Sponsors Link

7 Ciri Ciri Kandung Kemih Bocor – Penyebab dan Pemeriksaannya

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting didalam tubuh manusia. Karena organ ginjal salah satu organ yang terlibat dalam proses metabolisme didalam tubuh manusia.Dimana metabolisme yaitu proses menyeimbangkan tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

ads

Saat ini kasus penyakit ginjal terus meningkat. Kasus-kasus ginjal antara lain ginjal tapal kuda , hidronefrosis grade, asidosis tubulus renalis dan hidronefrosis bilateral serta masih banyak lagi. Selain itu kasus penyakit ginjal yang semakin meningkat tiap tahunnya yaitu kasus kebocoran kandung kemih atau kandung kemih bocor. Berikut mengenai penjelasan kandung kemih bocor yang mengakibatkan seseorang kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari.

Ciri Ciri Kandung Kemih Bocor

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai ciri ciri kandung kemih bocor perlu kita ketahui terlebih dahulu mengenai penjelasannya. Kandung kemih bocor atau biasanya pada sebutan medis Overactive Bladder (OAB ) merupakan kondisi dimana kandung kemih beraktivitas secara belebihan sehingga mengakibatkan seseorang tersebut berkemih terus menerus. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya kerusakan pada beberapa persarafan yang terdapat pada otot kandung kemih, selain itu juga terdapat kerusakan otot-otot area panggul yang berperan dalam proses berkemih.

Pada OAB atau kandung kemih bocor biasanya akan sering berkemih pada saat siang hari dan malam hari,serta  kadang masih disertai mengompol. Namun sebenarnya penyebab pasti dari OAB ini belum diketahui secara jelas akan tetapi terdapat beberapa peneliti yang mengatakan bahwa penyebab dari OAB yaitu kerusakan sistem saraf pusat seperti pada kondisi stroke , penyakit parkinson’s , mutiple sclerosis serta kerusakan pada saraf tulang belakang.

Penyebab ginjal rusak juga dapat dikatakan sebagai akibat dari saluran kemih yang bocor. Saat saluran kemih bocor atau OAB maka akan menunjukkan beberapa karakteristik apabila terjadi kebocoan. Berikut mengenai ciri ciri apabila kandung kemih bocor:

1. Sulit Tidur

Sering sekali seseorang yang mengalami kebocoran pada kandung kemih akan mengalami gangguan tidur. Jam tidur yang berantakan membuat keadaan tidak semakin membaik bahkan cenderung memburuk. Tidur merupakan salah satu hal yang penting dalam proses penyembuhan , karena dimana saat tidur akan membuat organ dalam tubuh kita beristirahat dan beregenerasi.Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mendapatkan tidur minimal 6-7 jam per harinya. Komplikasi hidronefrosis pada ginjal biasanya merupakan kndisi yang nantinya akan mendapati sulit tidur seperti pada kondisi kandung kemih yang bocor.

2. Sering Kencing

Seseorang yang terkena kodisi OAB atau kandung kemih bocor biasanya dalam sehari akan buang air kecil lebih dari delapan jam selama sehari. Hal tersebut akan membuat aktivitas sehari-harinya terganggu. Selain itu banyaknya cairan yang dikeluarkan didalam tubuh , dikhawatirkan terjadi dehidrasi . Untuk itu dianjurkan untuk mengkonsumsi air secukupnya. Hubungan dehidrasi dengan ginjal sangat erat sekali , kaena pada dasarnya akan berdampak pada sistem kerja ogan ginjal.

Sponsors Link

3. Tiba-tiba Mengompol

Biasanya seseorang yang memiliki kandung kemih yang bocor akan mengalami kontraksi tiba-tiba pada area otot yang bekerja pada pengeluaran urin. Seseorang penderika kandung kemih bocor sering kali tiba-tiba mengompol tanpa disadari.Otot-otot polos dan berlapis yang mengelilingi otot kandung kemih (otot destrusor ) secara spasmodik , akan menghasilkan tekanan tinggi sehingga kebutuhan mendesak untuk buang air kecilpun menjadi sangat tinggi. Biasanya otot-otot destrusor akan beronstrksi dan rileksasi dalam menanggapi volume urine di kandung kemih serta dalam inisiasi buang air kecil. Penyebab ginjal rusak kemungkinan juga karena otot-otot tersebut mengalami masalah.

ads

4. Tidak Kuat Menahan Air Kencing

Kondisi seperti ini sangat umum terjadi pada penderita OAB , merek sulit mengendalikan saat urine akan keluar.Hal tersebut justru akan berdampak pada aktivitas seseorang. Seseorang akan cenderung berdiam diri dirumah karena takutt apabila saat melakukan aktivitas di luar lingkungan tidak bisa menahan kencing , sehingga mengompol. Hal ini disebut dengan kencing yang tak terkendali.

5. Rasa Cemas

Rasa kecemasan yang tinggi biasanya yang sering terjadi pada penderita OAB. Mereka cenderung mempunyai kecemasan yang tinggi , karena tidak dapat mengendalikan saat ingin buang air kecil. Sewaktu-waktu dan tiba-tiba mereka takut apabila saat berada di luar rumah dan merasa ingin buang air kecil dan tidak biasa manahannya. Solusi untuk mengatsinya yaitu dengan menggunakan pampers setiap saat.

6. Sering Terbangun di Malam Hari

Selain itu biasanya seseorang dengan kondisi OAB akan sering terbangun secara tiba-tiba di malam hari karena ingin buang air kecil , dan biasanya hal tersebut terjadi berlebihan atau sering terjadi. Sehingga pada seseorang dengan OAB tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Makanan yang boleh dimakan penderita ginjal mungkin juga dapat dikonsumsi oleh kondisi OAB untuk memperbaiki nutrisi , sehingga memperbaiki jaringan sel-sel yang berpengaruh pada otot-otat yang berperan untuk mengendalikan saat kencing menjadi baik.

7. Sering Kencing tapi Tidak Tuntas

Sering sekali pnderita OAB kencing , aka tetapi setiap mereka buang air kecil , urine yang dikeluarkan sedikit demi sedikit dan tidak pernah tuntas. Hal tersebut sangat membuat tidak nyaman. Selain itu mereka seringkali tanpa sadar keluar urine yang sedikit di celananya, saat mereka batuk maupun bersin akan membuat resiko buang air kecil yang sedikit lebih tinggi.

Penyebab dan Pemeriksaan Kandung Kemih Bocor

Kista ginjal kanan , Ginjal akut , ginjal bengkak merupakan kondisi-kondisi penyakit ginjal yang disebabkan oleh beberapa faktor. Pada penderita OAB atau kandung kemih bocor disebabkan oleh beberapa hal sehingga perlu adanya pemeriksaan sebagai berikut :

  • Bakteriuria , ini merupakan penyebab kandung kemih bocor yang biasanya disebabkan oleh bakteri didalam urin sehingga terjadi infeksi.
  • Glikosuria , merupakan penyebab kandung kemih bocor yang kedua dan disebabkan oleh adanya kondisi kandungan glukosa yang berlebihan didalam urin. Hal ini juga mungkin menunjukkan adanya diabetes.
  • Hematuria , merupakan kondisi ditemukannya darah didalam urine , selain itu juga dapat dijadikan sebagai indikasi adanya penyakit pada ginjal.
  • Proteinuria , merupakan kondisi yang ditemukannya adanya kandungan protein yang berlebihan pada urin.Ini akan menunjukkan indikasi adanya penyakit lainnya seperti ginjal dan jantung.
  • Pyuria , merupakan salah satu kondisi yang menunjukkan adanya nanah didalam urin , hal ini biasanya terdapat pembengkakan dan infeksi.

Penjelasan diatas merupakan ciri ciri kandung kemih bocor serta hal yang menyebabkannya yang ditemukan dari beberapa pemeriksaan medis. Untuk itu dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penanganan yang secara baik dan benar.

Sponsors Link
>
, ,