Sponsors Link

6 Ciri Ciri Ginjal Sehat dan Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Sponsors Link

Zaman sekarang, masyarakat umumnya hidup dengan pola hidup yang bebas. Pola hidup yang sedemikian rupa mengakibatkan mereka terbiasa dengan pola makan dan minum yang bebas juga. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak baik untuk kesehatan yang dimilikinya. Apalagi segala sesuatu yang kita pilih sebagai asupan untuk tubuh kitalah yang nantinya akan mempengaruhi sistem metabolisme di dalam tubuh.

ads

Ciri Ciri Ginjal Sehat

Ciri ciri ginjal sehat

Perlu diketahui bahwa orang yang menerapkan pola makan yang bebas akan cenderung menyukai untuk mengkonsumsi makanan dan minuman cepat saji. Tahukah Anda bahwa hal tersebut berbahaya bagi tubuh Anda apabila dibiarkan terus menerus?

Hal ini erat kaitannya dengan sistem eksresi dimana setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan diproses hingga dipisahkan antara zat yang dibutuhkan dan zat yang harus dibuang. Ketika salah satu alat eksresi terganggu, maka dapat membahayakan Anda.

Anda mungkin sudah mengetahui tentang bahaya tidak menjaga alat ekskresi, seperti ginjal. Beberapa di antaranya adalah ginjal membengkak, ginjal mengecil, dan lebih parahnya adalah batu ginjal. Untuk itu, berhati-hatilah dalam menjaga kondisi kesehatan ginjal Anda.

Selain memeriksa keadaan ke dokter secara rutin, Anda juga dapat mengetahui kesehatan ginjal Anda melalui cirri-ciri yang diberikannya. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai ciri-ciri ginjal yang sehat sehingga Anda dapat menerapkan sebahagian atau mungkin semua informasi di bawah ini.

1. Urine tidak Berwarna

ciri ciri ginjal sehat yaitu Ginjal yang sehat akan menghasilkan urine yang tidak berwarna. Kita semua juga mengetahui, bahwa bukan hanya hitam yang tidak dikategorikan sebagai warna melainkan juga temannya, putih. Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa urine yang mengindesikasikan kesehatan yang baik, akan menghasilkan urin yang bening. Coba perhatikan warna urine Anda. Apabila terdapat warna lain selain kuning, ada terdapat 2 kemungkinan.

Pertama, asupan air mineral yang Anda konsumsi berjumlah lebih sedikit dari seharusnya sehingga Anda disarankan untuk mengkonsumsi air mineral dengan kuantitas yang lebih lagi. Kedua, apabila pada urin Anda terdapat warna merah, pink, ungu, atau bahkan diikuti oleh nanah, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Urin yang dihasilkan ginjal yang sehat, tidak akan membiarkan darah untuk tercampur pada urin.

2. Menghasilkan Erythropoietin

Selain memeriksa warna urin untuk mengetahui ciri ciri ginjal sehat Anda juga dapat mengetahui apakah ginjal yang Anda miliki dalam kondisi sehat atau tidak dengan memanfaatkan kehadiran hormone Erythropoietin juga. Ginjal yang sehat tidak akan bermasalah dalam menghasilkan hormone tersebut. Kita mengetahui bahwa oksigen dibutuhkan oleh seluruh organ di dalam tubuh untuk melakukan kerja.

Untuk itu, terdapat hemoglobin yang berfungsi dalam mengatasinya. Akan tetapi, selain pentingnya kinerja hemoglobin, juga diperlukan dorongan kemampuan yang dimiliki oleh hormone Erythropoietin. Hormon ini membantu penyebaran oksigen yang dilakukan tubuh dimana oksigen tersebut diedarkan oleh eritrosit. Perlu diketahui bahwa untuk mengetahui ada tidaknya permasalahan dalm produksi jumlah hormone Erythropoietin, tidak selalu hanya bisa dilihat dari alat-alat medis saja.

Sponsors Link

Anda juga dapat memeriksanya di rumah Anda melalui tanda-tanda yang diberikan oleh si penderita. Ketika seseorang memiliki masalah dalam produksi hormone tersebut, tubuhnya akan memberikan respon yang jelas. Biasanya, orang yang jumlah hormonnya tidak mendukung, ia akan dengan mudah kelelahan sehingga ia tidak dapat menyelesaikan tugas yang berat dengan sempurna. Otot-ototnya akan lebih mudah untuk letih. Mudahnya ia merasa kelelahan akan mengakibatkan ia mudah untuk terkantuk juga sehingga biasanya si penderita dapat tidur dalam jangan waktu yang cukup lama.

3. Mengontrol Cairan dalam Tubuh

Bekerja dengan Baik dalam Mengontrol Cairan dalam Tubuh, Sadarkah Anda bahwa jumlah urin yang Anda hasilkan di setiap waktunya tidak berada dalam jumlah yang sama? Anda juga harus mengetahui bahwa jarak mengeluarkan urine tiap orang tidak ada yang sama secara sempurna. Pasti ada perbedaannya. Di dalam tubuh, selain terdapat aktivitas pemrosesan asupan makanan, juga terdapat proses cairan tubuh.

Cairan tubuh dipercaya dapat berpengaruh pada konsentrasi seseorang terkait kinerja otaknya. Anda dapat memeriksa apakah terdapat konsentrasi yang pekat di dalam urin Anda. Biasanya urin ini akan berwarna kuning tua dan keluar dalam jumlah yang sedikit. Oleh sebab itu, bantulah tubuh Anda dalam menetralisis cairan di dalamnya.

Selain itu, bukan berarti urin yang keluar dalam jumlah yang sangat banyak dapat dikategorikan sebagai tanda ginjal yang baik. Malah bisa sebaliknya. Selain itu juga dapat dikatakan bahwa urin yang keluar dalam kategori yang sangat banyak itu dapat mengganggu sistem metabolisme Anda. Zat yang seharusnya disimpan di dalam tubuh pun bisa jadi malah dikeluarkan.

ads

4. Penyeimbangan Asam dan Basa Tubuh

Baik dalam Aktivitas Penyeimbangan Asam dan Basa Tubuh, Kamdungan asam dan basa di dalam tubuh juga perlu mendapatkan perhatian yang khusus terkait kesehatan Anda, terlebih lagi kesehatan ginjal Anda. Ginjal yang baik tidak akan memiliki kesulitan atau permasalahan dalam menyeimbangkan kadar atau tingkat asam dan basa di dalam tubuh. Kedua komponen tersebut biasa dikenal di masyarakat sebagai pH tubuh.

Kegiatan mempertahankan pH tubuh tersebut di dalam dunia medis dan keilmuan dikenal sebagai penyangga atau buffer. Peranan ginjal sangat terlihat disini dimana ia akan melakukan pengeluaran ion hydrogen dari dalam tubuh untuk menghindari tubuh terlalu ber-pH asam dan mengeluarkan ion bikarbonat untuk mengatasi permasalahan apabila tubuh terlalu ber-pH basa.

5. Menjaga Tekanan Darah

Ciri Ciri Ginjal Sehat yaitu menjaga tekanan darah. Tekanan darah juga merupakan salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian lebih Anda. Apabila tubuh Anda tidak dapat mengatur tekanan darah, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit. Perlu diketahui bahwa tekanan darah juga diperngaruhi oleh kinerja ginjal. Di ginjal terdapat enzim rennin untuk berkerja untuk itu.

Ginjal berfungsi untuk menghasilkan enzim tersebut untuk menetralkan tekanan darah. Oleh sebab itu, peranan ini sangat penting terlebih lagi bagi orang yang beresiko tinggi untuk terkena tekanan darah rendah karena saat tekanan darah menurun drastis, disitulah enzim rennin bertindak.

6. Alat Ekskresi

Selain kelima cara di atas, Anda juga  dapat mengetahui apakah ginjal Anda dalam kondisi sehat melalui kinerjanya sebagai alat ekskresi. Sebagai alat ekskresi, sejatinya ginjal bertugas untuk membuang zat-zat yang tidak dibutuhnkan lagi di dalam tubuh. Oleh sebab itu, racun-racun dapat segera keluar dari dalam tubuh.

Akan tetapi apabila ginjal malah mengeluarkan zat-zat yang masih diperlukan tubuh, bisa dipakstikan bahwa komponen atau bagain-bagian ginjal ada yang bermasalah. Oleh sebab itu, Anda perlu memeriksa keadaan Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang khusus.

Tips menjaga kesehatan ginjal

Peranan ginjal sebagai alat ekskresi yang sangat penting menjadikannya memerlukan perhatian Anda. Apalagi ginjal juga bekerja untuk menyaring darah dan kadar oksigen yang dapat Anda sebarkan di tubuh Anda.

Ada banyak tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal Anda dan pola hidup yang sehat menduduki peringkat teratas untuk mencegah ginjal Anda terkena permasalahan. Hindarilah memakan makanan yang asin terlalu banyak karena seperti yang Anda ketahui bahwa ginjal juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Sehingga makanan asin yang mengandung garam tersebut berpotensi dapat menyebabkan kinerja ginjal semakin berat dan membuatnya cepat aus.

Baca juga :

Hindari juga merokok dan mengkonsumsi makanan cepat saji. Di samping itu, jangan lupa untuk mengatur kadar air di dalam tubuh Anda untuk membantu ginjal bekerja sebagai pengatur cairan di dalam tubuh.

Karena sistem ekskresi tidak hanya dilakukan oleh ginjal, Anda dapat menempuh jalan paru-paru maupun kulit untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda. Jagalah kesehatan pernafasan Anda dengan kualitas oksigen yang baik dan teraturlah berolahraga agar racun dapat dikeluarkan lewat kulit terlebih lagi menghindari obesitas.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Selain itu, lengkapi juga hidangan makanan Anda dengan makanan yang sehat dan bergizi. Serta jangan lupa untuk tidur cukup di malam hari karena sejatinya, organ tubuh bekerja dengan maksimal pada saat Anda tidur.

Sponsors Link

Makanan dan minuman yang harus di konsumsi

Penyakit yang menyerang ginjal pada umumnya disebabkan karena salahnya makanan dan minuman yang masuk di dalam tubuh. Baik tiu karena jumlahnya yang salah ataupun kualitasnya.

Untuk menjaga kesehatan ginjal Anda, Anda sebaiknya memulai untuk rutin meminum jus buah maupun jus sayur. Kedua jenis jus dengan komposisi berbeda ini dapat membantu Anda dalam menjaga kondisi ginjal Anda. Selain itu, ada juga makanan yang baik untuk ginjal Anda yakni bawang putih. Bawang putih sangat baik akan kandungan antioksidannya. Akan tetapi juga terdapat makanan alternative lain yang sangat membantu Anda yaitu kembang kol. Kembang kol memiliki kandungan glucosinolate yang dapat membantu ginjal Anda mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui tidak ada minuman untuk kesehatan ginjal yang lebih baik daripada air putih dan jus buah dan jus sayur. Oleh sebab itu segeralah dengan teratur mengkonsumsinya untuk kesehatan ginjal Anda.

Demikianlah informasi mengenai kesehatan ginjal yang meliputi ciri-ciri ginjal yang baik dan dilengkapi dengan penjelasan tips untuk menjaga ginjal dan saran makanan dan minuman untuk dikonsumsi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami kesehatan ginjal.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi