punggung yang nyeri hanya bagian bawah saja dan hal itu berlangsung terus menerus, maka wajib diwaspadai karena kemungkinan itu adalah ciri ciri penyakit ginjal pada ibu hamil yang tidak disadari.

4. Sakit Saat Buang Air Kecil

Setiap orang harus benar benar waspada jika merasa kesakitan saat sedang buang air kecil. Bisa jadi itu adalah tanda tanda infeksi saluran kemih yang juga bisa menyerang ibu hamil. Tidak hanya infeksi saluran kemih saja, rasa sakit saat buang air kecil juga bisa menjadi ciri ciri penyakit batu ginjal pada ibu hamil. Jangan pernah menganggap sepele sekecil apapun tanda yang tidak beres pada tubuh ibu hamil. Ibu hamil harus segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat agar tidak terjadi dampak negatif pada ibu dan bayi yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Sponsors Link

5. Perubahan Pada Warna Urine

Ada perbedaan yang besar antara warna urine sehat dan warna urine yang tidak sehat. Warna urine juga menjadi indikasi tanda tanda dehidrasi pada ibu hamil. Semakin keruh warna urine maka semakin kurang kadar cairan di dalam tubuh. Sebaliknya tubuh yang terhidrasi dengan baik akan menghasilkan warna urine yang jernih seperti air. Waspadai warna urine yang keruh pada ibu hamil sekalipun sudah cukup minum air putih.

6. Ada Darah di Dalam Urine

Apabila ibu hamil mendapati urine berwarna merah, itu berarti ada darah di dalam urine, yang jelas menandakan adanya masalah pada ginjal atau saluran kemih. Ciri ini menunjukkan bahwa ginjal sudah berada dalam kondisi yang parah sehingga harus segera mendapatkan perawatan yang optimal.

Ciri Ciri Penyakit Ginjal Pada Ibu Hamil Lainnya

Selain ciri ciri tersebut di atas, terdapat banyak ciri ciri penyakit ginjal pada ibu hamil yang harus diwaspadai. Ciri ciri ini biasanya dianggap sepele dan diperhatikan dengan benar. Akibatnya penyakit ginjal pada ibu hamil baru diketahui saat sudah parah atau ketika ibu hamil akan melahirkan. Berikut ciri ciri lain yang harus diperhatikan:

Sponsors Link

  1. Gatal pada kulit yang ekstrim dan berlebihan.
  2. Sering sesak napas.
  3. Gejala anemia.
  4. Cepat lelah dan mudah emas.
  5. Pucat, menggigil, dan kedinginan.
  6. Sering merasa pusing.
  7. Sulit berkonsentrasi dan kehilangan keseimbangan tubuh.
  8. Perut kembung.
  9. Pelupuk mata bengkak.
  10. Tangan dan kaki bengkak tidak wajar.
  11. Tekanan darah mudah naik.
  12. Diare.

Itulah ciri ciri penyakit ginjal pada ibu hamil yang wajib diketahui setiap wanita. Ibu hamil memang harus menjaga kesehatan agar proses kelahiran berjalan lancar dan anak lahir dengan selamat. Untuk mencegah penyakit ginjal, ibu hamil harus tahu bagaimana cara merawat ginjal agar tetap sehat seperti memakan makanan sehat untuk ginjal dan jantung, makanan pencuci ginjal yang sehat, atau buah yang baik untuk fungsi ginjal. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menghindari segala macam kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :