Sponsors Link

20 Ciri Ciri Infeksi Ginjal : Penyebab dan Cara Mengatasi Terlengkap

Sponsors Link

Ciri Ciri Infeksi GinjalInfeksi ginjal merupakan peradangan atau iritasi yang terjadi pada ginjal sehingga menyebabkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan optimal. Penyakit ini dapat mengenai berbagai kalangan, dari orang dewasa sampai anak-anak.

ads

Apabila anda sampai terkena penyakit ini, maka penanangan harus segera dilakukan agar infeksi tersebut tidak berlangsung lama dan semakin parah. Dengan demikian, anda harus mengetahui ciri-ciri infeksi ginjal sebagia langkah antisipasi awal terhadap penyakit infeksi ginjal.

Berikut ini beberapa ciri-ciri infeksi ginjal yang perlu anda ketahui. Dengan demikian anda dapat menjaga serta mengetahui dengan lebih awal apakah terjadi infeksi pada ginjal anda ataukah tidak.

Baca Juga :

Ciri ciri Infeksi Ginjal

1. Darah dalam urine

Infeksi ginjal akan menyebabkan sebagian dinding ginjal anda terluka. Luka tersebut bisa karena ada bakteri yang menggerogoti sel ginjal anda atau karena benda lainnya. Akibat adanya luka tersebut darah dapat mengalir ke dalam ginjal anda sehingga mengakibatkan bercampurnya darah dengan urin yang sedang diproduksi di dalam ginjal. Akibatnya urin anda dapat mengandung darah. Baca juga : Penyebab Ginjal Bengkak

2. Nanah dalam urine

Infeksi ginjal akan menyebabkan sebagian dinding ginjal anda terluka. Luka tersebut bisa karena ada bakteri yang menggerogoti sel ginjal anda atau karena benda lainnya. Di dalam luka tersebut dapat terbentuk semacam nanah tertentu. Nanah tersebut dapat ikut terbawa dan ikut bercampur dengan urin yang diproduksi di dalam ginjal anda dan menuju kandung kemih.

3. Rasa sakit di sekitar perut samping

Infeksi pada ginjal juga dapat menyebabkan rasa sakit di luar bagian tubuh ginjal anda. Rasa sakit itu dapat muncul pada bagian tubuh yang dekat dengan lokasi ginjal anda. Salah satunya adalah pada bagian tubuh perut samping. Infeksi ginjal akan menyebabkan muncul rasa sakit semacam nyeri yang berkelanjutan pada perut samping yang akan cukup mengganggu aktivitias anda. Baca juga : Makanan Penyebab Sakit Ginjal

4. Rasa sakit di sekitar punggung

Infeksi pada ginjal juga dapat menyebabkan rasa sakit di luar bagian tubuh ginjal anda. Rasa sakit itu dapat muncul pada bagian tubuh yang dekat dengan lokasi ginjal anda. Selain perut samping, salah satu bagian luar tubuh yang akan merasakan nyeri atau sakit karena infeksi ginjal adalah pada bagian punggung. Rasa nyeri ini juga akan mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Untuk mengatasinya, sebaiknya anda tidak meminum obat pereda nyeri yang tidak aman bagi ginjal karena hal itu justru akan membuat ginjal anda bekerja lebih berat. Mengobati infeksi ginjal adalah hal yang harus anda lakukan untuk bisa mengatasi rasa nyeri ini. Baca juga :  Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Sponsors Link

5. Demam atau menggigil

Infeksi biasanya akan membuat suhu badan meningkat sebagai pertanda tubuh bahwa sistem imun sedang berusaha melakukan perlawan terhadap bakteri atau virus asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Infeksi ginjal, juga merupakan salah satu jenis infeksi yang dapat menyebabkan munculnya demam atau menggigil pada tubuh kita.

6. Mual dan muntah

Infeksi pada ginjal juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Gejala ini sering muncul baik pada anak-anak atau orang dewasa. Mual dan muntah ini diakibatkan tubuh hendak berusaha untuk mengeluarkan bakteri atau hal lain yang sedang menyebabkan infeksi di dalam tubuh anda. Dengan demikian setidaknya akan mempercepat sistem tubuh anda untuk memperbaiki infeksi yang sedang terjadi. Baca juga :  Makanan Penyebab Sakit Ginjal

7. Rasa lelah berlebihan

Infeksi ginjal juga dapat menyebabkan munculnya rasa lelah yang berlebihan dan dapat anda rasakan dalam jangka waktu yang cukup lama tergantung tingkat keparahan infeksi ginjal yang anda alami. Untuk mengatasi ini memakan makanan yang baik untuk ginjal anda serta tidak memperparah infeksi sangat disarankan agar tubuh anda tetap mendapatkan asupan gizi sehingga dapat bertahan melawan infeksi yang anda alami. Baca juga :  Penyebab Ginjal Mengecil

ads

8. Diare

Diare adalah salah satu penyakit sekaligus sistem penyembuhan alami yang dimiliki tubuh. Saat terjadi infeksi ginjal, tubuh dapat mengalami diare. Apabila anda terkena diare beriringan dengan gejala yang lain, kemungkinan besar anda sedang mengalami infeksi ginjal. Baca juga :  Cara Mengobati Batu Ginjal

9. Selera makan hilang

Infeksi ginjal dapat menyebabkan penurunan selera makan yang membuat orang kehilangan nafsu makannya. Gejala ini biasanya muncul pada anak kecil yang sedang menderita infeksi ginjal.

10. Rasa nyeri saat buang air kecil

Luka yang ada di dalam ginjal akan menimbulkan nyeri pada saat-saat tertentu. Salah satu saat di mana anda akan merasakan nyeri adalah saat anda sedang buang air kecil. Rasa nyeri ini akan membuat anda sangat tidak nyaman apabila anda buang air kecil.

Selain 10 ciri-ciri di atas, ciri-ciri lain yang dapat anda amati adalah sebagai berikut:

  1. Lebih sering buang air kecil
  2. Warna urine lebih gelap
  3. Urine berbau tidak sedap
  4. Tidak bisa mengeluarkan urine
  5. Penurunan nafsu makan
  6. Nyeri perut
  7. Urine berbusa
  8. Kulit berair
  9. Penurunan berat badan
  10. Mengalami delirium

Penyebab infeksi ginjal

Infeksi ginjal dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain:

  • Masuknya bakteri ke saluran urethra, seperti bakteri escherichia coli.
  • Konstipasi atau sembelit
  • Protatitis, atau infeksi pada kelenjar prostat
  • Kerusakan saraf di sekitar kandung kemih
  • Sistitis (infeksi saluran kemih)
  • Kelainan pada sistem urin
  • Diabetes

Cara mengatasi infeksi ginjal

Beberapa cara yang dapat anda lakukan, baik sebagai pertolongan pertama atau pertolongan lanjutan ketika anda mengalami infeksi ginjal adalah sebagai berikut:

1. Terapi antibiotik

Pada banyak kasus infeksi ginjal, terapi antibiotik harus dilakukan untuk membantu membunuh bakteri yang membuat infeksi pada ginjal. Terapi antibiotik ini sebaiknya anda lakukan dengan bimbingan dokter yang terpercaya. Selain itu anda juga harus melakukan terapi ini setelah dokter memutuskan untuk melakukannya. Hal itu disebabkan karena terapi antibiotik yang tidak efektif malah dapat membuat bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik yang diberikan sehingga tidak dapat menyembuhkan infeksi ginjal anda, justru dapat membuatnya lebih parah.

Beberapa antibiotik yang umumnya dipakai antara lain:

  • Levofloxacin
  • Ciprofloxacin
  • Cotrimoxazole
  • Ampicillin

Sponsors Link

2. Penggunaan analgesik yang ramah terhadap ginjal

Analgesik atau obat pereda nyeri juga dapat membantu meredakan rasa sakit yang ditimbulkan akibat infeksi ginjal. Walaupun tidak menyembuhkan infeksi ginjal secara langsung, penggunaan analgesik dapat membantu anda untuk beraktivitas atau rehat dengan lebih nyaman.

3. Operasi

Operasi adalah pilihan terakhir yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan ginjal anda dari infeksi yang menyerangnya. Apabila infeksi ginjal yang anda derita susdah sangat parah dan membahayakan kehidupan anda, operasi untuk mengeluarkan bagian ginjal atau bakteri yang menginfeksi ginjal sangat diperlukan.

4. Mengonsumsi kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa polifenol yang sangat ampuh sebagai antiobiotik alami. Kurkumin memiliki sifat lain yaitu anti jamur dan anti inflamasi, yang dapat menghambat tumbuh kembang bakteri dan jamur yang berbahaya bagi tubuh. Dengan mengonsumsi kunyit (dengan cara direbus atau diseduh) anda dapat mengatasi infeksi ginjal secara bertahap.

5. Mengonsumsi jahe

Jahe mengandung gingerol yang merupakan antibiotik alami yang dapat menangani tumbuh kembang bakteri jahat yang merusak ginjal.

6. Mengonsumsi cuka sari apel

Konsumsi cuka sari apel dapat menjadi langkah preventif sebelum anda benar-benar menderita infeksi ginjal. Hal itu dikarenakan kandungan pH yang cukup rendah, dengan kata lain asam, sangat efektif untuk membunuh bakteri dalam tubuh sekaligus memiliki potensi untuk membuat rasa sakit anda bertambah parah.

7. Mengonsumsi bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu anda mengobati infeksi ginjal secara alami.

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi