Sponsors Link

40 Ciri Ciri Ginjal Rusak yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Penderita sakit pada ginjal di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat karena kurang kesadaran dalam menjaga pola makan dan tidak mendekati makanan penyebab sakit ginjal. Kondisi ginjal kronis juga akan menyebabkan terjadinya gagal ginjal, pengobatan untuk penyakit gagal ginjal juga harus dilakukan secara permanen dan terus – menerus. Oleh sebab itu perlunya efektifitas pencegahan bisa dilakukan sejak dini demi memperkecil kemungkinan sakit ginjal.

ads

Baca juga :

Ciri Ciri Ginjal Rusak

Penyakit ginjal sebenarnya ada banyak jenisnya, namun bagi masyarakat luas yang diketahui hanyalah batu ginjal dan gagal ginjal saja. Setiap penyakit yang diderita pasti didahului oleh gejala awal serta ciri – ciri yang pada umumnya terjadi jika ginjal bermasalah. Berikut ini adalah Ciri Ciri Ginjal Rusak wajib kita waspadai :

  1. Gatal Yang Estrim

Gejala dari penyakit batu ginjal dan gagal ginjal yang sering dialami adalah timbulnya rasa gatal di seluruh tubuh atau di beberapa bagian tubuh tertentu saja. Rasa gatal itu dirasa terlalu berlebihan dan terjadi hampir setiap hari, selain itu jika terlalu sering digaruk juga akan menimbulkan luka. Sangat berbeda sekali dengan gatal akibat iritasi kulit seperti biasanya

  1. Sulit Bernafas

Ciri Ciri Ginjal Rusak adalah penderita akan sulit bernafas atau merasakan sesak nafas. Hal ini disebabkan karena kondisi organ paru – paru yang seharusnya berisi udara, namun justru dalam hal ini berisi cairan sisa metabolisme yang menumpuk. Jika cairan sampai memenuhi rongga paru – paru pastinya penderita akan mengalami sesak nafas yang akut. Jadi meskipun beda organ namun harus tetap kita waspadai sesak napas yang dialami.

  1. Anemia

Hal yang hampir sama dengan sebelumnya, paru – paru yang kinerjanya terganggu akibat ginjal yang bermasalah bisa menimbulkan gejala sakit anemia. Hal ini dikarenakan jumlah sel darah merah akan berkurang diakibatkan penurunan pasokan oksigen dalam tubuh.

  1. Proses bernafas yang pendek

Proses bernapas pada manusia dengan kondisi normal dilakukan dalam jangka waktu sekitar 3 detik.  Namun pada penderita sakit ginjal, proses menghirup udara dan mengeluarkan udara hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 detik, sehingga cenderung terlihat memiliki nafas pendek – pendek atau terlalu cepat dari biasanya.

  1. Pusing

Selain anemia ginjal yang bermasalah juga dapat menimbulkan rasa pusing yang tidak wajar. Hal ini terjadi diakibatkan oksigen yang mengalir ke otak berkurang. Penurunan jumlah oksigen juga mengakibatkan suplai sel darah merah berkurang. Kurangnya suplai sel darah merah di kepala atau otak juga akan memberikan efek pusing yang tak kunjung sembuh.

  1. Cepat Lelah

Penderita ginjal akan merasakan mudah lelah jika sel darah merah dalam tubuh berkurang. Efek lelah ini timbul akibat proses pemecahan makanan menjadi energi yang kurang optimal dikarenakan jumlah oksigen dalam tubuh yang menurun. Kurang energi inilah yang menyebabkan penderita ginjal menjadi mudah lelah dan lemas.

  1. Pucat

Dalam hal ini anda bisa melihat kondisi telapak tangan anda. Apakah telapak tangan anda berwarna pucat atau kemerah – merahan seperti biasanya. Jika telapak tangan anda pucat bisa jadi anda sedang terkena anemia dikarenakan sel darah merah yang berkurang.

Sponsors Link

  1. Menggigil

Orang yang terindikasi menderita penyakit ginjal akan menggigil ketika merasa kedinginan namun cuaca saat itu sedang tidak dingin. Rasa menggigil yang timbul diakibatkan oleh anemia, anemia itulah yang menjadi penyebab penderita sakit ginjal akan merasa dingin secara tidak wajar.

  1. Kurang Konsentrasi

Ternyata sakit anemia yang timbul juga mengakibatkan penderita sering merasa kurang konsentrasi. Lagi – lagi kurangnya asupan oksigen pada sel darah merah di otak membuat penderita penyakit ginjal sering merasa kurang konsentrasi.

  1. Sering Kehilangan Keseimbangan

Ciri Ciri Ginjal Rusak yaitu Hilangnya keseimbangan dalam hal ini timbul akibat pusing yang dirasakan. Bahkan untuk berjalan dan beranjak dari tempat tidur orang yang menderita penyakit ginjal akan sering sekali hilang keseimbangan dan terjatuh.

  1. Sakit Di Sekitar Pinggang

Ciri Ciri Ginjal Rusak satu ini banyak dibahas dalam forum kesehatan dan masyarakat sudah banyak juga yang memahami ciri penyakit ginjal yang satu ini. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang kurang bisa membedakan antara nyeri pinggang akibat penyakit ginjal atau sakit pinggang biasa. Rasa nyeri ini bisa muncul karena adanya batu ginjal yang terjebak di saluran kemih atau ureter. Ketika kondisi batu ginjal semakin membesar, rasa nyeri pada pinggang pun akan semakin sering terasa dan baru bisa reda setelah berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

  1. Nyeri Saat Berkemih

Rasa nyeri saat kencing akan muncul pada penderita batu ginjal, hal itu disebabkan karena batu ginjal yang menekan saluran kemih tersebut sehingga rasa nyeri akan muncul bersamaan ketika buang air.

ads
  1. Hormon Terganggu

Ginjal berfungsi untuk memproduksi hormon. Ketika fungsi ginjal terganggu, kondisi hormon pun ikut terganggu. Gangguan hormon itu bisa berdampak pada meningkatnya hormon pembuat tekanan di dalam darah akan tetapi hormon – hormon lainnya menurun.

  1. Osteoporosis

Gangguan pada fungsi ginjal juga bisa berdampak pada penyakit tulang seperti osteoporosis. Hal itu dikarenakan asupan vitamin D yang mengalami penurunan dikarenakan penderita ginjal tidak bisa mendapatkan asupan vitamin D yang diperoleh dari makanan atau sinar matahari.

  1. Urin Berkurang

Salah satu cara paling efektif untuk mendeteksi gangguan pada ginjal adalah dengan melihat kondisi urin. Fungsi ginjal yang terganggu bisa menyebabkan kondisi urin yang dikeluarkan berkurang. Hal itu dikarenakan organ ginjal tidak bisa secara optimal mengeluarkan cairan sisa metabolisme, sebagian urin yang tidak dikeluarkan tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan justru menimbulkan komplikasi kesehatan salah satunya adalah sesak nafas. Kita perlu mewaspadai ketika banyak meminum cairan namun urin yang keluar sedikit.

  1. Urin Berlebihan

Ciri Ciri Ginjal Rusak, urin yang dikeluarkan berlebih pun bisa didindikasikan adanya gangguan ginjal. Fungsi pada ginjal bisa diberatkan dengan adanya insulin pada penderita diabetes. Seringnya urin yang keluar itu disebabkan ginjal tidak mampu menahan ekresi manusia berupa urin tersebut.

  1. Urin Berwarna Keruh

Ciri lainnya seseorang terkena infeksi ginjal adalah dengan melihat apakah urin yang dikeluarkan berwarna keruh. Hal ini disebabkan karena adanya bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh manusia dan menginfeksi ginjal sehingga fungsi ginjal untuk menyaring urin tidak bisa dilakukan secara optimal.

  1. Demam

Orang yang sakit ginjal bisa diketahui dengan munculnya gejala demam yang tidak kunjung sembuh meski sudah diberikan obat penurun demam. Penyebab demam itu tidak lain adalah masuknya bakteri ke dalam tubuh manusia untuk menyerang sistem imun. Demam yang timbul diakibatkan berkurangnya fungsi sistem imun dalam menangkal bakteri.

  1. Mual

Rasa mual yang muncul disebabkan karena terjadinya penumpukan cairan di dalam perut. Saat perut penuh dengan cairan, lambung bisa tertekan sehingga mendorong terjadinya mual.

  1. Tubuh Bengkak

Penumpukan cairan sisa metabolisme yang tidak bisa dikeluarkan secara optimal oleh ginjal bisa menyebabkan penderita mengalami bengkak. Tubuh yang biasanya mengalami pembengkakan adalah di bagian kaki, tangan dan juga perut.

  1. Perut Kembung

Selain mengalami mual, penumpukan cairan pada perut juga dapat mengakibatkan penderita ginjal merasakan perut kembung setiap. Penumpukan cairan di dalam perut bisa membuat perut kembung dan merasa kurang nyaman.

  1. Nafsu Makan Berkurang

Rasa tidak nyaman dalam perut sudah pasti akan menyebabkan nafsu makan berkurang. Jika sudah begitu, berat badan penderita ginjal akan menurun dengan drastis. Penderita ginjal akan mengalami penurunan berat badan dalam waktu singkat.

  1. Kencing Berdarah

Gejala seseorang terkena penyakit ginjal hematuria adalah urin yang dikeluarkan bisa bercampur darah. Hal ini disebabkan oleh filter ginjal  yang tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Darah di dalam tubuh manusia bisa saja ikut dikeluarkan saat kencing karena karena gangguan ini.

  1. Sering Kram Parah

Ciri Ciri Ginjal Rusak, hal ini disebabkan karena adanya penumpukan cairan di dalam tubuh menyebabkan otot – otot atau syaraf di dalam tubuh bereaksi, salah satunya ialah dengan kram tersebut.

  1. Sulit Tidur

Berbeda dengan sulit tidur karena insomnia, sulit tidur yang dimaksud dikarenakan sesak nafas dan kondisi perut yang tidak enak. Banyak sekali penyebab terjadinya kondisi seseorang sulit tidur, salah satunya adalah penyakit ginjal.

  1. Timbul Bengkak Di Pelupuk Mata

Timbulnya bengkak pada penderita sakit ginjal bisa mencapai bagian pelupuk mata. Hal itu menjadi salah satu indikasi bahwa seseorang terkena penyakit radang ginjal. Orang yang menderita radang ginjal diharuskan menjalani cuci darah seumur hidupnya.

  1. Lutut Bengkak

Pada orang yang menderita penyakitradang ginjal, selain pada pelupuk mata pembengkakan juga bisa terjadi di daerah lutut.  Lagi – lagi hal itu disebabkan karena penumpukan caran sisa metabolisme dan juga kurang maksimal nya penyerapan air dalam tubuh.

  1. Buah Zakar Bengkak

Ciri penyakit radang ginjal lainnya adalah bisa diketahui dari buah zakar pada penis pria bengkak. Penyebabnya pun sama yaitu terjadinya penumpukan cairan sisa metabolisme dan juga kurang maksimal nya penyerapan air dalam tubuh.

  1. Busa Di Air Kencing

Anda patut waspada apabila ditemukan busa pada air kencing anda. Bisa saja hal itu terjadi karena radang ginjal. Kerusakan pada nefron ginjal yang menyebabkan mengapa air kencing menjadi berbusa.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Radang ginjal juga bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Hal itu terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah pada penderita ginjal yang juga bisa saja memiliki penyakit diabetes.

  1. Lapisan Perut Meradang

Lapisan perut pada tubuh penderita ginjal bisa mengalami peradangan akibat bakteri yang menginfeksi ke dalam tubuh manusia. Hal itu diperparah dengan kondisi imun penderita ginjal yang menurun seperti pada ciri – ciri sebelumnya. Pada saat itu tubuh akan mudah terkena berbagai macam penyakit dan salah satunya peradangan pada lapisan perut.

  1. Kencing Diserbu Semut

Gejala tersebut terjadi pada penyakit ginjal glukosaria. Sesuai dengan namanya penderita glukosaria akan memiliki kadar gula di dalam urin sehingga ketika buang air kecil banyak semut yang datang.

  1. Susah Buang Air Kecil

Gejala ini terjadi ketika batu ginjal yang menyumbat sudah semakin besar dan dampaknya akan sedikit menghambat saluran kecing. Penyakit batu ginjal juga bisa menyerang ibu hamil. Pada ibu hamil yang seharusnya lebih sering kencing ketika usia kehamilannya telah besar justru akan merasakan kesulitan ketika kencing.

  1. Memiliki Pertumbuhan Yang Pelan

Tidak hanya menyerang orang dewasa saja, penyakit ginjal juga bisa diderita oleh anak – anak. Kondisi ini dapat diketahui pada anak-anak yang kesulitan dalam tumbuh dan berkembang. Ginjal termasuk dalam organ vital untuk menunjang tumbuh kembang anak-anak dan juga bayi.

Sponsors Link

  1. Mata Sembab

Mata sembab yang terjadi pada anak – anak terutama saat pagi hari disebabkan adanya penumpukan cairan dan juga penyerapan air yang kurang maksimal pada anak-anak. Namun saat siang hari kondisi itu perlahan menghilang dan muncul lagi keeseokan paginya.

  1. Diare

Gejala diare juga bisa timbul pada anak karena terindikasi sakit ginjal. Penyebabnya adalah infeksi pada saluran cerna akibat bakteri yang juga menyerang ginjal.

  1. Kadar Albumin Menurun

Penyakit ginjal bernama albuminuria dapat menyebabkan penurunan kadar albumin di dalam darah. Fungsi ginjal yang menurun lah yang menjadi kadar albumin pun menjadi menurun juga. Tepatnya alat filtrasi pada ginjal yang mengalami kerusakan.

  1. Rasa Sakit Di Bagian Pinggang

Sama seperti kondisi mata yang membengkak, rasa sakit juga bisa timbul karena penumpukan cairan dalam tubuh. Gejala ini menandakan penderita sakit radang ginjal.

  1. Kelainan Pembentukan Darah

Sudah dibahas sebelumnya bahwa permasalahan pada ginjal juga bisa berdampak pada darah. Gejala ini jika dibiarkan terus menerus akan memunculkan resiko pembekuan darah .

  1. Kurang bergairah

Gejala ini biasanya muncul pada penderita nefritis atau radang ginjal. Kita wajib mewaspadai kondisi psikis yang kurang semangat/bergairah padahal tidak sedang tertimpa masalah atau stress.

Kurangnya kesadaran seperti terlalu banyak mengonsumsi garam, protein hewani, alkohol, dan obat – obatan (terutama pereda nyeri) dianggap menjadi penyebab utama rusaknya organ ginjal. Selain itu penting juga untuk selalu mengonsumsi air putih agar ginjal selalu terjaga kesehatannya.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :