Sponsors Link

40 Ciri Ciri Ginjal Bermasalah dan Cara Pencegahannya

Sponsors Link

Ciri Ciri Ginjal BermasalahGinjal sebagai organ tubuh yang mempunyai fungsi untuk mempompa darah dan juga menyaring urine seringkali mengalami penyakit atau kerusakan. Terdapat berbagai macam penyakit yang menyerang ginjal. Oleh sebab itu menjaga kesehatan ginjal adalah sebuah kewajiban untuk menghindari penyakit penyakit yang kemungkinan akan menyerangnya.

ads

Tingginya tingkat penderita ginjal dikarenakan mereka tidak mengetahui bahwa kerusakan pada ginjal mereka sudah menyerang dalam waktu yang lama.Ciri ciri ginjal sehat menunjukan seseorang terrbebas dari penyakit ginjal. Namun kita juga harus mengetahui  ciri ciri penyakit yang menyerang ginjal dan mendeteksi sejak dini untuk menahan berkembangnya penyakit ginjal.

Baca juga :

Berikut Ciri Ciri Ginjal Bermasalah

  1. Wajah yang pucat

Wajah yang pucat pasi bisa menunjukan bahwa kondisi sesorang tidak dalam keadaan yang sehat. Wajah pucat dan bibir yang kering salah satunya dapat menunjukan sistem imun yang tidak berungsi dengan maksimal sehingga dapat dipastikan orang yang wajahnya pucat mengalami penyakit karena sistem imun  tidak berhasi menyerang atau memakan bakteri yang menyerang tubuh. Apabila wajah anda pucat dan telapak tangan anda mengalami kemerahan dan keringat maka bisa jadi anda mengalami anemia. Anemi merupakan salah satu tanda ginjal anda mengalami kerusakan pada fungsinya. Baca juga : Penyebab Ginjal Mengecil

  1. Kehilangan keseimbangan

Ciri Ciri Ginjal Bermasalah lain yang dapat diperhatikan pada sesorang yang mengalami penyakit ginjal adalah hilangnya keseimbangan pada orang tersebut. Hilangnya keseimbangan bisa menunjukkan bahwa salah satu ginjal tidak berfungsi dengan baik. Rusaknya salah satu ginjal membuat kedua ginjal tidak dapat berkoodinasi dengan baik satu sama lainnya.  Bagi orang yang kehilangan keseimbangannya maka akan sering jatuh walaupun hanya berjalan dengan jarak yang dekat. Baca juga : Penyebab Ginjal Bengkak

  1. Anemia

Anemia sebagai salah satu jenis penyakit ternyata dapat menjadi Ciri Ciri Ginjal Bermasalah mengalami malfungsi. Anemia adaah penyakit dimana tubuh mengalami kekurangan darah. Anemia disebabkan karena oksigen yang masuk kedalam paru paru tidak mencukupi, sementara paru paru membutuhkan oksigen yang cukup untuk menjaga kinerjanya agar tetap dapat bekerja dengan maksimal. Akibat paru paru tidak berfungsi dengan maksimal maka pasokan oksigen yang ada di dalam tubuh akan berkurang sehingga jumlah sel darah merah akan semakin dikit dan menyebabkan anemia.

  1. Sakit Pinggang

Salah satu ciri yang sering menggambarkan penyakit ginjal adalah sakit di daerah pinggang. Pinggang yang sakit menunjukan ginjal dalam keadaan tidak sehat. Penyebab sakit ginjal dapat disebabkan oleh adanya batu ginjal di ureter. Batu ginjal inilah yang menyebabkan rasa sakit pada ginjal. Semakin besar ukuran batu ginjal yang terdapat pada ureter maka akan semakin sakit pinggang seseorang. Rasa sakit pada pinggang dapat muncul tiba tiba dan rasa sakitnya bisa hilang dalam waktu yang cukup lama.

  1. Demam

Banyak orang yang mengalami salah persepsi mengenai demam. Demam bukanlah sebuah penyakit namun demam adalah suatu tanda yang menunjukkan bahwa tubuh sedang mengalami sakit. Sama seperti wajah yang pucat, demam menandakan bahwa sistem imun tidak bekerja dengan baik sehingga tubuh terserang bakteri. Salah satunya demam dapat menunjukan bahwa bakteri telah menyerang pada ginjal . Orang yang mengalami sakit ginjal biasanya mengalami demam tinggi yang berkepanjangan oleh sebab itu makan makanan yang sehat dan minum vitamin untuk menjaga kekebalan sistem imun.

  1. Menggigil

Menggigil adalah kondisi dimana tubuh seseorang mengalami rasa dingin dan tidak sanggup menerimanya. Orang yang menggigil biasanya disertai dengan wajah yang pucat pasi dan demam yang tinggi. Menggigil dapat menjadi salah satu Ciri Ciri Ginjal Bermasalah, karena menggigil adalah salah satu tanda seseorang mengalami kurang darah atau yang disebut anemia. Oleh sebab itu makanlah makanan yang mengandung gizi yang cukup untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh dan juga hindari makanan makanan yang memicu terjadinya penyakit ginjal.

Sponsors Link

  1. Tubuh yang mudah lelah

Tubuh yang mudah lelas disebabkan oleh kurangnya jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh atau yang disebut anemia. Dengan sedikitnya sel darah merah yang ada didalam tubuh maka tubuh cepat sekali lelah meskipun tidak melakukan kegiatan kegiatan fisik yang berat. Anemia disebabkan kurangnya oksigen didalam tubuh sehingga makanan yang dikonsumsi tidak dapat dimaksimumkan untuk mengubahnya kedalam bentuk energi. Sehingga energi yang dimiliki sedkiti dan menyebabkan tubuh mudah lelah.

  1. Pusing

Pusing merupakan keadaan dimana sesorang mengalami keadaan seolah sedang berputar pusing biasanya disertai dengan sakit kepala. Pusing merupakan salah satu ciri penyakit anemia yang merupakan ciri pula dalam penyakit ginjal. Kebanyakan dari penyakit akan menyebabkan penyakit lain oleh sebab itu kita harus menerapkan pola hidup yang sehat. Pusing disebabkan kurangnya pasokan oksigen yang mengalir ke otak. Jika sel darah merah di otak sedikit maka tubuh seseorang akan mengalami rasa pusing.

  1. Rasa gatal yang berlebihan

Rasa gatal yang berlebihan menunjukkan beberapa penyakit yang terjadi pada ginjal. Rasa gatal yang berlebihan disebabkan oleh tidak berfungsinya lagi fungsi ginjal yang menyebabkan penumpukan kotoran dari sisa metabolism dalam tubuh. Penumpukan kotoran inilah yang menyebabkan rasa gatal pada tubuh seseorang. Rasa gatal yang merupakan ciri dari penyakit ginjal antara lain apabila rasa gatal itu coba digaruk maka akan dengan mudah kulitnya berdarah meskipun garukannya tidak keras. Rasa gatal dapat muncu diseluruh tubuh namun kebanyakan rasa gatal timbul di daerah tangan dan juga kaki.

  1. Mual

Mual pada seseorang menyebabkan orang tersebut merasa ingin mengeluarkan sesuatu dari tubuh mereka seperti muntah. Mual merupakan rasa tidak enak yang sering terjadi dalam perut seolah olah perut berputar putar dan memberikan rasa tidak nyaman bagi sesoerang. Bagi penderita penyakit ginjal, mual disebabkan karena adanya penumpukkan yang terjadi didalam perut sehingga lambung tertekan dan menyebabkan mual.

  1. Perut kembung

Perut kembung merupakan perasaan seolah olah perut membuncit dan disertai dengan ingin membuang gas secara terus menerus. Rasa nyaman akibat perut kembung disebabkan oleh adanya penumpukan cairan dalam perut yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan perut merasa seperti kosong namun terlihat lebih buncit.

ads
  1. Nafsu makan berkurang

Dengan rasa  yang tidak nyaman yang dialami oleh perut seseorang entah itu kembung ataupun mual, menyebabkan seseorang enggan untuk memasukan makanan ke dalam tubuh mereka karena mereka takut hal itu akan menyebabkan perut mereka semakin tidak nyaman. Mereka merasa perut mereka sudah terlalu penuh sehingga tidak perlu diberi asupan lain. Hal hal seperti ini merupakan sebuah kesalahan dimana apabila tubuh diberi makanan yang  tidak cukup akan menyebabkan lemahnya tubuh mereka dan bakteri akan udah masuk dan menyebarkan penyakit lain.

  1. Sulit tidur

Pada orang yang mengalami sakit perut berupa rasa mual yang berlebihan datau perut terasa kembung yang tidak berkesudahan maka akan sulit membuat seseorang tidur dengan nyenyak atau bahkan menyebabkan seseorang mengalaman insomnia. Orang yang mengalami penyakit ginjal biasanya akan sulit tidur karena rasa mual dan kembung yang disebabkan oleh penyakit ginjal.

  1. Mata sembab

Pada orang orang yang mengalami mata yang sembab apalagi dipagi hari bisa menjadi Ciri Ciri Ginjal Bermasalah. Mata yang sembab disebabkan oleh penumpukan cairan dan penyerapan air yang kurang maksimal, Hal ini juga terdapat pada bagian tubuh yang lain karena penumpukan cairan yang menyebabkan bagian tubuh yang tertumpuk cairan lebih besar ukurannya.

  1. Diare

Diare merupakan penyakit lain yang menyerang bagian pencernaan. Diare adalah sebuah penyakit yang membuat tubuh seseorang mengalami sakit pada perutnya dan rasa perih yang membuat orang tersebut buang air besar secara terus menerus. Namun pada diare kotoran yang dikeluarkan akan cair dan ketika mereka mengeluarkannya aka nada rasa sakit dan perih. Diare disebabkan oleh adanya bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan, bakteri ini menyerang juga pada ginjal karena itulah bakteri akan menyerang pada sistem sistem yang lain yang ada di dalam tubuh.

  1. Tubuh bengkak

Tubuh yang bengkak disebabkan oleh tidak dikeluarkan zat zat yang seharusnya diproses di dalam ginjal. Tubuh yang bengkak disebabkan oleh menumpuknya cairan sehingga pada beberapa bagian tubuh terlihat lebih besar dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain.

  1. Pelupuk mata bengkak

Tidak hanya pada bagian tubuh alat gerak saja yang dapat mengalami bengkak, namun pada wajah tepatnya pada pelupuk  mata juga bisa bengkak. Hal ini merupakan ciri seseorang mengalami penyakit ginjal. Pelupuk mata yang bengkak disebabkan oleh bakteri yang menyerang ginjal dan juga menyerang nefron sehingga urin tidak dapat masuk kembali ke darah sehingga menyebabkan air yang dimasukkan ke dalam tubuh tidak dapat diserap secara maksimal.

  1. Kram pada tubuh

Kram merupakan sebuah gejala yang menyebabkan sesorang mati rasa pada slah satu bagian tubuhnya dan bahkan tidak dapat menggerakan tubuhnya. Orang yang mengalami penyakit ginjal bias any sering mengalami kram pada tubuhnya. Kram disebabkan oleh penumupukan cairan yang menyeabkan syaraf atau otot otot berekasi salah satunya dengan kram.

  1. Osteoporosis

Penyakit ginjal dapat menyebabkan penyakit lain, salah satu penyakit yang menyerang tulang yaitu osteoporosis. Osteoporosis disebabkan oleh kurangnya vitamin D yang biasanya didapatkan dari berjemur dibawah matahari ataupun melalui asupan. Hal ini disebakan para penderita penyakit ginjal tidak bisa meneripa asupan asupan.

  1. Lutut bengkak

Lutut bengkak merupakan salah satu ciri orang yang menderita sakit radang ginjal. Seperti diketahui bahwa pembengkakan pada tubuh dapat terjadi pada alat gerak bahkan juga dapat terjadi di pelupuk mata. Lutut yang mengalami pembengakan terjadi pula akibat penimbunan cairan sisa metabolism dan penyerapan air dalam tubuh yang tidak terjadi maksimal.

  1. Tekanan darah tinggi

Bagi penderita radang ginjal menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah yang tinggi.  Tekanan darah tinggi disebabkan oleh penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah atau juga bisa disebabkan oleh penyakit diabetes. Bagi anda yang sebelumnya tidak mengalami penyakit tekanan darah tinggi namun secara tiba tiba anda mengalaim tekanan darah yang tinggi maka sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter karena mungkin anda menderita penyakit ginjal.

  1. Susah buang air kecil

Kesulitan buang air kecil merupakan salah satu ciri ciri penyakit ginjal. Kesulitan buang air kecil disebabkan oleh terdapatnya batu ginjal berukuran besar yang menyebabkan penghambatan sehingga urine susah untuk keluar. Pada penderita batu ginjal pasti akan merasakan kesulitan dalam mengeluarkan air kecil. Batu ginjal juga dapat mengenai ibu hamil sehingga dapat menganggu kehamilan.

  1. Urin berkurang

Kerusakan pada ginjal menyebabkan ginjal tidak berfungsi untuk mengeluarkan cairan sisa metabolism berupa urin dengan baik, sehingga urine yang dikeluarkan lebih sedikit dari yang seharusnya jumlah urin normal. Urin yang seharusnya keluar akan menumpuk dan menyebabkan kompilasi penyakit lain salah satunya membuat sesak nafas Menurut medis jumlah urin yang keluar akan sebanding dengan zat yang masuk kedalam tubuh. Apabila urine yang anda keluarkan sedikit padahal air yang anda konsumsi banyak maka anda harus berkonsultasi pada dokter karena ini merupakan salah satu ciri penyakit ginjal.

  1. Urin berlebih

Selain urine yang jumlahnya sedikit jauh dibawah normal, ciri yang lain terkait ketidaknormalan jumlah urin yang ada dalam tubuh ialah jumlah urine yang berlebih. Diabetes bisa menjadi salah satu penyebab ginjal. Penyakit ginjal yang disebabkan karena penyakit diabetes penderitanya akan lebih sering buang air kecil terutama pada malam hari, ini disebabkan karena ketidakmampuan ginjal untuk menahan ekresi manusia yang berupa urin. Hal ini menyebabkan penderitanya lebih sering buang air kecil.

Sponsors Link

  1. Urin berkeruh

Salah satu ciri termudah untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit ginjal ialah melihat urin. Apak urin dalam keadaan normal atau tidak. Urin yang berwarna bening menunjukan kondisi tubuh yang sehat namun sebaliknya apabila urin berwarna kuning atau berkerug maka kemungkinan seseorang ini punya penyakit ginjal. Urine yang berkeruh disebabkan oleh bakteri dan virus yang menyerang ginjal sehingga ginjal tidak mampu menyaring dengan baik sehingga urin yang seharusnya bening malah berkeruh.

  1. Kencing berdarah

Karena gagalnya fungsi ginjal maka akan berpengaruh pada apa yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Salah satunya adalah keluarnya darah pada saat buang air kecil. Kejadian ini disebabkan oleh tidak berfungsinya filtrasi pada ginjal sehingga membuat urine yang keluar dan bercampur dengan darah.

  1. Air kencing yang berbusa

Selain bercampur dengan darah urine juga bisa berbusa. Urine yang berbusa menunjukan penyakit ginjal yang dialami seseorang yaitu radang ginjal. penyakit radang ginjal bisa disebabkan oleh infeksi ginjal ataupun karena bakteri dan virus yang dapat menyerang ginjal.

  1. Albumin menurun

Ada penyakit ginjal yang bernama albuminuria yang menyebabkan kadar albumin yang ada pada darahnya kadarnya menurun. Hal ini disebabkan oleh kegagalan fungsi ginjal yang menyebabkan albumin dan protein lainnya mengalami penurunan dalam kadar. Penyebab utamanya adalah gagalnya proses filtrasi di dalam ginjal yang menyebabkan turunnya kadar albumin.

  1. Pertumbuhan yang lamban

Penyakit ginjal tidak hanya diderita oleh orang dewasa atau orang yang sudah memasuki usia lanjut. Namun, juga dapat terjadi pada anak anak bahkan bayi. Karena pada beberapa kasus penyakit ginjal dapat menurun dari orang tua dan merupakan penyakit bawaan. Hal yang dapat diperhatikan apakah anak anak mengalami peluang untuk terkena penyakit ginjal adalah melihat proses tumbuh dan kembangnya anak anak. Anak anak yang tumbuhnya lamban dan proses berkembangnya cukup lama bisa jadi terkena penyakit ginjal, ini dikarenakan salah satu organ yang memiliki fungsi yang penting yaitu ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. (Baca Juga : penyebab ginjal bocor )

  1. Air urine yang disemutin

Pada penderita penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes memiliki kadar gula dalam tubuh cukup tinggi. Ini yang mengundang semut untuk datang. Penderita penyakit ginjal yang juga menderita penyakit diabetes yang mengalami hal ini, untuk itu hindari makanan yang rendah gula agar kadar gula dalam tubuh dalam keaadaan yang normal.

  1. Peradangan pada perut

Selain menyerang ginjal yang menyebabkan radang pada ginjal, bakteri akan menyerang organ tubuh lain setelah menyerang ginjal. Itu sebabnya sistem imunitas yang kuat dibutuhkan untuk menahan agar bakteri dan virus tidak masuk dan menyebar ke organ organ dalam tubuh. Bakteri yang menyerang lapisan perut bisa menyebabkan radang pada perut dan menyebabkan kondisi penderita dalam keadaan yang tidak stabil.

  1. Hormon terganggu

Salah satu fungsi ginjal yang lain adalah memproduksi hormon, apabila ginjal terganggu maka produksi hormone akan terganggu pula. Produksi hormon akan terganggu dan tidak dalam keadaan normal. Dalam keadaan hormon yang terganggu membuat hormone pembuat tekanan di dalam darah lebih tinggi sedangkan produksi hormonnya menurun.

  1. Nyeri saat buang air kecil

Pada penderita ginjal awalnya akan mengalami kesakitan pada buang air kecil. Rasa sakit timbul dikarenakan ketika saluran kemih akan digunakan untuk membuang urine batu ginjal akan menekan dan membuat rasa sakit. Batu ginjal merupakan suatu kumpalan yang berupa zat zat beracun yang dapat mencegah kerjanya ginjal dan juga kandung kemih.

  1. Nafas lebih pendek

Pada umumnya manusia bernafas menghirup dan mengeluarkan udara didalam tubuh dalam waktu 3 detik. Namun pada penderita ginjal maka nafas mereka akan lebih singkat karena pengaruh kurangnya oksigen yang masuk dalam tubuh.

  1. Sulit berkonsentrasi

Para penderita penyakit ginjak yang juga mengalami anemia sangat susah sekali untuk berkonsentrasi meskipun dalam waktu yang singkat. Ini dikarenakan oleh asupan oksigen yang tidak mencupkupi dan kurangnya sel darah merah di otak.

  1. Sulit bernafas

Para penderita penyakit ginjal akan sulit untuk bernafas dikarenakan penumpukan cairan yang ada dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi membuang cairan sisa metabolism namun karena fungsi ginjal terganggu maka semua cairan yang seharusnya keluar jadi tidak keluar dan terjadi penumpukan. Penumpukan terjadi di paru paru dan menyebabkan penderita ginjal kesulitan bernafas.

  1. Rasa Makanan dalam Mulut Aneh

Pada orang orang yang mengalami sakit seringkali tidak dapat merasakan rasa dari makanan, sekalipun makanan yang dimakan adalah makanan yang sangat lezat. Begitu juga yang terjadi pada penderita penyakit ginjal. Mereka merasakan rasa makanan yang aneh karena rasa busuk di mulut. Hal ini terjadi karena partikel limbah menumpuk dalam tubuh penderita, bahayanya lagi apabila kejadian ini terus menerus terjadi maka si penderita tidak makan dan tidak menerima gizi dalam tubuhnya.

  1. Warna kulit yang berubah

Warna kulit yang berubah pada penderita penyakit ginjal dapat terjadi karena menumpuknya zat zat yang seharusnya dibuang oleh ginjal ke dalam urin sedangkan warna kulit yang memucat merupakan salah satu ciri ciri gagal ginjal yang kronis karena anemia atau kekurangan sel darah merah yang akan memberikan warna kulit yang pucat pada kulit penderita ginjal.

  1. Nyeri tulang

Nyeri tulang juga merupakan salah satu ciri dari penderita penyakit ginjal kronis. Pada penderita ginjal kronis tulang penderita lebih rapuh dan lebih mudah sakit bahkan lebih mudah patah. Salah satu penyebabnya adalah penyakit osteoporosis karena tidak tercukupinya vitamin D yang seharusnya diterima tubuh.

  1. Muntah muntah

Selain mengalami mual mual yang dialami oleh penderita ginjal ciri ciri yang lain adalah sering muntah muntah. Diare akan menyebabkan kecenderungan pula dengan terjadinya muntah, namun muntah yang berlebih harus diwaspadai karena bisa jadi merupakan salah satu ciri ciri penyakit ginjal. Baca juga : Cara mengobati batu ginjal

  • Pemberian abiotik

Pemberian abiotik dapat membantu lagi kekebalan sistem imun pada tubuh seseorang sehingga dapat mencegah datangnya bakteri dan virus dalam tubuh.

  • Mengonsumsi obat pereda sakit

Untuk menahan sakit yang dialami para penderita penyakit ginjal maka dianjurkan untuk meminum obat untuk menahan rasa sakit berlebih.

  • Menjaga pola hidup yang sehat

Rajin berolahraga dan minum air putih yang cukup dan menghindari rokok dan minuman keras.

  • Membuat ramuan alami

Selain obat obatan dari dokter membuat ramuan alami dapat mengurangi rasa sakit pada penderita ginjal seperti kumis kucing dan bubuk kopi.

Dengan mengethaui Ciri Ciri Ginjal Bermasalah yang menunjukan seseorang terkena penyakit ginjal maka akan membuat penderita mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari untuk terus dapat menjaga kesehatan ginjal agar tetap dapat dalam kondisi yang prima. Jaga pola hidup yang sehat dan Hindari makanan penyebab sakit ginjal.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi