Sponsors Link

14 Ciri Ciri Ginjal Bocor pada Anak, Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu alat ekskresi yang dimiliki oleh manusia dan tidak kalah penting dengan alat eksresi lainnaya. Oleh sebab itu, jangan sampai ‘kecolongan’ atau kelupaan terhadap pentingnya menjaga kesehatan ginjal Anda. Terkhusus bagi orang yang super sibuk, dimana menginginkan segala sesuatu terjadi dengan cepat bahkan dengan instan. Hal ini dapat mendorong masyarakat untuk terus menyukai untuk mengkonsumsi makanan cepat saji.

ads

Beberapa di antara mereka mengungkapkan bahwa cara tersebut adalah cara yang paling praktis. Sebagai alasan pendukungnya yaitu mereka mengakui bahwa mereka tidak memiliki waktu yang lama untuk sekedar sarapan atau makan siang dan makan malam. Padahal sebenarnya kebiasaan inilah yang salah dan harus segera diubah. Apabila tidak segera diubah maka dapat mengakibatkan penyakit pada ginjal.

Baca juga :

Selain kurangnya perhatian akan asupan makanan yang masuk di dalam tubuh, salah satu diantaranya yaitu kurangnya mengkonsumsi air putih. Air putih memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme dan membantu organ-organ dalam tubuh untuk menyelesaikan pekerjaaannya. Perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali penyakit yanh sedang mengincar organ Anda termasuk kedua ginjal yang Anda miliki sekarang. Beberapa penyakit tersebut adalah ginjal mengecil, batu ginjal dan ginjal bocor. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai ginjal bocor.

Ciri-Ciri Ginjal Bocor

Ginjal bocor termasuk salah satu penyakit yang umum dialami oleh orang-orang yang tidak memiliki pola hidup yang sehat. Jumlah orang yang terkena penyakit ini juga terbilang cukup banyak, seperti jumlah penderita batu ginjal. Perlu untuk Anda ketahui,penyakit ginjal bocor tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Masalah ginjal yang satu ini juga kerap menyerang anak-anak.

Pada anak-anak tentunya diperlukan perhatian yang khusus perihal masalah kesehatan ginjalnya. Tidak ada orang tua yang meninginkan anaknya untuk terserang penyakit ginjal bocor. Akan tetapi, meskipun yang Anda lihat adalah anak Anda yang sehat, namun di dalam tubuhnya belum tentu tidak terjadi masalah. Mengingat akan bahayanya masalah ginjal bocor pada anak-anak, para orang tua wajib mengetahui tanda-tanda adanya kesalahan pada anak-anak mereka.

Ginjal Bocor pada Anak

  1. Berkurangnya Nafsu Makan

Ciri Ciri Ginjal Bocor, Sebagai orang tua tentunya Anda sudah mengetahui porsi makan anak Anda. Porsi makan biasanya berkaitan dengan nafsu makan anak Anda. Perlu diketahui bahwa orang yang kesehatannya sedang terganggu akan mengalami hal ini. Nafsu makan yang dimilikinya akan berkurang. Tentunya, hal ini sangat membahayakan kondisi tubuhnya karena sejatinya tubuh manusia memerlukan asupan makanan untuk bekerja dan menghasilkan energi. Gunakan tanda pertama ini untuk mencurigai apakah kesehatan ginjal anak Anda masih baik.

2. Tekanan Darah Menurun Drastis

Mungkin Anda telah mengetahui bahwa salah satu fungsi ginjal adalah bekerja sebagai pengatur tekanan darah. Darah yang dibawa ke ginjal akan diproses untuk memisahkan zat mana yang masih dibutuhkan tubuh dan zat mana yang sudah tidak diperlukan lagi. Apabila Anda menemukan tanda-tanda bahwa anak Anda menjadi lemas atau pucat dan telapak tangan dingin,hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa kesehatan anak Anda sedang terganggu.

Sponsors Link

3. Masa Otot Menyusut

Selain kedua Ciri Ciri Ginjal Bocor di atas, Anda juga dapat ,melihat ciri ketiga ini. Biasanya, anak yang memiliki gangguan ginjal atau menderita penyakit ginjal bocor akan ditandai dengan menyusutnya masa otot yang dimilikinya. Hal ini berhubungan dengan cirri pertama yakni berkurangnya nafsu makan. Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab dari menyusutnya masa otot yang dimiliki anak Anda adalah berkurangnya nafsu makan yang dimilikinya.

4. Warna Urin yang Keruh

Warna urin yang keruh juga dapat digunakan sebagai pertanda bahwa ginjal anak Anda sedang mengalami permasalahan yakni ginjal bocor. Kita semua mengetahui bahwa ginjal yang baik akan menghasilkan air urin yang berwarna bening. Apabila anak Anda mengalami tanda ini, sebaiknya berikan anak Anda air putih dan bila masih tetap seperti itu, segeralah untuk mengkonsultasikannya dengan dokter. Selain keruh, biasanya juga penderita ginjal bocor akan memproduksi urin yang bercampur darah dan nanah.

5. Urin Bau

Ketika seseorang dalam keadaan sehat maka dia tidak akan memiliki permasalahan pada aroma urin. Urin normal tidak akan memberikan sensasi aroma yang menyengat dan berbau.

6. Sering Mengompol

Mengompol biasanya dilakukan oleh balita. Biasanya ketika seorang anak sudah berhenti mengompol maka besar kemungkinan dia tidak akan pernah mengompol lagi. Ketika hal itu terjadi kembali, maka tidak perlu dikhawatirkan karena bisa saja banyak faktor yang mempengaruhinya. Akan tetapi apabila anak Anda menjadi sangat sering mengompol, maka Anda perlu memeriksanya. Kasus ini biasanya terjadi pada anak-anak yang menderita ginjal bocor dengan usia di atas 5 tahun.

ads

7. Melemahnya Aliran Kemih

Ginjal memang erat kaitannya dengan saluran kemih. Anak yang memiliki permasalahan pada saluran kemih maka dapat juga memperburuk ginjal begitu juga sebaliknya. Karena hal ini, anak yang sedang terkena ginjal bocor akan kerap merasakan sakit di bagian perutnya. Lebih parahnya lagi, anak Anda akan menangis dan kesakitan saat buah air kecil. Semua hal itu terjadi karena adanya kesalahan pada saluran kemih.

8. Mengalami Pembengkakan

Ciri Ciri Ginjal Bocor, Pembengkakan juga dapat menyerang orang yang ginjalnya bocor. Pembengkakan biasanya terjadi di pergelangan tangan dan kaki. Selain itu, juga dapat menyerang mata dan menyebabkan pembengkakan di sana.

Baca juga :

Ginjal Bocor pada Orang Dewasa

1. Mengalami Sesak nafas

Ginjak bocor juga dapat menyerang orang dewasa. Salah satu cirri-ciri bahwa ginjal seorang dewasa telah bocor adalah mengalami sesak nafas. Sesak nafas biasanya ditemukan pada orang yang menderita penyakit jantung. Perlu Anda ketahui bahwa penderita sesak nafas ini harus segera mendapatkan pertolongan. Pertolongan yang diberikan dapat berupa oksigen ataupun obat herbal.

2. Urin Mengandung Busa

Urin yang berbusa adalah salah satu tanda bahwa tubuh Anda sedang bermasalah. Salah satu masalah yang mungkin sedang menyerang Anda ketika Anda menemukan urin Anda mengandung busa adalah kebocoran ginjal. Perlu Anda ketahui bahwa urin yang berbusa harus segera mendapatkan penanganan yang tepat jika tidak mau terjadi masalah yang lebih akut lagi. Penanganan sederhananya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kulit manggis.

3. Otot Lemas

Otot lemas adalah Ciri Ciri Ginjal Bocor seorang dewasa sedang bocor. Terganggunya sistem kerja ginjal menjadikan asupan makanan tidak diproses dengan baik di ginjal. Asupan tersebut tidak diterima dengan kadar yang tepat oleh ginjal sehingga membuatnya cepat lemas. Terlebih lagi kinerja ginjal yang kurang maksimal yang membuat kinerja otot menjadi lambat.

4. Lutut Bengkak

Ditemukannya benjolan pada lutu yakni bengkak pada lutut orang dewasa dapat dijadikan sinyal bahwa terjadi suatu masalah seperti ginjal bocor. Apabila Anda mendapatkan tanda-tanda ini, segeralah untuk berobat ke dokter. Ditakutkan penyakit ini malah semakin berbahaya jika terus disepelekan.

5. Darah Rendah

Selain pada anak-anak, darah rendah atau menurunnya tekanan darah pada orang dewasa juga merupakan pertanda bahwa terdapat masalah. Salah satu masalah yang mungkin saja sedang dialaminya adalah ginjal bocor. Karena itu, segeralah meminta bantuan medis untuk mengatasinya.

6. Masalah pada Alat Vital

Permasalahan pada alat vital yang dimaksudkan pada bagian ini terjadi pada laki-laki dewasa. Pria dewasa yang terserang penyakit ginjal bocor akan memberikan tanda-tanda pada buah zakarnya. Menurut ahli medis, tanda ini kerap dijadikan pertanda bahaya yang harus segera diatasi.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Ginjal Bocor

Banyak cara yang dapat mengatasi penyakit ginjal bocor. Apabila setelah Anda melakukan pemeriksaan pada dokter, dan dokter mengatakan bahwa kebocoran pada ginjal Anda tidak terlalu mengkhawatirkan atau masih dalam tahap awal, Anda dapat menjadikan ekstrak teripang laut sebagai alternative pengobatannya. Teripang laut dikenal dengan kandungan Gemapeptide nya yang baik.

Kandungan ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit dalam, termasuk ginjal bocor. Selain menggunakan obat ini, Anda juga dapat menggunakan obat-obatan herbal lainnya dengan catatan bahwa penjual adalah penjual yang terpercaya karena ini menyangkut permasalahan kesehatan. Perlu Anda ketahui, apabila dokter mengatakan bahwa penyakit Anda sudah sangat parah, biarkan dokter dan doa Anda yang bekerja.

Cara Mencegah Ginjal Bocor

  1. Jagalah tekanan darah Anda. Usahakanlah berada pada 130/80 mmHg
  2. Jagalah kesehatan pembuluh darah Anda. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah Anda adalah dengan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda.
  3. Lakukanlah diet rendah garam dan protein. Diet ini berfungsi saat terjadi pembengkakan pada bagian tubuh Anda seperti tangan dan kaki.
  4. Lengkapi kesehatan Anda dengan suplemen vitamin D

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara menjaga kesehatan ginjal cukup sederhana. Sebenarnya Anda hanya perlu mengatur pola makan Anda. Mengatur pola makan yang dimaksud di sini adalah tidak memakan makanan yang mempersulit ginjal melakukan pekerjaannya, seperti makanan cepat saji. Selain itu, konsumsilah makanan dan minuman yang dapat menjaga kesehatan ginjal Anda seperti air putih dan jus sayur. Lengkapi juga diri Anda dengan vitamin A dan D yang baik untuk ginjal Anda.

Demikian informasi mengenai Ciri Ciri Ginjal Bocor. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca agar bisa lebih menjaga ginjal dan memperhatikan gejala-gejala yang diberikan.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :