Sponsors Link

8 Ciri Ciri Infeksi Ginjal Akut Wajib Diketahui

Sponsors Link

Infeksi ginjal akut atau ginjal kronis adalah salah satu penyakit ginjal yang paling berbahaya dan harus senantiasa diwaspadai oleh kamu yang ingin terbebas dari penyakit infeksi ginjal. Oleh karena itulah, tidak peduli apakah kamu anak muda ataupun orang yang sudah lanjut usia, mengetahui ciri ciri infeksi ginjal akut adalah salah satu hal yang perlu dilakukan supaya kamu bisa terbebas dari yang namanya penyakit ginjal akut.

ads

Memangnya apa saja ciri ciri infeksi ginjal akut tersebut? Buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa ciri ciri dari infeksi ginjal akut yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi penyakit ginjal akut sejak awal. Silakan lanjutkan membaca di bawah ini ya!

1. Berkurangnya produksi urine

Salah satu ciri ciri dari penyakit infeksi ginjal akut adalah berkurangnya produksi urine. Hal tersebut bisa kita alami karena terjadinya penurunan fungsi ginjal karena adanya infeksi ginjal, dan berdampak pada menurunnya produksi urine sehingga jumlah urine semakin sedikit. Oleh karena itulah, para penderita infeksi ginjal akut jarang kencing karena produksi air urine mereka relatif sedikit apabila dibandingkan dengan pada umumnya. Walaupun demikian, hal itu tidak berarti bahwa jarang kencing sama dengan ginjalmu bermasalah lo.

2. Linglung atau kebingungan

Gejala berikutnya dari masalah infeksi ginjal adalah munculnya linglung atau kebingungan. Hal tersebut bisa terjadi karena terdapat gangguan dalam penyaringan zat-zat sisa metabolisme dalam darah. Akibatnya, hal ini akan membuat kinerja otak dan organ tubuh yang lain mengalami gangguan sehingga muncullah linglung dan berbagai masalah yang lainnya. Apabila kamu sering linglung, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter terdekat supaya kamu bisa mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan masalah linglung tersebut.

3. Mual dan muntah

Ciri-ciri infeksi ginjal akut berikutnya adalah mual dan muntah-muntah. Dua hal ini merupakan salah satu ciri-ciri ginjal yang cukup jelas, walaupun bukan berarti ciri-ciri yang satu ini adalah ciri-ciri yang pasti bahwa kamu akan mengalami infeksi ginjal akut. Akan tetapi, apabila kamu mengalami mual dan muntah dan tanda-tanda yang lain juga terjadi padamu, maka hal tersebut sudah sewajarnya menjadi tanda-tanda bahwa kamu harus melakukan pemeriksaan untuk mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan mual dan muntah itu bisa terjadi padamu.

4. Sesak napas

Infeksi ginjal juga bisa ditandakan dengan sesak napas yang cukup serius sebagai akibat gagalnya ginjal dalam menyaring zat-zat limbah dari dalam tubuh. Kegagalan tersebut pada akhirnya akan berakibat pada terganggunya kinerja paru-paru dan sistem pernapasan pada umumnya. Walaupun begitu, sesak napas juga bisa terjadi karena penyebab-penyebab yang lain. Oleh karena itulah, tidak sama dengan akhirnya apabila kamu mengalami sesak nafas, sama dengan kamu sedang mengalami gagal ginjal. Dengan demikian, kamu harus sering melakukan pemeriksaan yang serius ya.

5. Penumpukan cairan dalam tubuh atau edema

Salah satu hal yang juga akan terjadi ketika kamu mengalami infeksi ginjal akut adalah terjadinya penumpukan cairan tubuh atau biasa pula disebut dengan yang namanya edema. Ciri ciri infeksi ginjal akut yang satu ini cukup bisa terlihat, meskipun tidak berarti penumpukan cairan dalam tubuh sudah berarti bahwa kamu mengalami infeksi ginjal akut atau mungkin penyakit lain seperti batu ginjal. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memeriksakan diri ke dokter apabila gejala ini terjadi ya.

Sponsors Link

6. Kelelahan

Masalah ginjal berikutnya yang juga bisa terjadi padamu ketika kamu mengalami masalah infeksi ginjal adalah kelelahan yang bakal mengganggu kinerjamu sehari-hari. Kelelahan tersebut bisa terjadi karena ginjal tidak bisa melakukan filtrasi dengan baik. Akibatnya racun menumpuk pada ginjal dan tidak bisa dikeluarkan dengan benar. Pada akhirnya, zat-zat sampah tersebut akan mempengaruhi kinerja organ tubuh kita, sehingga pada akhirnya organ tubuh kita akan mudah lelah.

7. Nyeri punggung

Nyari punggung adalah salah satu hal yang juga akan terjadi apabila kita mengalami masalah infeksi gagal ginjal akut. Nyeri punggung terjadi sebagai respons terhadap adanya rasa sakit yang muncul pada bagian tubuh kita. Oleh karena itulah, apabila kamu sering mengalami nyeri punggung, terutama pada punggung belakang yang dekat dengan ginjal, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu ciri-ciri ginjalmu sedang bermasalah. Jangan lupa untuk segera memeriksakan diri ke dokter terdekat apabila kamu mengalami masalah nyeri punggung ya.

8. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa menjadi salah satu indikator apakah ginjalmu mengalami masalah atau tidak. Ketika ginjal bermasalah, maka tekanan darah akan menjadi meningkat karena senyawa-senyawa yang beracun sulit dikeluarkan dari dalam darah. Akan tetapi, kadang kala hipertensi juga menjadi pemicu munculnya gangguan tertentu pada ginjal. Dapat dikatakan bahwa hipertensi berkaitan erat dengan masalah ginjal. Oleh karena itu sebaiknya kamu memiliki pola hidup yang baik agar bisa menghindari baik masalah ginjal dan juga hipertensi.

Sponsors Link

Selain mengetahui apa saja ciri ciri infeksi ginjal akut, tentunya kamu juga perlu mengetahui apa saja cara untuk mencegah agar infeksi ginjal akut tidak terkena padamu. Beberapa cara untuk mencegah infeksi ginjal akut, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Olahraga dengan teratur
  • Melakukan pola hidup sehat
  • Memakan makanan yang baik untuk ginjal
  • Menjauhi makanan yang buruk untuk kesehatan ginjal
  • Mengurangi konsumsi garam per hari agar tidak berlebihan
  • Mengonsumsi buah manggis secara berkala
  • Mengonsumsi buah apel secara berkala

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah infeksi ginjal akut. Semoga dengan beberapa cara di atas, kamu bisa mencegah masalah ginjal akut ya. Jangan lupa pula mempelajari gejala ginjal bermasalah. Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,