Sponsors Link

5 Ciri Ciri Ginjal Kronis yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Perlu anda ketahui, organ ginjal merupakan salah satu organ paling penting yang menopang kestabilan dan keseimbangan kerja tubuh anda. Kondisi kesehatan ginjal sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika anda mengalami kondisi ginjal kronis, akan sangat terlihat sekali dampaknya pada fungsi-fungsi organ tubuh yang lain. Organ-organ dan beberapa jaringan tubuh bekerja tidak maksimal, sehingga menimbulnya berbagai komplikasi yang membahayakan kesehatan anda secara keseluruhan. Hal ini tentu membuat anda harus mencari cara memulihkan fungsi ginjal agar tubuh anda kembali sehat dan berfungsi seperti sediakala.

ads

Ginjal kronis adalah kondisi saat fungsi ginjal terus memburuk dan menurun hingga pada akhirnya ginjal sama sekali tidak bisa bekerja seperti seharusnya. Keadaan ini sangat berbahaya karena ginjal diperlukan untuk menyaring darah, melakukan sekresi, mengontrol keseimbangan cairan tubuh, bahkan memproduksi sel darah merah. Saat ginjal tidak bekerja dengan baik, tentu akan terjadi kekacauan di dalam tubuh. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, dalam beberapa waktu ginjal dapat mengalami kerusakan secara permanen, bahkan fungsi ginjal dapat berhenti sama sekali.

Untuk mewaspadai kondisi ginjal kronis ini, tentu saja ada hal-hal yang perlu anda perhatikan. Semakin cepat anda mendeteksi gejalanya, maka akan semakin besar kemungkinan fungsi ginjal dapat dikembalikan ke kondisi semula. Apa sajakah ciri ciri ginjal kronis yang dapat diamati? Berikut lima rinciannya:

  1. Terlalu Sering Buang Air Kecil

Apakah anda sering buang air kecil pada malam hari? Tidak hanya sekali dua kali, tetapi berkali-kali hingga terasa mengganggu istirahat anda. Apakah volume air kencing yang dikeluarkan sedikit atau lebih banyak dari biasanya? Apakah hal tersebut berkaitan dengan jumlah cairan/air minum yang anda konsumsi? Jika jawabannya tidak, anda perlu mewaspadai gejala tersebut. Adanya peningkatan frekuensi saat buang air kecil menunjukkan ginjal tidak bekerja dengan baik. Ginjal tidak dapat berkoordinasi dengan saluran kemih sehingga tubuh akan terus menerus mengeluarkan reaksi ingin buang air kecil.

  1. Nafsu Makan dan Berat Badan Menurun

Tidak selera makan? Berjam-jam tidak makan tetapi tetap merasa tidak lapar? Hal ini merupakan salah satu ciri ciri ginjal kronis yang sangat umum. Penurunan selera makan akan berdampak pada penurunan berat badan. Akibatnya, penderita ginjal kronis akan terlihat kurus karena ginjal tidak mampu menyeimbangkan kondisi tubuh.

  1. Sulit Tidur disertai Sakit/Pusing Kepala

Terdengar sepele, tetapi sulit tidur berkepanjangan yang terkadang disertai dengan sakit kepala dan pusing pusing adalah gejala ginjal kronis yang harus diperhatikan dengan seksama. Hal ini merupakan reaksi tubuh akibat penumpukan racun yang tidak diolah dengan baik serta tidak segera dikeluarkan akibat fungsi ginjal yang menurun.

  1. Terdapat Protein dan Darah di Dalam Urine

Perhatikan warna urine anda. Warna urine sehat adalah kuning bening seperti madu, sedikit lebih pucat maupun lebih pekat masih bisa dikategorikan sebagai urine yang sehat. Jika urine anda merah muda hingga kemerahan, anda perlu waspada sebab hal ini menunjukkan ada kandungan darah dalam urine anda. Kandungan darah dalam urine biasanya disertai dengan kandungan protein. Hal ini sudah jelas menunjukkan ciri ciri ginjal kronis pada organ ginjal anda.

  1. Tekanan Darah Tidak Stabil

Salah satu fungsi ginjal yang paling utama adalah menjaga keseimbangan tekanan darah, oleh karena itu anda perlu melakukan pengecekan mendalam jika tekanan darah anda tidak normal. Tekanan darah dapat tinggi maupun rendah, sesuai dengan kondisi tubuh.

Sponsors Link

Untuk mengembalikan ginjal pada kondisi semula, dan agar ginjal kembali berfungsi dengan baik, anda harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui sudah seberapa kronis kondisi ginjal anda. Banyak minum air putih, kurangi makanan yang mengandung banyak bahan kimia seperti MSG dan sejenisnya, usahakan agar anda selalu mengkonsumsi makanan sehat untuk ginjal. Ginjal membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin selama pengobatan agar pulih dengan cepat.

Cegah ginjal rusak dan kronis sedari sekarang! Jangan tunda hanya karena anda merasa masih muda. Baik tua maupun muda, tubuh sangat membutuhkan fungsi normal ginjal anda. Waspadai ciri ciri ginjal kronis agar kesehatan tubuh selalu terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat!

Sponsors Link
>
, , , ,