Sponsors Link

10 Ciri Ciri Kram Ginjal yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Ginjal merupakan dua buah organ yang ada di sisi tubuh bagian belakang atas lebih tepatnya area bawah tulang rusuk. Saat ginjal mengalami gangguan, memperlihatkan ciri ciri penyakit ginjal dan tidak bisa berfungsi seperti seharusnya, maka menyebabkan gangguan metabolisme tubuh serta cairan berlebih yang akan menumpuk di dalam tubuh.

ads

Salah satu masalah yang bisa timbul saat ginjal mengalami gangguan adalah kram ginjal yakni kram pada otot di sekitar ginjal yang terjadi karena penumpukan cairan dalam tubuh yang membuat otot dan saraf bereaksi. Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas tentang beberapa ciri ciri kram ginjal yang harus anda waspadai.

  1. Nyeri Area Perut

Kram atau kontraksi yang terjadi pada ginjal baik bagian kanan dan kiri bisa menimbulkan rasa sakit di area perut. Kram tersebut juga akan membuat perut melilit dan semakin lama akan semakin tidak tertahankan hingga penderita seringkali mengkonsumsi obat untuk meredakan rasa sakit tersebut.

  1. Sakit Saat Buang Air Kecil

Ciri ciri kram ginjal yang juga menjadi gejala awal penyakit ginjal mudah dikenali berikutnya adalah rasa sakit yang terjadi saat buang air kecil yang menjadi pertanda jika ginjal sudah terinfeksi sehingga menimbulkan rasa sakit yang sangat mengganggu saat sedang buang air kecil.

  1. Nyeri Bagian Punggung

Kram ginjal yang menjadi salah satu masalah organ ginjal nantinya juga bisa menimbulkan rasa nyeri di sekitar area punggung. Saat kram sudah berkembang semakin parah, maka rasa sakit juga semakin menyebar hingga akhirnya menjalar ke bagian punggung bawah sampai terasa juga ke pangkal paha.

  1. Kencing Disertai Darah

Saat sedang buang air kecil dan disertai dengan darah yang merupakan ciri ciri ginjal bermasalah, maka ini menjadi pertanda dari masalah pada organ ginjal yang tidak boleh diabaikan. Urin yang berubah warna menjadi lebih pekat ini memang bisa dijadikan pertanda berbagai masalah ginjal seperti salah satunya kram ginjal.

  1. Fungsi Kemih Mengalami Perubahan

Ciri ciri kram ginjal selanjutnya adalah terjadi perubahan baik jumlah dan juga frekuensi berkemih. Gangguan gangguan yang bisa terjadi diantaranya adalah peningkatan atau penurunan jumlah urin yang keluar saat berkemih khususnya saat malam hari. Urin nantinya juga bisa berubah warna menjadi lebih gelap dari sebelumnya dan sering merasa ingin buang air kecil namun tidak keluar saat sudah sampai di kamar mandi.

  1. Badan Terasa Lelah dan Lemah

Saat organ ginjal dalam keadaan sehat, maka organ tersebut akan menghasilkan hormon eritropoietin yang berguna untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah. Namun saat ginjal mengalami gangguan seperti kram ginjal, maka kadar hormon ini juga mengalami penurunan yang bisa menyebabkan anemia dan berbagai gejala penurunan fungsi tubuh seperti kelelahan ekstrim yang juga menjadi ciri ciri penyakit ginjal stadium awal.

Sponsors Link

  1. Susah Berkonsentrasi

Saat kram ginjal terjadi, maka rasa sakit yang ditimbulkan juga akan berdampak ke beberapa organ lain di dalam tubuh termasuk otak. Akhirnya, kemampuan otak juga akan mengalami penurunan yang membuat penderita semakin sulit untuk berkonsentrasi, sering pusing dan juga sakit kepala.

  1. Menggigil dan Kedinginan

Ciri ciri kram ginjal atau ginjal rusak selanjutnya adalah timbul masalah seperti kedinginan dan menggigil meski suhu di sekitar sedang hangat. Kram ginjal yang disebabkan karena infeksi ginjal atau pielonefritis inilah yang nantinya menyebabkan menggigil disertai dengan demam serta kedinginan.

  1. Mengalami Sesak Nafas

Apabila kram ginjal yang terjadi sudah sangat parah, maka nantinya bisa membuat cairan juga menumpuk pada paru paru yang akhirnya menyebabkan penderita mengalami sesak nafas. Sesak nafas ini sebenarnya juga bisa terjadi karena berbagai penyakit lain seperti anemia atau beberapa penyakit ginjal yang disebabkan karena kurangnya aliran oksigen dalam tubuh.

Sponsors Link

  1. Nafsu Makan Menurun

Nafsu makan yang mengalami penurunan juga menjadi ciri ciri kram ginjal dan juga tanda tanda ginjal rusak selanjutnya yang terjadi karena rasa sakit serta racun dan limbah yang menumpuk karena kram ginjal tersebut. Hal inilah yang nantinya membuat nafsu makan penderita semakin berkurang dan bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain karena tubuh kekurangan gizi.

Beberapa ciri ciri kram ginjal yang sudah kami sebutkan diatas memang terlihat seperti gejala penyakit ginjal atau beberapa masalah dalam tubuh lainnya sehingga agak sedikit sulit untuk dibedakan. Untuk itu, pemeriksaan dokter atau tenaga medis memang dibutuhkan untuk mendeteksi penyebab dari beberapa ciri penyakit diatas.

Sponsors Link
>
, , ,