Sponsors Link

Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Bawah dan Atas yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Infeksi saluran kemih merupakan salah satu jenis penyakit pada sistem urinaria manusia yang disebabkan oleh aktivitas bakteri. Bakteri tersebut biasanya masuk ke dalam saluran kemih karena beberapa keadaan. Bakteri yang meradang di saluran kemih itu bisa menciptakan masalah pada sistem kemih manusia. Infeksi saluran kemih itu sendiri dibedakan menjadi dua berdasarkan lokasinya, yaitu infeksi saluran kemih bawah dan infeksi saluran kemih atas. Berikut adalah beberapa ciri ciri infeksi saluran kemih bawah dan atas yang perlu diketahui.

ads

Ciri Infeksi Saluran Kemih Bawah

Penyakit Infeksi Saluran Kemih bawah bisa terjadi pada bagian kandung kemih dan juga uretra. Uretra itu sendiri adalah saluran yang menghubungkan kandung kemih dengan ruang luar. Beberapa ciri ciri infeksi saluran kemih bawah adalah:

  1. Rasa sering ingin buang air kecil

Salah satu ciri dari infeksi saluran bawah adalah rasa sering ingin buang air kecil. Bahkan rasa ingin buang air kecil ini bisa terjadi dalam hitungan menit saja. Bahkan rasa ingin buang air kecil ini juga bisa terjadi lebih sering di malam hari. Namun, ketika si penderita mencoba mengeluarkan urine, tidak akan ada urine yang keluar, atau urine hanya keluar sangat sedikit.

  1. Rasa nyeri di area kemaluan

Ciri lainnya dari infeksi saluran kemih bawah adalah rasa nyeri yang tumpul pada area kemaluan. Rasa nyeri pada kemaluan itu sendiri terasa sangat konstan dan terasa di sepanjang hari. Hal ini sering membuat kondisi kenyamanan menjadi berkurang.

  1. Rasa sakit ketika buang air kecil

Ciri ciri infeksi saluran kemih bawah lainnya adalah munculnya rasa sakit ketika buang air kecil. Rasa sakit ini bisa terasa seperti terbakar atau rasanya seperti panas. Rasa ini akan hilang ketika proses buang air kecil sudah berakhir. Namun, rasa tidak nyaman pada poin kedua tetap akan terasa sepanjang hari.

  1. Sakit punggung

Beberapa penderita dari infeksi saluran kemih bwah juga bisa merasakan rasa sakit di bagian punggungnya yang bisa jadi menjalar hingga ke perut bagian bawah. Rasa sakit di punggung ini dikarenakan aktivitas bakteri yang perlu diwaspadai, sehingga ada rasa tidak nyaman yang bersarang di area tersebut.

  1. Urine berwarna merah

Ciri lainnya adalah urine yang berubah warna, yaitu menjadi lebih pekat, lebih keruh, atau bahkan urine berubah warna menjadi berwarna merah. Warna merah pada urine ini terjadi jika urine sudah bercampur dengan darah. Kondisi inilah yang sering disebut sebagai Hematuria. Darah ini muncul karena kandung kemih atau uretra pada Proses Terbentuknya Urine yang sudah terinfeksi bakteri sehingga terjadi pendarahan di dalamnya.

Sponsors Link

  1. Urine berbau tidak sedap

Selain urine yang berubah warna, urine yang berbau tidak sedap juga bisa menjadi sebuah tanda bahwa seseorang sedang mengalami infeksi saluran kemih bawah. Tentunya bau yang dimaksud akan sangat menyengat dan tidak sama dengan bau urine biasanya.

Demikianlah beberapa ciri dari infeksi saluran kemih bawah yang mungkin terjadi.

Ciri Infeksi Saluran Kemih Atas

Selain infeksi saluran kemih bawah, ada lagi jenis infeksi saluran kemih atas. Infeksi atas ini terjadi jika bakteri yang menginfeksi sudah mampu mencapai bagian ginjal dan juga ureter. Kondisi inilah yang sering disebut sebagai Infeksi Ginjal. Gejala infeksi saluran bawah juga bisa terjadi pada hal ini. Selain itu ada beberapa ciri lain yang bisa dikenali dari kondisi ini.

Sponsors Link

  1. Demam

Saat tubuh seseorang terserang infeksi bakteri, maka salah satu gejala yang mungkin muncul adalah demam. Demam di ciri ciri infeksi saluran kemih atas ini terjadi dengan suhu tinggi, yaitu di atas 38 derajad celcius. Demam ini menunjukkan tanda bahwa sistem imun sedang berusaha mengatasi infeksi bakteri yang ada.

  1. Menggigil

Selain demam, seseorang yang menderita infeksi saluran kemih atas juga bisa menunjukkan gejala menggigil atau kedinginan. Hal ini juga wajar terjadi pada penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

  1. Mual dan muntah

Ciri lain dari infeksi saluran kemih atas adalah adanya rasa ingin muntah, bahkan gingga benar-benar muntah. Jika ciri di atas menyerang, maka segeralah berobat ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Kadang muncul juga gejala Pembengkakan Ginjal Kiri maupun kanan, tergantung dari posisi ginjal mana yang terinfeksi.

Demikianlah beberapa ciri ciri infeksi saluran kemih bawah dan atas yang bsia menyerang karena infeksi bakteri. Jika muncul ciri-ciri seperti di atas, maka jangan pernah ragu untuk segera menghubungi dokter. Lakukan pengobatan secepatnya agar bakteri tidak semakin berkembang biak dan menyebabkan peradangan yang lebih parah. Smeoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,