Sponsors Link

15 Ciri Ciri Kanker Ginjal : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Uremia

ads

Dengan melihat peran serta fungsi utama nya, maka tak diragukan lagi ginjal merupakan salah satu organ vital. Peran ginjal bagi tubuh kita adalah mendukung penyaringan kotoran dari darah. Setelah melalui proses penyaringan kotoran yang ada pada darah akan diubah menjadi urin. Sebagai salah satu penyakit yang paling ditakuti, kanker ginjal juga dapat menyerang organ ginjal kita dan dampaknya adalah kerusakan pada fungsi organ tersebut. Penyakit ini ditakuti karena pengobatan yang belum secara pasti ditemukan jika kondisi sudah cukup parah. Oleh karena itu mencegah atau mendeteksi secara dini ciri – ciri kanker ginjal menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Di bawah ini kami jelaskan gejala awal atau ciri – ciri penyakit kanker ginjal, yakni sebagai berikut :

  1. Warna Urin Berubah

Salah satu gejala utama yang paling diwaspadai adalah perubahan pada warna urin. Kita sudah mengatahui bahwa warna urin itu dapat menunjukkan kondisi tubuh kita.

Dalam kondisi tubuh yang sehat dan tidak kekurangan air putih warna urin adalah bening, atau mungkin agak kekuningan. Namun bagi tubuh yang terindikasi gejala kanker ginjal, warna urin akan berubah menjadi agak merah muda, atau bahkan sampai menjadi agak gelap seperti cola yang tandanya urin bercampur darah.

  1. Nyeri Punggung

Gejala ini biaasanya dirasakan ketika buang air kecil. Oleh karena itu bila kita menemukan urin berubah warna kemudian diikuti juga dengan rasa nyeri pada punggung seperti ditekan, segeralah periksakan ke dokter. Pemeriksaan yang dilakukan dapat menjelaskan penyebab nyeri punggung yang terjadi. Apakah karena faktor kelelahan atau memang benar indikasi dari penyakit kanker ginjal.

Baca juga :

  1. Benjolan Tak Wajar

Sama halnya dengan kasus kanker lainnya, kemunculan kanker ginjal juga ditandai dengan timbulnya benjolan di area sekitar. Oleh karena itu bila menemukan suatu benjolan kecil yang tidak wajar dan tidak menimbulkan rasa gatal di samping tubuh, coba periksakan ke dokter secepatnya. Benjolan tidak normal ini awalnya tidak menimbulkan rasa sakit, namun bila dibiarakan lama – kelamaan akan membesar. Benjolan itu pada umumnya biasa disebut tumor.

  1. Penurunan Nafsu Makan

Penurunan nafsu makan yang tiba – tiba terjadi juga bisa menjadi indikasi atau ciri – ciri awal dari kanker ginjal. Hal ini terjadi karena mulut terasa pahit yang ditimbulkan dari kondisi tak normal dalam tubuh. Memang turun nya nafsu makan tidak selalu menjadi tanda bahwa seseorang menderita kanker ginjal, namun jika dibarengi oleh gejala – gejala lainnya, segeralah periksakan agar kita tahu kondisi tubuh kita.

  1. Kehilangan Berat Badan

Karena kehilangan nafsu makan maka wajar bila berat badan juga tiba – tiba berkurang drastis. Penurunan berat badan ini terjadi ketika selera makan tidak kembali seperti normalnya dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga tibuh juga mengalami kekurangan asupan gizi.

Baca juga :

  1. Area Testis Membengkak

Khusus pada pria, ada kondisi seperti adanya pembengkakan di daerah testis dan ini bukanlah hal yang wajar. Dalam hal ini kita harus melihat apakah ada gejala lain yang terjadi. Karena suatu pembengkakan pada area testis juga dapat menjadi indikasi dari penyakit lain.

Sponsors Link

  1. Pergelangan Kaki Membengkak

Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui bahwa pergelangan kaki yang membengkak merupakan suatu gejala penyakit jantung. Namun ternyata hal itu juga bisa menjadi gejala dari penyakit kanker ginjal. Apalagi jika disertai oleh gejala – gejala lain yang bermunculan.

  1. Demam

Demam ini dapat terjadi dimungkinkan karena penurunan selera makan yang sudah terjadi. Selain penurunan berat badan, kekurangan asupan nutrisi atau pun cairan juga akan memudahkan tubuh mengalami demam. Demam ini terjadi sebagai suatu respon tubuh akibat serangkaian gejala sebelumnya oleh karena itu perlu diwaspadai juga.

  1. Tubuh Cepat Lelah

Sama halnya dengan demam, tubuh yang kelelahan juga dapat terjadi karena penurunan nafsu makan yang terjadi. Hilangnya nafsu makan menyebabkan tubuh kekurangan asupan nutrisi untuk beraktifitas. Inilah penyebab dari tubuh yang kelelahan, semakin lemas tubuh tentunya akan membatasi semua aktifitas bahkan untuk makan dan minum.

  1. Mengalami Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Gejala ini memang tidak selalu terjadi, namun adakalanya gangguan fungsi pada ginjal juga diikuti oleh adanya tekanan darah tinggi, meskipun kita tidak merasa stress sekalipun.

ads
  1. Mengalami Kekurangan Darah Atau Anemia

Sama halnya dengan darah tinggi, gejala anemia juga tidak selalu terjadi mengikuti gejala penyakit kanker ginjal lainnya.

Baca juga :

  1. Sering Mengalami Pusing

Akibat kurang nya asupan nutrisi tubuh juga akan sering mengalami pusing, gejala anemia juga tidak selalu terjadi mengikuti gejala penyakit kanker ginjal lainnya.

  1. Adanya Sebuah Massa Di Perut

Maksudnya adalah suatu kondisi dimana ada sebuah keanehan yang dirasakan dalam perut karena adanya benjolan yang mungkin tidak bisa terlihat dari luar (fisik).

  1. Rasa Sakit Pada Salah Satu Sisi

Umumnya gangguan pada organ ginjal terjadi pada satu bagian saja. Ketika kanker ginjal salah satu bagian yang dijangkit akan merasakan rasa sakit yang tak kunjung sembuh.

  1. Tubuh Merasa Tidak Nyaman

Dengan banyak nya gangguan atau gejala yang terjadi, tubuh tentu akan merasakan suatu ketidaknyamanan meskipun kanker ginjal belum parah.

Baca juga :

Penyebab Kanker Ginjal

Seperti halnya kanker jenis lainnya, kanker ginjal kebanyakan akan menyerang penderita dengan usia lanjut (berkisar antara 50 – 65 tahun). Namun tidak menutup kemungkinan juga akan diderita pada orang dengan usia dibawah 50 tahun. Terutama jika beberapa hal ini tidak dihindari, berikut penyebab kanker ginjal :

  • Seorang perokok aktif memiliki resiko dua kali lipat untuk terkena kanker, termasuk juga kanker ginjal.
  • Kontak dengan bahan kimia tertentu. Hal ini dimaksudkan bagi seseorang yang sering atau keseharian nya berhadapan dengan bahan – bahan kimia seperti pewarna aniline dan jenis logam berat.
  • Obesitas atau kegemukan.
  • Asupan obat penghilang rasa sakit kronis. Sebaiknya pengonsumsian obat – obatan seperti parasetamol dan obat anti pembengkakan tanpa steroid seperti ibuprofen dan aspirin.
  • Kanker ginjal bawaan (faktor gen yang rusak).

Baca juga :

Sponsors Link

Cara Mengatasi Kanker Ginjal

Ketika gejala – gejala tersebut muncul secara intens dan berkelanjutan, dianjurkan untuk segera ke dokter untuk melakukan metode diagnosa atau pendeteksian penyakit. Metode diagnosa yang biasanya dilakukan oleh dokter kepada penderita yang mengalami gejala kanker ginjal antara lain:

  • Tes Darah dan Urin.
  • Tes Sitoskopi.
  • Biopsi Kanker.
  • Tes USG.
  • CT dan MRI Scan.
  • X-ray

Baca juga :

Setelah terindikasi penderita menderita kanker ginjal, sebagai langkah awal untuk mengatasi penyakit ini selain minum obat dan perawatan medis yaitu :

  • Olahraga rutin. Hal ini merupakan suatu hal yang penting, meskipun penderita memiliki penyakit kanker bukan berarti bahwa diharuskan istirahat total dan tidak diperbolehkan bergerak aktif sama sekali. Justru berolahraga rutin menjadi salah sat tips yang sangat dianjurkan. Dalam satu minggu, lakukan kegiatan olahraga dengan total waktu 2,5 jam. Olahrag yang dimaksudkan juga bebas dan tidak harus sama tiap minggunya, bisa saja bersepeda, berenang, berlari, atau berjalan cepat, usahakan agar olahraga dilakukan secara rutin agar kesehatan ginjal dapat terjaga.
  • Konsumsi makanan berserat. Meskipun banyak orang berpendapat bahwa makanan berserat tidak boleh dikonsumsi penderita kanker ginjal, namun pada kenyataan nya itu tidak sepenuhnya benar. Karena lebih tepatnya harus ada batasan dalam pengonsumsian makanan berserat tinggi bagi para penderita gagal ginjal. Justru sebaliknya untuk pengidap kanker ginjal, makanan seperti buah, sayur, dan biji-bijian akan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Salah satu nya adalah ikan yang kandungan vitamin D nya dapat menurunkan resiko kanker, termasuk juga kanker ginjal. Namun tidak semua ikan yang dianjurkan, dalam hal ini adalah makarel, sarden dan juga salmon.
  • Mengonsumsi makanan berlemak
  • Makanan dengan kadar garam rendah.
  • Tidak merokok (aktif) serta menjauhi asap rokok (pasif).

Dengan melihat penjelasan diatas harapan kami agar kita semua dapat mencegah dengan merawat ginjal kita serta melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Tidak lupa juga agar selalu minum air putih sebagai salah satu obat mujarab yang sangat baik bagi organ ginjal.

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi