Sponsors Link

40 Ciri Ciri Penyakit Ginjal : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ciri ciri penyakit ginjal dapat dilihat dari perubahan fisik yang terjadi pada tubuh penderitanya.  Penyakit ginjal rentan menyerang pada semua usia. Kerusakan organ ginjal menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Kerusakan ginjal tidak bisa dianggap sepele. Sudah banyak korban meninggal akibat penyakit ini. Biaya pengobatan dan perawatan ini tentunya tidak murah, meskipun demikian beberapa penderita penyakit ginjal rela merogoh kocek untuk bisa menjalani perawatan ginjal. (Baca juga : cara mengobati ginjal secara tradisional )

ads

Ciri Ciri Penyakit Ginjal

Ginjal sendiri merupakan salah satu organ vital yang memiliki fungsi penting dalam tubuh. Ginjal terletak pada bagian perut sebelah kanan dan kiri, memegang fungsi dalam menjaga keseimbangan elektrolit, mengontrol tekanan darah serta memproduksi sel darah merah. Kegagalan ginjal dalam melakukan fungsinya tentu akan sangat berdampak pada metabolisme tubuh. Kegagalan ini bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada sistem penyaringan sehingga ginjal tidak mampu menyaring racun dalam darah. Akibatnya akan terjadi penumpukan racun yang menyebabkan kerusakan pada sel kimiawi darah, tentunya hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Di Indonesia penderita penyakit ginjal semakin meningkat dari tahun ketahunnya. Penyebabnya tidak lain karena tidak terkontrolnya pola makan dan pola hidup. Hal ini semakin diperparah dengan ketidakpedulian akan kesehatan ginjal itu sendiri. Padahal kegagalan ginjal kronis akan menyebabkan pengobatan seumur hidup harus dijalankan. Bukankan lebih bijak untuk mengatasi dibanding mengobati. (Baca juga : ketosis )

Semakin dini anda menemukan gejalanya tentu perawatan dan pengobatan penyakit ginjal akan semakin ringan. Sayangnya banyak sekali penderita yang baru mengetahui jika mereka menderita penyakit ginjal setelah memasuki tahap kronis. Dari beberapa jenis penyakit ginjal pada umumnya menujukkan gejala-gejala awal yang ringan. Sehingga untuk mendeteksi adanya kerusakan pada ginjal sebenarnya bukan hal yang sulit. Ada berbagai macam penyakit ginjal yang dapat diderita seseorang, namun secara umum orang lebih megenal gagal ginjal dan batu ginjal sebagai jenis penyakit ginjal yang akut.

Berbedaa jenis penyakitnya berbeda pula penyebabnya, namun pada dasarnya semua penyakit ginjal memiliki ciri-ciri yang sama.  Beberapa ciri penyakit ginjal baik batu ginjal maupin gagal ginjal, dapat ditunjukan dengan adanya perubahan pada kondisi fisik tubuh seorang penderita. Oleh karena itu, anda harus peka bila menemukan ciri ciri penyakit ginjal seperti dibawah ini

1. Gatal yang Ekstrim pada Bagian Tubuh

Penderita penyakit ginjal akan mengalami kondisi gatal yang ekstrim. Gatal yang dirasakan bukan seperti gatal biasa akibat gigitan semut atau ulat. Rasa gatal tersebut durasakan terutama pada bagian dada, kaki dan tangan. Rasa gatal itu terus datang dan jika digaruk maka akan menimbulkan bekas luka walaupun dengan garukan yang ringan. (Baca juga : cara mengobati gagal ginjal )

2. Kesulitan Bernafas

Kondisi dimana penderita mengalami kesulitan bernafas disebabkan karena adany cairan yang menumpuk pada paru-paru. Cairan tersebut menutupi organ paru dan membuat udara didalam paru-paru hanya sedikit. Sehingga hal ini membuat penderita akan mengalami sesak nafas akibat adanya timbunan cairan di paru-paru.

3. Mengalami Anemia

Anemia atau kekurngan sel darah merah disebabkan karena produksi sel darah merah dalam tubuh berkurang. Berkurangnya produksi ini disebabkan oleh menurunnya kadar oksigen dalam paru-paru sehingga produksi sel darah merah juga mengalami penurunan. Kondisi paru-paru yang dipenuhi cairan menyebabkan kadar oksigen menurun sehingga kinerja paru-paru untuk memproduksi sel darah merah menjadi terhambat.

4. Nafas yang Pendek-pendek

Pada kondisi normal waktu yang diperlukan untuk menarik nafas dan menghembuskannya adalah sekitar 3 detik. Pada kondisi penderita penyakit ginjal waktu yang diperlukan untuk menarik dan menghembuskan nafas bisa kurang dari 3 detik. Sehingga penderita penyakit ginjal akan memiliki nafas yang pendek-pendek. Penyebabnya tidak lain adalah karena orag paru-paru yang tidak dapat bekerja sebagaimana fungsinya. (Baca juga : tips menjaga kesehatan ginjal )

5. Mengalami Pusing Kepala

Penyebab utama pusing kepala yang dirasakan penderita penyakit ginjal adalah karena anemia yang diderita. Konsentrasi kadar oksigen dan sel darah merah dalam tubuh yang sedikit menyebabkan pasokan sel darah merah dan oksigen ke otak menjadi menurun. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa pusing  yang akan dialami.

6. Lebih Mudah Lelah

Serangan anemia yang diderita penderita penyakit ginjal akan menyebabkan kondisi mudah kelelahan. Rasa kelelahan bisa melanda walupun tidak melakukan aktivitas yang berat. Kondisi ini diperparah dengan rasa pusing yang terus muncul. (Baca juga : khasiat buah mengkudu untuk ginjal )

7.  Wajah Pucat

Berkurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh akan menyebabkan wajah pucat. Kondisi ini juga dapat dilihat pada telapak tangan dan kaki. Dimana warna merah akan tidak terlihat dominan dan warna telapak tangan dan kaki cenderung pucat.

8. Mengigil dan Kedinginan Padahal Cuaca Sedang Panas

Jika anda mengalami mengigil dan merasa kedinginan padahal cuaca sedang panas. Anda patut waspada karena hal tersebut merupakan salah satu ciri ciri penyakit ginjal. Segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyebab utamanya.

9. Sulit Bisa Berkonsentrasi

Kurang bisa fokus dan berkonsentrasi pada pekerjaan atau hal yang dikerjakan merupakan salah satu ciri-ciri penyakit ginjal yang ditunjukan. Kurangnya konsentrasi ini disebabkan karena kurangnya asupan oksigen dan sel darah merah ke otak.

Sponsors Link

10. Sering Kehilangan Keseimbangan Tubuh

Kurangnya konsentrasi yang dialami akan berimbas pada kehilangan keseimbangan pada tubuh. Ditambah dengan rasa pusing yang mendera akan membuat penderita penyakit mudah jatuh terutama pada saat bangun dari tempat tidur. (Baca juga : cara mengobati ginjal secara tradisional )

11. Merasa Sakit Disekitar Pinggang

Rasa sakit disekitar pinggang merupakan hal paling umum dan menjadi ciri-ciri penyakit ginjal. Hal ini berkaitan dengan posisi ginjal yang berada di antara pinggang. Sehingga jika terjadi masalah dengan ginjal maka akan menimbulkan rasa nyeri pada pinggang.

12. Rasa Sakit Saat Buang Air Kecil

Pada penderita penyakit ginjal terutama batu ginjal akan merasakan nyeri saat buang air kecil. Hal ini dikarenakan adanya batu ginjal yang menekan saluran kandung kemih. Sehingga akan menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

13. Terganggunya Produksi Hormon

Salah satu fungsi utama ginjal adalah membantu dalam produksi hormon. Jika fungsi ginjal terganggu maka akan menyebabkan terganggunya produksi hormon. (Baca juga : cara mengobati ginjal bocor )

14. Osteoporosis / Pengeroposan Tulang

Kurangnya asupan vitamin D baik dari makanan atau cahaya matahari. Akan menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hal ini karena ginjal tidak mampu menyerap vitamin D baik yang diserap melalui makanan atau cahaya matahari.

ads

15. Sedikitnya Jumlah Urine yang Dikeluarkan

Fungsi utama ginjal adalah mengeluarkan sisa metabolisme berupa urine. Jika ginjal terganggu maka akan berpengaruh pada jumlah urine yang dikeluarkan. Jumlah urine yang dikeluarkan akan sedikit. Jika anda meminum dalam jumlah banyak namun jumlah urine yang dikeluarjan sedikit. Bisa jadi pertanda ginjal sedang dalam masalah.

16. Lebih Mudah Lupa

Menurunnya asupan oksigen didalam tubuh, akan berpengaruh pada daya ingat atau memori otak. Penderita penyakit ginjal. Hal ini tentunya akan menyebabkan penderita mengalami cepat mudah lupa untuk mengingat sesuatu.

17. Urine Berwarna Keruh

Pada kondisi normal warna urine adalah kuning bening. Salah satu ciri ciri penyakit ginjal yang lainnya adalah terjadinya perubahan warna ada urine. Warna urine kuning kecoklatan atau kemerahan menjadi indikasi adanya gangguan pada ginjal anda. (Baca juga : penyebab radang ginjal )

18. Mengalami Demam

Salah satu ciri lain yang di alami penderita penyakit ginjal adalah mengalami deman dalam watu yang lama. Demam terjadi karena terganggunya sistem imun akibat adanya serangan bakteri dan virus yang masuk. Demam pun tidak kunjung sembuh walaupun telah diobati.

19. Sering Mual Disertai Muntah

Perasaan mual yang dirasakan disebabkan karena terjadinya penumpukan cairan yang masuk ke lambung. Adanya tumpukan cairan yang berlebih ini menyebabkan lambung tertekan sehinhga akan menimbulkan perasaan mual dan disertai muntah.

20. Pembengkakan Pada Tubuh

Terganggunya fungsi ginjal akan menyebabkan adanya tumpukan limbah berupa cairan sisa metabolisme yang tidak dapat dikeluarkan tubuh. Sisa cairan ini kemudian menumpuk dan terkonsentrasi peda beberapa bagian tubuh. Tumpukan cairan inilah yang menyebabkan timbulnya pembengkakan pada bagian tubuh. (Baca juga : cara mengobati ginjal bengkak )

21. Perut Kembung

Menumpuknya cairan pada lambung akan membuat perut kembung. Dan memberikan perasaan nyaman pada perut.

22. Nafsu Makan Menurun

Kondisi tidak nyaman yang disebabkan karena perut kembung akan memberikan  efek pada menurunya nafsu makan. Penurunan ini akan menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.

23. Hermaturia

Kondisi Hermaturia atau adanya darah dalam urine merupakan tahap akhir dari terganggunya fungsi ginjal. Jika telah muncul darah dalam urine maka bisa dipastikan bahwa kondiai ginjal anda tidak benar benar baik. (Baca juga : ciri-ciri kanker ginjal )

24. Sering Mengalami Kram

Terjadinya penumpukan cairan yang berkebih didalam tubuh. Kn menyebabkan reaksi dari otot dan syaraf. Timbulnya rasa keram akibat adanya reaksi yang diberikan otot dan syaraf akibat gangguan ginjal yang ditimbulkan.

25. Insomnia / Sulit Tidur

Kesulitan bernafas dan perut kembung akan memberikan dampak pada rasa ketidaknyamanan saat tidur. Hal ini akan memimbulkan gangguan tidur atau insomnia.

26. Pembengkakan Pada Pelupuk Mata

Salah satu indikasi adanya gangguan pada fungsi ginjal adalah timbulnya pembengkakan pada pelupuk mata. Caira sisa metabolisme yang tidak bisa dikeluarkan tubuh akan menemouk dan memenuhi pelupuk mata. (Baca juga : diabetes insipidus )

27. Pembengkakan Pada Buah Zakar

Ciri-ciri penyakit ginjal pada pria yang paling dapat dilihat adalah adanya pembengkakan pada buah zakar. Jika ukuran buah zakar tidak norma dn lebih besr dari biasanya maka segera periksakan ke dokter. Bisa jadi inierupakan salah satu tanda anda mengalami penyakit ginjal.

28. Pembengkakan Pada Lutut

Salah satu bagin tubuh yang akan mengalami pembengkakan karena penyakit ginjal adalah bagian lutut. Hal ini karena sisa cairan tibuh akan menumpuk di lutut.

29. Timbul Busa Pada Urine

Ciri-ciri penyakit ginjal lainnya adalah timbulnya busa pada urine. Pada urine yang dikeluarkan akan timbul adanya buih yang lebih mirip dengan busa. Tentu hal ini terjadi pada kondiai ginjal yang sehat. Timbulnya busa ini bisa jadi adanya indikasi radang ginjal akibat kerusakan nefron ginjal.

30. Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Menyempitnya pembuluh darah akibat radang ginjal tentu akan menimbulka dampak lain pada tubuh. Salah satunya adalah terjadinya hipertensi  / tekanan darah tinggi. Dengan demikian selain penyakit ginjal anda juga akan menderita komplikasi darah tinggi. (Baca juga : penyebab kista di ginjal )

31. Peradangan Pada Lapisan Perut

Melemahnya sistem imun akibat degenerasi fungsi ginjal akan menyebabkan bakteri lebih mudah menyerang tubuh. Salah satu organ yang rentan terkena serangan bakteri adala perut. Serangan tersebut akan menimbulkan peradangan pada lapisan perut. Tentunya hal ini akan menimbulkan rasa nyeri dan pedih di perut.

32. Bekas Kencing yang Dikeribuni Semut

Ciri-ciri penyakit ginjal lain seperti ginjal glukosaria adalah adanya semut yang mengerubungi bekas urine. Hal ini disebabkan karena kandungan gula yang berlebih pada urine.

33. Kesulitan Buang Air Kecil

Penyakit ginjal seperti batu ginjal akan menyebabkan rasa kesulitan saat akan buang air kecil. Kesulitan ini disebabkan karena terbentuknya kristal urine yang mengeras dan mengakibatkan tersumbatnya saluran kemih.

34. Pertumbuhan Terganggu

Penyakit gunjal tidak hanya menyerang orantua dan dewasa. Anak-anak pun memiliki resiko terserang penyakit ginjal. Salah satu ciri-ciri penyakit ginjal pada anak adalah terganggunya pertumbuhan anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak akan terganggu jika orgam vital seperti ginjal mengalami kerusakan. (Baca juga : makanan pembersih ginjal)

35. Mata Sembab

Ciri penyakit ginjal pada anak adalah menyebabkan mata sembab. Namun komdisi ini hanya akan terjadi pada pagi hari dan akan menghilang pada siang harinya. Namun keesokan paginya akan timbul kembali bengkak pada mata.

36. Mengalami Diare

Diare disebabkan karena adanya infeksi bakteri pada saluran pencernaan. Terjadinya diare dalam waktu yang lama pada anak juga patut diwaspadai.bisa jadi hal itu merupaka  pertanda adanya gangguan pada ginjal.

37. Albuminuria / Berkurangnya Kadar Albumin Dalam Darah

Kerusakan filter pada ginjal akan menyebabkan kadar albumin dalam darah menurun. Penyakit ginjal yang disebabkan karena kondisi ini disebut albuminuria. Berkurangnya kadar albumin dalam darah akan menyebabkan lamanya penyembuhan pada luka.

38. Urine Berbau Tidak Sedap

Urine memiliki bau yang khas. Bau tersebut bisa salah satu menjadi pertanda kondisi kesehatan ginjal. Jika urine anda berbau tidak sedap dan berbeda dari bau urine biasanya maka segera lakukan kunjungan ke dokter untuk mengkonsultasikannya. Karena bau ini bisa menjadi sebuah sinyal bahwa kodisi ginjal anda sedang bermasalah. (Baca juga : makanan perusak ginjal )

39. Iritasi Kulit

ciri-ciri penyakit ginjal lainny yang dapat ditunjukan adalah terjadinya iritasi pada bagian kulit. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan limbah dibawah permukaan kulit yang kemudian membuat kulit terasa gatal dan menimbulkan iritasi.

Sponsors Link

40. Lidah Berasa Mencecap Logam

Pada penderita penyakit ginjal tahap hal yang akan dirasakan adalah adanya perasaan seperti merasakan logam saat mencevap makanan. Timbunan limbah dan kotoran yang telah menumpuk di dalam tubuh akan membuat lidah mengalami perasaan seperti mencecap rasa logam. Tentunya hal ini harus sangat diwaspadai. Karena merupakan pertanda buruk bagi ginjal anda. (Baca juga : penyebab uremia )

Anda patut waspada jika mengalami lebih dari 5 ciri-ciri penyakit ginjal seperti diatas, itu bisa menjadi pertada bahwa ginjal anda sedang dalam performa yang tidak baik. Mengetahui ciri-ciri penyakit ini sangatlah penting karena akan bisa menentukan langkah dalam pengobatan selanjutnya. Segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab pastiny. Jika kondisi serius tentunya akan dapat membantu untuk bisa mendapatkan pertolongan perawatan dan pengobatan medis lebih awal.

Penyebab Penyakit Ginjal

Tidak ada sebab tanpa akibat. Begitupun dengan penyakit, tidak ada ciri-ciri penyakit ginjal jika tidak ada penyebabnya. Berikut akan diuraikan penyebab-penyebab penyakit ginjal yang wajib anda ketahui.

1. Adanya Gangguan pada Sistem Auto Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari serangan-serangan bakteri ataupun virus yang bisa menganggu kesehatan tubuh. Sedangkan kondisi auto imun terjadi ketika sistem imun malah merusak dan menganggu kinerja organ tubuh. Dengan kata lain sistem imun malah berbalik menyerang tubuh. Kondisi yang demikian terjadi pada penderita penyakit Lupus dan HIV/AIDS. Kedua penderita penyakit tersebut akan otomatis menderita penyakit ginjal. Pada penderita lupus dan HIV/AIDS sistem imum akan menyerang organ ginjal dan membuatnya tidak bisa bekerja sebagaimana fungsinya.

2. Adanya Infeksi pada Ginjal

Infeksi terjadi pada saat bakteri dan virus berhasil masuk kedalam tubuh. Virus dan bakteri kemudian menginfeksi ginjal dan membuat terjadinya peradangan pada ginjal. Infeksi ini dapat berasal dari leptospira atau bakteri yang berada pada kencing tikus. Infeksi leptospira akan membuat kapsul ginjal mengalami peregangan dan pembengkakan. Akibatnya seseorang yang tekena infeksi ginjal akan mengalami nyeri yang luar biasa serta dibarengi dengan demam yang tinggi. (Baca juga : khasiat buah sukun untuk ginjal )

3. Terjadinya Inflamasi pada Filter Ginjal

Kerusakan pada sistem penyaringan atau filter ginjal akan menyebabkan penyakit nefritis glomerulus. Penyakit ini akan menyebabkan terjadinya peradangan pada ginjal. Akibatnya ginjal tidak memiliki kemampuan untuk menyaring urin dan kotoran. Sehingga kotoran dan limbah akan menumpuk didalam tubuh.

4. Penggunaan Obat-obatan Terlarang

Mengkonsumsi obat-obatan terlarang dalam jangka waktu yang lama akan membuat ginjal bekerja ekstra keras. Hal ini tentunya akan membebani kinerja ginjal. Kemampuan ginjal akan terus menurun karena dipaksa untuk teris berkerja dalam durasi waktu yang lama. Menurunnya kemampuan ginjal akan berakibat pada timbulnya penyakit ginjal. (Baca juga : ciri ciri batu ginjal pada wanita )

5. Komplikasi dari Penyakit Kronis

Penyakit seperti Hepatitis B, diabetes, dan hipertensi akan mengakibatkan komplikasi dan berujung pada terganggunya fungsi ginjal. Komplikasi tersebut terjadi akibat dari beratnya kerja ginjal. Sehingga lama kelamaan ginjal akan mengalami kerusakan dan tidak bisa menjalankan fungsi  sebagaimana mestinya.

6. Terbentuknya Batu Ginjal

Batu ginjal tebentuk dari urine yang mengalami pengkristalan. Batu ginjal menyebabkan penyumbatan pada saluran kencing. Akibatnya akan menimbulkan perasaan nyeri dan timbulnya rasa sakit. Hal ini disebabkan karena aliran urin terhenti akibat adanya batu ginjal yang menghambat. Kondisi demikian menyebabkan pembengkakan pada kandung kemih.

Mengatasi Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal tidak hanya bisa menyerang orang tua dan dewasa saja melainkan anak-anak juga bisa terserang penyakit yang satu ini. Tentunya hal ini mengartikan bahwa setiap orang memiliki resiko untuk terserang penyakit ini. Ada beberapa cara yang bisa lakukan untuk mengatasi penyakit ginjal baik secara alami ataupun mengunakan metode pengobatan. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut : (Baca juga : tips menjaga kesehatan ginjal )

  • Jangan menahan keinginan untuk kencing
  • Perbanyak minum air putih
  • Mengurangi asupan garam
  • Meminum minuman sehat
  • Konsumsi sayuran dan buah
  • Memperbanyak konsumsi buah manggis
  • Menghindari alkohol dan merokok
  • Olahraga rutin
  • Tidak mengkonsumsi sembarang obat tanpa resep dokter
  • Hindari konsumsi produk herbal atau jamu berlebih
  • Perbanyak komsumsi buah beri
  • Lakukan manajemen peda penyakit diabetes, hipertensi dan jantung

Itulah tadi 40 ciri ciri penyakit ginjal yang wajib anda ketahui beserta penyebab dan cara mengatasinya. Kesehatan ginjal merupakan  sesuatu yang sangat mahal harganya. Oleh karena itu, lakukan hal ringan seperti biasakan pola hidup sehat dan perbanyak konsumsi air putih agar kesehatan ginjal anda tetap terjaga. Jika mengalami lebih dari 5 ciri diatas, segera periksakan dan kosultasikan diri ke dokter. Semakin dini anda mengetahuinya semakin mudah perawatan dan pengobatannya. Dan tentunya sayangi ginjal anda. Semoga artikel ini membantu.

Sponsors Link
>
, , , , ,