Sponsors Link

Ciri Ciri Ginjal Lemah yang Tanpa Disadari Sering Terjadi

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk menyaring dan membersihkan darah. Ginjal menyaring sekitar 200 liter darah setiap harinya, dan memproses hampir dua liter racun/limbah, serta air yang berasal dari makanan maupun minuman yang masuk ke tubuh. Sistem dan fungsi ginjal sangat menentukan kesehatan tubuh, sehingga saat ada hal yang menjadi penyebab ginjal tidak berfungsi, kondisi ini tentu sangat berbahaya.

ads

Jika ginjal tidak berfungsi, atau fungsi ginjal menurun dan melemah, maka zat zat kapur dan berbagai zat lain yang harus dikeluarkan dari tubuh melalui urine menjadi tertimbun di dalam ginjal. Hal ini ditandai dengan sering kencing dan sakit pinggang, serta munculnya gejala awal penyakit batu ginjal.

Untuk mengetahui dan mendeteksi secara dini apakah fungsi ginjal anda melemah atau tidak, anda harus dengan teliti memperhatikan gejala – gejala dan reaksi yang ditunjukkan oleh organ ginjal pada tubuh anda. Berikut lima ciri ciri ginjal lemah yang harus anda waspadai:

  1. Terasa pegal, kejang, dan sakit di bagian pinggang belakang

Saat ginjal anda melemah, akan sangat terasa sekali nyeri dan pegal pada bagian belakang pinggang, tepat di bawah perut, di bagian kiri dan kanan. Hal tersebut berkaitan dengan letak ginjal, sehingga jika anda sering merasa sakit atau nyeri disertai pegal-pegal hal ini bisa menjadi tanda melemahnya ginjal anda.

  1. Buang air kecil tidak normal

Ginjal adalah organ ekskresi yang sangat penting yang mengatur dan mengolah sisa-sisa zat yang tidak digunakan lagi dalam bentuk urine. Oleh karena itu ciri ciri ginjal lemah dapat diperhatikan dari kondisi urine yang dihasilkan oleh tubuh. Berikut perubahan pada urine yang menjadi tanda menurunnya fungsi ginjal anda:

  • Warna Urine

Warna urine normal adalah kuning bening, atau kuning madu. Saat warna urine anda berubah warna menjadi kuning pekat, kuning kecoklatan, atau kuning kemerah-merahan, hal tersebut menandakan ginjal anda bermasalah.

  • Frekuensi Kencing

Saat frekuensi kencing meningkat, yang artinya anda sering kencing berkali-kali tetapi dengan volume sedikit, hal ini menandakan ginjal anda tidak berfungsi dengan normal. Terlebih jika anda kencing berkali-kali saat malam hari.

  • Kencing Berdarah

Jika urine anda berwarna kemerah-merahan, bahkan mengandung darah, hal ini sudah membuktikan bahwa ginjal anda perlu ditangani lebih lanjut. Kondisi ini menunjukkan ginjal tidak mampu lagi menyaring darah dan cairan tubuh dengan baik.

  1. Mual dan muntah muntah

Jika anda mengalami mual disertai muntah berkali-kali, anda harus waspada. Terlebih jika setelahnya mulut anda terasa atau berbau logam dan ammonia. Hal ini hampir selalu terbukti merupakan ciri ciri ginjal lemah. Tidak hanya itu, bahkan sudah dapat dipastikan anda menderita gagal ginjal awal.

Sponsors Link

  1. Gelisah, kelelahan, dan susah tidur

Ginjal tidak hanya bekerja sebagai organ eksresi, tetapi juga sebagai organ yang memproduksi hormone pembentuk sel-sel darah merah. Jika fungsi ginjal melemah, maka produksi sel darah merah akan menurun. Hal ini dapat mengakibatkan anemia. Inilah yang menjadikan tubuh kurang bertenaga, mudah lelah dan lemas, bahkan setelah banyak istirahat.

Melemahnya fungsi ginjal juga mengakibatkan susah tidur dan gelisah. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya racun dan limbah di dalam tubuh yang tidak diolah dengan baik. Ginjal yang tidak mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh mengakibatkan racun kembali masuk ke peredaran darah dan mengganggu system saraf tubuh sehingga tubuh sulit rileks.

Sponsors Link

  1. Sering merasakan dingin hingga menggigil

Dingin dan menggigil merupakan ciri ciri ginjal lemah yang sering diremehkan. Padahal ketika tubuh mendadak terasa dingin hingga menggigil padahal tidak dipengaruhi oleh suhu udara, anda patut waspada. Berubahnya suhu tubuh menjadi dingin hingga menggigil berkaitan dengan fungsi ginjal yang tidak mampu memproduksi sel sel darah merah dengan baik.

Untuk membantu mengembalikan fungsi ginjal yang melemah, selain berkonsultasi dengan dokter, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal agar tubuh anda mendapatkan nutrisi yang sesuai. Semoga informasi ini bermanfaat!

Sponsors Link
>
, , , ,