Sponsors Link

7 Ciri Ciri Ginjal Tidak Sehat dan Pencegahannya

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Bersama dengan jantung dan juga organ tubuh yang lain, ginjal bekerja sama untuk menjalankan sistem metabolisme yang membuat kita bisa beraktivitas dengan baik. Tanpa memiliki ginjal yang sehat sudah tentu sulit bagi kita untuk melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itulah, tentunya kita semua perlu mengetahui apa saja ciri ciri ginjal tidak sehat beserta penyebab ginjal bermasalah, sehingga kita bisa merawat ginjal dengan cara yang baik dan benar, sekaligus mencegah ginjal kita mengalami gangguan yang lebih parah.

ads

Apa saja ciri ciri ginjal tidak sehat tersebut? Buat kamu yang ingin agar ginjalmu selalu sehat, tentunya perlu mengetahuinya bukan? Berikut ini adalah beberapa ciri ciri ginjal yang tidak sehat yang bisa kamu amati.

1. Terjadi perubahan warna urine menjadi lebih pekat

Ciri ciri ginjal tidak sehat adalah salah satu ciri ginjal yang sangat layak dijadikan indikator bahwa ginjalmu mengalami permasalahan tertentu. Warna urine yang berubah menjadi lebih pekat, adalah ciri yang bisa menunjukkan dengan jelas bahwa ginjal bermasalah. Permasalahan tersebut bisa saja disebabkan karena ginjal mengalami luka tertentu, atau mengalami pembengkakan dan berbagai masalah lain yang menyebabkan perubahan warna urine setelah diproses oleh ginjal. Apabila kamu menjumpai urinemu berubah warna menjadi lebih pekat, ada baiknya kamu memeriksakan ke dokter terdekat apabila hal tersebut tidak disebabkan karena kamu memakan atau minum makanan atau minuman yang memang memiliki zat warna cukup pekat seperti buah naga. Untuk mengatasi ini kamu bisa menggunakan cara mengobati ginjal bermasalah yang berkaitan dengan urine.

2. Munculnya rasa nyeri yang parah pada bagian sisi tubuh atau punggung di bawah pinggul

Selain perubahan urine, gejala bahwa ginjal tidak sehat juga bisa dirasakan pada bagian punggung atau sisi tubuh para penderita masalah ginjal. Salah satu rasa sakit yang bisa muncul ketika kita mengalami masalah ginjal adalah rasa sakit pada bagian punggung bawah pinggul atau pada bagian sisi tubuh yang dekat dengan ginjal. Rasa sakit itu terjadi sebagai akibat dari respons tubuh atas luka yang dialami oleh ginjal.

3. Mual dan muntah-muntah

Selain dua ciri ciri di atas, gejala ginjal tidak sehat atau gejala ginjal bermasalah yang lain di antaranya adalah mual dan muntah-muntah yang terjadi dengan sering. Apabila kamu sering mengalami mual dan juga muntah-muntah, serta diiringi dengan berbagai gejala di atas, maka besar kemungkinan bahwa ginjalmu sedang mengalami masalah. Untuk bisa mengetahuinya dengan lebih pasti, segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat agar tidak terjadi hal lain yang lebih parah.

4. Nyeri saat buang air kecil

Selain berbagai ciri di atas, salah satu ciri lain ginjal yang tidak sehat adalah adanya rasa nyeri yang muncul saat buang air kecil. Para penderita masalah ginjal, meskipun baru mengalami masalah tersebut pada tahap awal, biasanya akan merasakan rasa nyeri ketika mereka kencing. Oleh karena itulah, apabila kau sering mengalami rasa nyeri saat kencing, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit kepercayaanmu agar bisa diketahui dengan pasti apakah ginjalmu sakit atau tidak.

5. Buang air kecil menjadi lebih intens

Selain rasa nyeri yang muncul pada saat buang air kecil, tanda awal ginjal bermasalah yang menunjukkan bahwa ginjal tidak sehat dilihat dari buang air kecil yang dilakukan adalah peningkatan intensitas buang air kecil. Hal ini khususnya merupakan salah satu tanda masalah batu ginjal yang cukup akurat, tentunya apabila diiringi dengan berbagai gejala yang lain. Para penderita batu ginjal, dan beberapa macam masalah ginjal lainnya, akan mengalami peningkatan intensitas buang air kecil akibat aliran air kencing yang tidak normal disebabkan karena ginjal yang bermasalah.

Sponsors Link

6. Air kencing lebih sulit keluar

Masih berhubungan dengan air kencing, salah satu ciri ciri bahwa ginjal sedang tidak sehat adalah sulitnya air kencing untuk keluar dari tubuh kita. Masalah ini biasanya menjadi salah satu ciri-ciri yang jelas untuk mengidentifikasi masalah penyakit batu ginjal. Walaupun demikian, pada umumnya, gejala yang satu ini juga bisa menunjukkan bahwa keadaan ginjal tidak baik karena kesulitan dalam memproduksi urine. Oleh karena itulah, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter terdekat apabila kamu mengalami masalah yang satu ini.

7. Urine berbau busuk

Bau urine juga bisa menjadi pertanda bahwa ginjalmu sedang tidak sehat. Oleh karena itulah, salah satu ciri ciri ginjal sehat yang bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ginjalmu sehat atau tidak adalah bau urine yang sangat busuk. Apabila bau urinemu sangat busuk, padahal kamu tidak memakan atau meminum hal tertentu yang bisa mengubah bau urine, besar kemungkinan ginjalmu sedang mengalami permasalahan tertentu.

Itulah beberapa ciri ciri ginjal tidak sehat yang bisa kita ketahui. Tentunya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mencegah agar ginjal tidak sehat itu tidak terjadi padamu. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar ginjal tetap sehat. Beberapa hal tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

Sponsors Link

  • Memakan makanan sehat untuk ginjal dan jantung
  • Tidak banyak mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi
  • Memperbanyak konsumsi makanan berserat
  • Olahraga dengan rutin
  • Mengurangi konsumsi karbohidrat yang berlebihan
  • Meminum air dengan cukup tiap hari
  • Mengonsumsi buah manggis
  • Mengonsumsi buah apel

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit ginjal. Semoga dengan beberapa hal di atas, kamu bisa menghindari masalah ginjal ya! Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,