Sponsors Link

Ciri Ciri Ginjal Kotor yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Jangan pernah sepelekan peranan ginjal dalam tubuh anda. Ginjal adalah salah satu organ paling penting yang banyak berperan dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Ginjal berfungsi menyaring darah, membersihkan & mengeluarkan racun serta sisa-sisa sekresi yang bisa membahayakan tubuh, mengontrol keseimbangan Ph darah dan cairan di dalam tubuh, serta mengatur kadar dalam darah. Berbagai fungsi yang sangat penting ini tidak akan berjalan dengan baik saat ginjal dalam keadaan kotor. Ginjal kotor dapat menjadi awal penyebab ginjal bermasalah. Yuk, perhatikan ciri ciri ginjal kotor berikut agar anda dapat mengatasinya secara dini. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

ads

Secara umum, ada lima ciri ginjal kotor yang perlu anda perhatikan. Ciri ciri ginjal kotor ini bisa saja merupakan ciri ciri sakit ginjal awal, sehingga jika anda mengalami salah satu gejala di bawah ini, sebaik anda harus berkonsultasi dengan dokter segera untuk ditindak lanjuti sebelum terlambat.

  1. Mengalami mual disertai muntah-muntah

Mual disertai muntah-muntah memang bisa saja bukan merupakan tanda ginjal bermasalah. Bisa saja hal ini adalah tanda sakit pencernaan, atau penyakit migrain dan masuk angin misalnya. Bagaimana menentukan saat kondisi mual dan muntah muntah bisa dikategorikan sebagai ciri ciri ginjal kotor? Saat mual dan muntah muntah anda berlangsung secara terus menerus atau seringkali terjadi tanpa alasan yang jelas, anda perlu mewaspadai adanya masalah pada ginjal anda. Mual dan muntah muntah adalah gejala awal yang menandakan ginjal anda kotor dan terinfeksi.

  1. Selera makan menurun drastis

Jika selera makan anda mengalami penurunan secara drastis, anda harus memperhatikannya dengan teliti. Apakah ada sebab lain seperti pengaruh konsumsi obat diet dan teh pelangsing, atau hal ini terjadi secara tiba-tiba tanpa pengaruh dari obat-obatan ataupun pola makan anda. Saat selera makan anda menurun tanpa sebab, hal ini bisa menandakan ginjal anda kotor tengah bekerja keras untuk membersihkannya agar dapat berfungsi normal kembali.

  1. Kulit menjadi kering dan sering gatal

Kulit menjadi kering dan sering gatal karena ginjal yang kotor tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini berimbas pada tidak terdistribusinya cairan tubuh dengan baik ke seluruh kulit, sehingga kulit menjadi kering dan terkadang disertai gatal gatal.

  1. Bengkak pada beberapa bagian tubuh

Ginjal yang kotor tidak dapat mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh, sehingga terjadi penumpukan cairan di beberapa bagian tubuh. Hal ini menyebabkan bengkak atau edema di bagian kaki, tangan, dan wajah. Pembengkakan ini biasanya juga disertai dengan keluarnya protein dan urine dari dalam saluran tubuh. Jika anda mengalami masalah ini, sudah pasti tubuh anda menunjukkan ciri ciri ginjal kotor yang harus segera ditangani.

  1. Nafas berbau seperti urine

Saat ginjal kotor, ginjal tidak bisa mengontrol kadar urea di dalam darah dengan baik. Hal ini mengakibatkan naiknya kadar urea di dalam darah. Saliva akan menguraikan urea menjadi ammonia di dalam mulut, sehingga mulut dan nafas akan berbau seperti urine.

Sponsors Link

Ada beberapa penyebab ginjal kotor yang harus anda hindari dan perhatikan. Berikut diantaranya:

  1. Konsumsi obat obatan tertentu

Berikut jenis obat-obatan yang harus anda kurangi penggunaannya untuk menjaga ginjal anda agar selalu bersih.

  • AINS atau Anti-Inflamasi Non-Steroid
  • Aminoglikosid dan analgesik
  • Jamu pegal linu dan jamu pelangsing
  1. Konsumsi makanan dan minuman tertentu

Kurangi konsumsi makanan dan minuman berikut agar ginjal anda selalu bersih dan tidak menunjukkan ciri ciri ginjal kotor.

  • Makanan dengan kadar garam tinggi
  • Daging secara berlebihan
  • Minuman berkarbonasi dan minuman berkafein
  • Makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan

Yuk, perhatikan kebersihan ginjal anda sedari sekarang. Jangan biarkan tubuh anda menunjukkan ciri ciri ginjal kotor yang dapat mengganggu keseharian anda beraktivitas. Makanlah makanan sehat, terapkan pola olahraga teratur untuk menjaga metabolisme tubuh agar kerja ginjal tidak terlalu berat, dan pelajari cara menjaga ginjal agar tetap sehat. Selamat mencoba, dan semoga informasi ini bermanfaat!

Sponsors Link
>
, , , ,