Sponsors Link

6 Ciri Ciri Ginjal Terganggu Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Organ yang satu ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah membantu jantung dalam mengatur tekanan darah. Tidak hanya itu, ginjal juga berfungsi untuk menyaring zat-zat sampah yang terdapat dalam darah seperti kreatinin yang merupakan hasil metabolisme kreatinin. Oleh karena itulah, semua orang harus mengetahui apa saja ciri ciri ginjal terganggu sejak awal dan juga hal lain seperti penyebab ginjal bermasalah, sehingga apabila ada indikasi ginjal mengalami permasalahan tertentu, bisa ditangani dengan lebih cepat.

ads

Memangnya apa saja ciri ciri ginjal terganggu tersebut? Apa saja ciri-ciri ginjal yang mengalami gangguan dan harus diwaspadai oleh setiap orang? Buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri ginjal yang mengalami gangguan.

1. Tingginya suhu badan secara konsisten dan sulit dihilangkan

Berbagai macam masalah ginjal, bisa menyebabkan peningkatan suhu badan manusia. Peningkatan tersebut akan berlangsung dengan lebih cepat apabila masalah ginjal telah mengakibatkan infeksi yang parah pada ginjal. Oleh karena itulah, peningkatan suhu badan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dan bisa menjadi salah satu indikator bahwa ginjal mengalami permasalahan tertentu.

2. Terjadi perubahan warna urine menjadi lebih pekat

Selain membuat peningkatan suhu badan, beberapa masalah ginjal juga bisa menyebabkan terjadinya perubahan warna urine menjadi lebih pekat. Perubahan warna urine itu terjadi karena urine bisa bercampur dengan darah. Darah tersebut bisa tercampur apabila dinding ginjal telah mengalami kerusakan yang bisa disebabkan karena masalah batu ginjal, ginjal bengkak, ginjal menyusur, dan berbagai macam penyakit ginjal yang lainnya. Apabila warna urine berubah menjadi pekat tanpa sebelumnya meminum atau memakan makanan tertentu, ada kemungkinan bahwa hal tersebut adalah salah satu indikasi bahwa ginjal sedang mengalami permasalahan tertentu, termasuk di antaranya adalah mengalami berbagai macam sakit ginjal seperti batu ginjal. Cara mengobati ginjal bermasalah yang satu ini bisa kamu bicarakan dengan dokter yang ahli.

3. Rasa nyeri yang parah pada bagian sisi tubuh atau punggung di bawah pinggul

Gangguan pada ginjal bisa mengakibatkan infeksi yang cukup serius pada ginjal. Infeksi tersebut pasti akan bisa dirasakan oleh saraf perasa rasa sakit yang kita miliki di dalam ginjal dan berbagai organ tubuh yang ada di sekitar ginjal. Oleh karena itulah, salah catu ciri ciri ginjal mengalami gangguan adalah adanya rasa nyeri yang parah pada bagian sisi punggung atau ginjal.

4. Mual dan muntah yang intens

Selain beberapa ciri di atas, gejala ginjal bermasalah pada orang-orang yang mendapatkan atau mengalami masalah ginjal juga bisa merasakan mual dan muntah yang intens. Oleh karena itulah, apabila tiba-tiba kamu menjadi sering mual dan mengalami muntah yang intens, maka besar kemungkinan hal tersebut menjadi salah satu ciri bahwa ginjalmu mengalami permasalahan. Ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter terdekat apabila masalah tersebut sudah sedemikian parah.

5. Adanya nyeri saat buang air kecil

Gejala gangguan ginjal atau tanda awal ginjal bermasalah yang cukup jelas bisa diamati dan dirasakan oleh para penderita ginjal adalah rasa nyeri yang muncul saat buang air kecil. Semua orang yang mengalami permasalahan ginjal, pasti akan mengalami rasa nyeri yang cukup menyakitkan ketika mereka buang air kecil. Hal tersebut bisa terjadi karena pada ginjal atau saluran kemih yang bermasalah, air kencing bisa menyebabkan nyeri karena bersentuhan dengan bagian saluran kemih atau ginjal yang parah.

Sponsors Link

6. Buang air kecil menjadi lebih intens

Gangguan pada ginjal juga bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada pola kencing yang kita miliki. Mereka yang mengalami permasalahan ginjal, bisa buang air kecil menjadi lebih intens. Hal tersebut khususnya akan sering terjadi pada mereka yang mengalami gangguan batu ginjal. Batu ginjal bisa menyebabkan tersumbatnya aliran air kencing sehingga buang air kecil sering kali terjadi dengan tidak lancar. Walaupun demikian, masalah atau gangguan ginjal yang lain juga bisa menyebabkan hal ini.

Itulah beberapa ciri ciri ginjal terganggu yang bisa kita ketahui. Selain beberapa ciri-ciri di atas, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mencegah gangguan ginjal. Dengan demikian, tentunya kita bisa menghindari berbagai macam permasalahan yang muncul karena kita mengalami gangguan ginjal. Hal itu lebih baik daripada kita terkena masalah ginjal dan baru kemudian mengobatinya.

Buat kamu yang ingin menghindari berbagai macam masalah ginjal, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar ginjalmu senantiasa sehat dan tidak bermasalah.

Sponsors Link

  • Meminum jus seledri
  • Meminum jus basil
  • Meminum ramuan keji keling
  • Meminum ramuan daun umis kucing
  • Memakan buah mengkudu
  • Meminum jus lemon segar
  • Mengonsumsi minyak zaitun
  • Mengonsumsi cuka apel murni
  • Mengonsumsi uva ursi
  • Mengonsumsi ramuan akar dandelion

Itulah beberapa hal tentang ciri ciri ginjal terganggu beserta cara mencegah berbagai masalah ginjal yang bisa kamu terapkan saat ini juga agar kamu bisa mendapatkan ginjal yang sehat. Dengan melakukan berbagai macam hal di atas, tentunya kesehatan ginjalmu bisa lebih terjaga. Jangan lupa untuk senantiasa olahraga dengan baik dan mempelajari masalah lain mengenai ginjal seperti ciri ciri infeksi ginjal akut.

Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,