Sponsors Link

8 Ciri Ciri Infeksi Ginjal Sembuh Total – Wajib Tahu

Sponsors Link

Setiap orang pasti tidak ingin ginjalnya bermasalah dan akhirnya terkena penyakit. Organ ginjal menjalankan salah satu fungsi yang sangat penting dalam tubuh, dan fungsi ini tidak bisa digantikan oleh organ yang lain jika kesehatan ginjal sampai terganggu. Sepasang ginjal yang ada di dalam tubuh kita bertugas untuk menyaring semua kotoran yang ada dalam darah, serta mengeluarkan limbah sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

ads

Ginjal memang harus benar benar dijaga kesehatannya. Banyak jenis penyakit ginjal yang bisa menyerang kesehatan ginjal dengan mudah. Jika ginjal terkena penyakit, sudah dapat dipastikan kinerjanya akan terganggu dan lama kelamaan fungsinya akan semakin menurun. Terganggunya kerja ginjal disertai fungsi yang terus menerus bisa mengakibatkan hal yang fatal, yaitu ginjal rusak.

Salah satu jenis penyakit ginjal yang patut diwaspadai adalah infeksi ginjal. Infeksi yang menyerang ginjal karena bakteri yang masuk dari luar tubuh tumbuh dan berkembang di dalam ginjal sehingga menyebabkan kondisi ginjal menjadi sangat parah. Infeksi ginjal pada wanita lebih sering terjadi dibandingkan pada pria karena anatomi tubuh yang berbeda. Wanita memiliki saluran ureter yang lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah masuk melalui saluran kemih dan berkembang biak dalam ginjal.

Tentunya hanya para dokter ahli saja yang bisa mendiagnosa infeksi ginjal, termasuk melihat apakah yang terjadi hanya infeksi ginjal kiri atau hanya sebelah kanan saja. Setelah diagnosa dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan metode pengobatan yang tepat. Pengobatan yang dilakukan bisa dikatakan berhasil saat penderita menunjukkan ciri ciri infeksi ginjal sembuh total seperti di bawah ini:

1. Buang Air Kecil Lancar

Salah satu ciri ciri ginjal bermasalah adalah buang air kecil menjadi terganggu. Gangguan tersebut bisa muncul dalam banyak hal, misalnya sakit saat buang air kecil atau kencing berdarah. Namun jika buang air kecil sudah lancar, tidak terasa nyeri dan urine juga berwarna jernih, maka bisa dikatakan bahwa infeksi ginjal telah sembuh total.

2. Kondisi Perut Membaik

Ciri ciri infeksi ginjal sembuh total yang ditunjukkan adalah kondisi perut yang membaik. Seperti diketahui, gejala utama ginjal bermasalah adalah saat perut terasa mual dan muntah. Jika kondisi ini berlangsung cukup lama, patut dicurigai sebagai ciri ciri ginjal tidak sehat, yang mungkin saja disebabkan oleh infeksi yang menyerang ginjal. Tetapi jika perut sudah terasa nyaman dan tidak lagi mual, bisa dikatakan gangguan pada ginjal telah hilang.

3. Tubuh Lebih Bertenaga

Seseorang yang menderita penyakit ginjal cenderung cepat lelah dan lemas karena tekanan darahnya menurun secara drastis. Ini karena hubungan anemia dengan ginjal cukup erat. Saat ginjal sedang bermasalah, terkena infeksi misalnya, maka produksi darah merah juga ikut menurun. Tanda bahwa ginjal sudah mulai sehat dapat dilihat ketika seseorang lebih bertenaga dan tidak mudah lelah.

4. Tekanan Darah Normal

Sebagai organ tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dalam darah, ginjal memiliki hubungan erat dengan tekanan darah. Tekanan darah yang rendah adalah ciri infeksi ginjal, sementara tekanan darah tinggi adalah ciri ciri infeksi ginjal akut yang menyerang seseorang. Pada kondisi ginjal sehat, tekanan darah akan menjadi normal dan kembali stabil.

5. Punggung Tidak Lagi Terasa Nyeri

Ciri ciri sakit ginjal awal yang sering terjadi adalah punggung bagian bawah yang terasa nyeri. Nyeri ini terasa langsung pada lokasi di mana ginjal berada. Ciri ciri infeksi ginjal sembuh total adalah saat punggung tidak lagi mudah nyeri. Sehingga seseorang bisa menjalankan aktivitas secara normal tanpa gangguan sakit punggung lagi.

Sponsors Link

6. Nafsu Makan Membaik

Kondisi perut yang tidak stabil membuat nafsu makan penderita infeksi ginjal menurun drastis. Tidak heran berat badan penderita akan merosot dan tubuhnya tampak lebih kurus. Inilah yang dikhawatirkan saat terjadi infeksi ginjal pada ibu hamil. Membaiknya nafsu makan adalah pertanda baik bahwa penyakit infeksi ginjal mulai sembuh.

7. Warna Urine Jernih

Seperti yang diketahui, saat warna urine tidak normal adalah tanda terjadinya infeksi atau penyakit tertentu pada ginjal. Warna urine sehat adalah yang jernih seperti air, menandakan bahwa urine tidak tercampur zat lain seperti protein. Penderita infeksi ginjal patut berbahagia jika warna urine yang dikeluarkan kembali jernih, menandakan ginjal sudah sehat kembali.

8. Tidak Sakit Saat Buang Air Kecil

Sering kencing dan sakit pinggang yang bersamaan adalah ciri seseorang terkena penyakit ginjal termasuk infeksi ginjal. Ginjal yang bisa berfungsi normal tidak akan menyebabkan pemiliknya merasa nyeri atau sakit saat buang air kecil. Ini tandanya ginjal dan saluran kemih sudah bisa bekerja dengan baik untuk mengeluarkan urine dari dalam tubuh secara normal.

Itulah berbagai ciri ciri infeksi ginjal sembuh total yang harus diperhatikan. Namun sebelum infeksi ginjal menyerang, ada baiknya kita melakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat yang sederhana namun sangat bermanfaat. Cara menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan berhenti merokok, berhenti minum minuman beralkohol dan bersoda yang ketiganya adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal dan harus dihindari sebisa mungkin.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :