Sponsors Link

9 Ciri Ciri Kandung Kemih Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ yang penting bagi manusia. Ginjal sendiri memiliki beberpa fungsi antara lain yaitu menyaring darah , menyeimbangkan cairan tubuh, menyeimbangkan ph didalam tubuh , membantu proses metabolisme dalam tubuh. Fungsi-fungsi ginjal tersebut sangat berpengaruh besarpada tubuh kita , apabila ginjal mengalami masalah maka tubuh secara otomatis juga akan bermasalah.

ads

Masalah pada ginjal biasanya disbabkan adanya penyakit ginjal. Jenis–jenis penyakit ginjal antara lain ginjal tapal kuda , infeksi ginjal kiri , asidosis tubulus renalis , ginjal bengkak sindrom hemolitik uremik dan lain sebagainya. Salah satu penyakit ginjal yang perlu kita ketahui yaitu infeksi kandung kemih. Untuk mengetahui infeksi tersebut kita perlu mengetahui ciri-ciri dari infeksi kandung kemih tersebut.

Ciri Ciri Kandung Kemih Bermasalah

Kandung kemih merupakan bagian dari sistem saluran kencing yang terrdapat pada tubuh manusia. Tidak hanya saluran kemih salah satu bagian yang berperan penting pun yaitu saluran ureter dan uretrauretra. Saluran kandung kemih dan saluran uretra saling bekaitan satu sama lain. SSaluran ureter berfungsi mengalirkan urine dari ginjal ke kandung kemih , selain itu uretra berfungsi untuk mengeluarkan urine dari kandung kemih keluar dari tubuh.

Akan tetapi banyak kasus atau kondisi yang membuat kandung kemih bermasalah seperti  radang kandung kemih , infeksi ginjal dan saluran kemih ,infeksi salurn kemih pada bayi , dan ciri ciri kandung kemih bocor. Kondisi-kondisi tersebut akan membuat beberapa masalah yang akan timbul di kehidupan seseorang. Hal tersebut akan membuat kualitas hidup seseorang menurun.

Faktor resiko tertinggi yang dapat terkena kondisi-kondisi tersebut adalah usia yang selalu bertambah. Berikut mengenai ciri ciri kandung kemih bermasalah.

1. Adanya Batu Kandung Kemih

Ciri apabila kandung kemih bermasalah yang pertama yaitu adanya kondisi batu kandung kemih didalam kandung kemih. Kondisi ini akan membuat seseorang mengalami masalah saat berkemih. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal dan turun ke kandung  kemih. Batu tersebut dapat menghambat aliran urine yang mau keluar sehingga menyebabkan rasa sakit. Batu ginjal dan batu kandung kemih mempunyai kesamaan pada adanya batu yang menghambat kerja organ ginjal. Apabila seseorang terkena kondisi ini maka akan dipastikan bahwa kandung kemih bermasalah , sehingga perlu adanya penanganan yang cepat untuk mengatasinya.

2. Inkontinensia Urine

Inkontinensia urine merpakan kondisi yang membuat kesulitan untuk menahan buang air kecil yang dapat menyebabkan buang air kecil tanpa kita sengaja. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor  dan untuk mengetahui faktor-faktor tersebut perlu dikonsultikan dengan dokter. Sehingga kita mengetahui cara pengobatan maupun penanganannya secara tepat dan benar. Selain itu sangan dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk ginjal dan jantung .

3. Retensi Urine

Retensi Urine ini merupakan salah satu ciri ciri kandung kemih bermasalah yang ditandai dengan urine tidak bisa keluar dari kandung kemih dengan lancar. Hal tersebut disebabkan karena akibat terhambatnya atau tertekannya aktivitas yang terjadi pada otot kandung kemih.  Apabila retensi urine ini tidak segera diatasi maka akan mengakibatkan kandung kemih membengkak karena menahan terlalu banyak urine.

Sponsors Link

4. Overactive Bladder

Kondisi lainnya yaitu ciri ciri kandung kemih bocor atau yang disebut OAB (Overactive Bladder). Hal ini atau kondisi ini merupakan salah satu penyebab umum dari inkontinensia urine. Kondisi ini disebabkan karena kerja dari kontrasi otot yang terlalu aktif dan berlebihan sehingga menyebabkan keluarnya urine akibat hasil dari kontraksi ersebut yag tidak bisa dikendalikan.

5. Cytitis

Kondisi ini merupakan salah satu yang menyebabkan atau karakteristik kandung kemih menjadi bermasalah. Dimana Cytitis merupakan peradangan atau infeksi yang membuat seseorang merasakan rasa sakit dan selalu ragu atau plin plan saat buang air. Selain itu juga kondisi ini akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih sering buang air kecil. Kondisi ini merupakan dampak atau akibat dari adanya infeksi saluran kemih dan juga akibat adanya pemasangan kateter urine. Bahaya alkohol bagi ginjal juga perlu kita perhatikan dan hindari. Karena hal itu dapat memperburuk kesehatan tubuh kita.

ads

6. Adanya Rasa Nyeri

Sat kandung kemih terjadi masalah maka akan membuat seseorang merasakan nyeri serta rasa terbakar dan menyengat saat mereka sedang buang air. Hal tersebt akan membuat perasaan tidak nyama pada penderita. Saat seseorang telah mengetahui ada yang bermasalah pada tubuhnya , maka sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter agar mengetaui diagnosis penyakit dan cara penanganannya. Pengaruh minuman energi terhadap ginjal juga perlu dihaindari karena dapat berakibat buruk terhadap ginjal , apalagi jika seseorang tengah mengalami masalah pada kandung keminhnya.

7. Adanya Demam Tinggi

Biasanya ciri yang utama saat tubuh bemasalah yaitu munculnya demam. Demam tergantung tingkat keparahan dari penyebab demam itu sendiri. Pada dasarnya demam diatasi atau ditangani dengan cara pemberian obat penurun demam seperti parasetamol. Namu tetap dianjurkan penggunaan obat oleh anjuran dokter.Ketahui  manfaat air kelapa untuk ginjal dan efek sampingnya yang diberikan saat kita sedang demam.

8. Sering Buang Air Kecil

Saat kandung kemih mengalami masalah biaanya akan ditemukan cici ciri berupa gejala seriing buang air kecil. Hal tersebut biasanya tidak bisa dikendalikan oleh penderita , sehingga mereka merasa tidak buang air namun sebenernya buang air. Maka tak jarang sekali seseorang yang mendapat masalah ini justru akan lebih berdiam diri dirumah , karena perasaanyang khawatir dan rasa yang tidak nyaman pada diirinya. Gejala kandung kemih turun pun juga perlu kita ketahui , karena kandung kemih turun juga merupakan salah satu ciri dari kandng kemih yang bermasalah.

9. Hematuria

Hematuria merupakan kondisi yang ditandai adanya darah ddalam urin. Hal ini menandakan bahwa ada yang bermasalah pada kandung kemih. Biasnya kondisi tersebut merupakan infeksi kandung kemih yang menyebabkan kandung kemih bermasalah. Tentunya kondisi ini akan membuat tubuh seseorang bermasalah dalam sistem kerja organnya salah satunya yaitu ginjal. Untuk itu saatt seseorang mendapati gejala ini sebaiknya segera berkonsultasii dengan dokter , sehingga tepat dalam penanganannya.

Penjelasan diatasa merupakan beberapa ciri ciri kandung kemih yang perlu kita ketahui. Sehingga saat pemberian pengobatan atau penanganan akan tepat dan benar.

Sponsors Link
>
, ,