Sponsors Link

8 Ciri Ciri Ginjal Bocor Pada Anak Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Ginjal bocor adalah salah satu penyakit ginjal yang sering kali dialami oleh orang-orang yang tidak memiliki pola hidup yang baik. Jumlah penderita penyakit ginjal bocor ini ternyata juga bisa dibilang cukup banyak, seperti layaknya jumlah penderita batu ginjal. Lebih daripada itu, perlu untuk kita ketahui bahwa ternyata penyakit yang satu ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga bisa menyerang anak-anak.

ads

Tentu saja semua orang tua pada umumnya tidak menginginkan anak-anak kesayangan mereka sampai menderita penyakit ginjal bocor. Oleh karena itulah, orang tua pada umumnya harus mampu mengetahui apa saja ciri ciri ginjal bocor pada anak layaknya mengetahui penyebab ginjal bocor pada orang dewasa agar bisa mengantisipasi agar anak-anak mereka tidak terlanjur terkena ginjal bocor yang parah. Memangnya apa saja ciri ciri ginjal bocor pada anak itu? Buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri ginjal bocor pada anak-anak yang perlu untuk kita ketahui.

1. Berkurangnya nafsu makan

Salah satu ciri-ciri masalah pada anak-anak, dan juga bisa digunakan sebagai salah satu indikasi bahwa anak-anak mengalami permasalahan pada ginjal mereka, adalah berkurangnya nafsu makan pada anak-anak. Anak-anak yang sakit, akan mengalami penurunan nafsu makan. Oleh karena itulah, apabila anak-anak Anda tiba-tiba tidak nafsu makan, dan mengalami beberapa gejala sakit yang lain, patut untuk segera diperiksakan ke dokter terdekat untuk diketahui apakah penyakit yang menyerang anak Anda tersebut.

2. Tekanan darah menurun drastis

Salah satu fungsi ginjal adalah mengatur tekanan darah bersama dengan jantung. Darah yang masuk ke dalam ginjal ginjal akan diproses untuk dipisahkan zat mana yang masih dibutuhkan tubuh dan apa yang sudah tidak diperlukan lagi. Ketika ginjal mengalami masalah, termasuk ginjal bocor, maka akan terjadilah penurunan tekanan darah. Apabila terdapat tanda-tanda bahwa anak menjadi lemas atau pucat dan telapak tangan mereka dingin, hal tersebut bisa menjadi ciri-ciri yang kuat bahwa kesehatan anak sedang terganggu. Oleh karena itulah bisa menjadi salah satu ciri ciri ginjal bocor pada anak. Lebih lanjut kamu bisa membaca penyebab ginjal bocor pada ibu hamil apabila subjek yang mengalami adalah ibu hamil.

3. Penyusutan masa otot

Selain dua ciri ciri di atas, pada anak-anak yang mengalami masalah ginjal bocor juga bisa terjadi penyusutan masa otot. Ciri-ciri yang satu ini sebenarnya berhubungan dengan gejala yang pertama yakni berkurangnya nafsu makan. Penyusutan masa otot ini disebabkan karena anak-anak tidak nafsu makan sehingga lama kelamaan masa otot akan menyusut karena akan terus dipakai energinya tanpa ada cadangan energi yang lain. Untuk membantu mengatasi ini bisa mencoba manfaat jus seledri untuk ginjal bocor.

4. Warna urine keruh

Warna urine juga bisa menunjukkan bahwa ginjal anak Anda mengalami masalah tertentu. Urine yang keruh adalah salah satu pertanda bahwa ginjal anak Anda sedang mengalami ginjal bocor. Pada umumnya, seperti yang telah kita ketahui bersama, ginjal yang baik akan menghasilkan air urine yang berwarna bening atau kekuningan. Apabila urine anak Anda berwarna keruh seperti berwarna cokelat atau merah, maka Anda bisa memberikan anak Anda tambahan air putih.

Akan tetapi apabila hal tersebut telah dilakukan tetapi masih tetap seperti itu, ada baiknya untuk segera mengonsultasikannya dengan dokter yang terpercaya karena besar kemungkinan ginjal anak benar-benar bermasalah. Selain menjadi keruh, urine juga bisa bercampur darah dan nanah apabila terjadi masalah ginjal bocor.

5. Urine berbau busuk

Urine pada umumnya memang memiliki bau tertentu yang khas, akan tetapi pada mereka yang mengalami permasalahan ginjal termasuk ginjal bocor, bau urine akan berubah menjadi sangat busuk. Apabila bau urine anak Anda sangat buruk, besar kemungkinan ada permasalahan pada ginjal atau pola konsumsi yang ia miliki. Untuk mengatasi ini bisa dibantu dengan tanaman herbal untuk ginjal bocor.

Sponsors Link

6. Sering mengompol

Mengompol adalah perilaku yang lumrah dilakukan oleh para balita. Namun demikian, mengompol juga bisa terjadi pada anak-anak, dan hal ini sering terjadi, maka patut diwaspadai karena bisa menjadi salah satu tanda bahwa ginjal mengalami permasalahan tertentu. Oleh karena itulah, apabila Anda menemui anak Anda jadi sering mengompol diikuti dengan munculnya tanda yang lain, lebih baik segera diperiksakan ke dokter agar bisa diketahui penyebabnya yang pasti.

7. Sakit saat buang air kecil

Salah satu tanda yang paling jelas bahwa ginjal atau saluran kemih mengalami masalah tertentu adalah munculnya rasa nyeri yang akan dialami ketika buang air kecil. Baik pada orang dewasa ataupun anak-anak, masalah yang satu ini akan terjadi. Tentunya apabila Anda sering menemui anak Anda kesakitan ketika buang air kecil, lebih baik segera diperiksakan karena besar kemungkinan hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa ginjal atau saluran kemih anak Anda sedang bermasalah.

8. Pembengkakan tubuh

Ciri ciri ginjal bocor pada anak berikutnya adalah munculnya pembengkakan pada tubuh. Pembengkakan tersebut biasanya terjadi pada area sektiar pergelangan tangan dan kaki. Selain itu, juga bisa terjadi di sekitar mata. Apabila Anda melihat terjadi pembengkakan pada area-area tersebut, ada baiknya untuk segera memeriksakan ke dokter terdekat supaya bisa diketahui penyebab pastinya.

Sponsors Link

Itulah beberapa ciri-ciri ginjal bocor pada anak. Lalu bagaimana cara agar ginjal bocor pada anak bisa dicegah? Tentunya Anda harus menerapkan beberapa hal untuk bisa mencegah ginjal bocor pada anak. Apa saja hal tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Mengonsumsi manggis
  • Mengonsumsi buah apel
  • Mengonsumsi air dengan cukup setiap hari
  • Menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga
  • Mengurangi konsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan ginjal
  • Memperbanyak memakan makanan yang baik untuk kesehatan ginjal
  • Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ginjalmu

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah agar ginjal bocor tidak terjadi pada anak-anak. Semoga dengan beberapa informasi di atas kita bisa melindungi anak-anak dari penyakit ginjal bocor. Jangan lupa untuk mempelajari pengobatan ginjal bocor juga ya.

Selamat menjaga kesehatan ginjal!

Sponsors Link
>
, ,