Sponsors Link

7 Ciri Ciri Ginjal Akut Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Gagal ginjal akut atau ginjal kronis adalah salah satu dari beberapa macam penyakit ginjal yang berbahaya. Penyakit yang satu ini harus ditangani dengan serius, bahkan kalau perlu dihindari. Oleh karena itulah, kita harus bisa mencegah penyakit yang satu ini agar tidak bertambah parah apabila telah terindikasi menyerang ginjal yang kita miliki. Akan tetapi, untuk melakukannya, tentu saja kita perlu untuk mengetahui apa saja ciri ciri ginjal akut atau gagal ginjal akut itu sendiri.

ads

Buat kamu yang belum mengetahuinya, tentu saja kamu harus membaca artikel yang satu ini dong. Kali ini kita akan membahas apa saja ciri ciri ginjal akut yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah kamu menderita ginjal akut atau tidak. Apa saja ciri-ciri tersebut? Pengen tahu kan? Segera baca di bawah ini ya!

1. Berkurangnya produksi urine

Gejala penyakit gagal ginjal akut salah satunya adalah berkurangnya produksi urine. Hal tersebut terjadi karena fungsi ginjal mengalami gangguan yang berakibat pada berkurangnya produksi urine sehingga jumlah urine pun semakin sedikit. Karena itulah, para penderita gagal ginjal akut biasanya jarang kencing karena produksi air urine mereka tidak terlalu banyak. Walaupun demikian, bukan berarti jarang kencing sama dengan ginjalmu bermasalah lo.

2. Linglung atau kebingungan

Gejala ginjal akut atau infeksi ginjal akut berikutnya adalah munculnya linglung atau kebingungan. Gangguan tersebut disebabkan karena adanya gangguan dalam proses penyaringan zat-zat sampah darah, sehingga zat sampah sisa metabolisme tersebut meracuni tubuh dan membuat munculnya linglung pada diri para penderita gagal ginjal akut. Apabila ginjal bisa kembali berfungsi dengan baik, maka hal tersebut akan berkurang dan tidak lagi terjadi.

3. Mual dan muntah

Para penderita gagal ginjal akut juga bisa mengalami masalah mual dan muntah, terutama apabila konsentrasi zat limbah di dalam tubuh sudah tinggi. Tingginya konsentrasi zat sampah dalam tubuh disebabkan karena ginjal tidak dapat menyaring zat-zat sisa metabolisme atau racun dengan sempurna. Oleh karena itulah, apabila kamu sering mual dan muntah dan diiringi dengan gejala-gejala yang lain, maka ada baiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter, karena siapa tahu merupakan gejala gagal ginjal akut dan bahkan bisa saja terkena batu ginjal.

4. Sesak napas

Para penderita gagal ginjal akut juga bisa mengalami masalahsesak napas yang cukup serius. Permasalahan tersebut terjadi karena ginjal gagal menyaring zat-zat limbah dari dalam tubuh, sehingga zat-zat tersebut akan mengganggu kinerja paru-paru. Akan tetapi, sesak napas juga bisa terjadi karena penyebab-penyebab lainnya. Oleh karena itulah, apabila kamu sesak napas, tidak serta merta itu berarti kamu sedang mengalami gagal ginjal. Ada pula kemungkinan sesak napas yang kamu alami murni merupakan masalah yang muncul dari sistem pernapasanmu dan tidak terkait dengan masalah ginjal sama sekali.

5. Penumpukan cairan dalam tubuh atau edema

Gejala berikutnya adalah edema. Edema adalah penumpukan cairan dalam tubuh yang berlebihan karena produksi urine dan penyaringan cairan di dalam tubuh terganggu karena ginjal tidak bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itulah, apabila terjadi penumpukan cairan dalam tubuh dalam jumlah yang cukup besar, maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ya.

Sponsors Link

6. Kelelahan

Masalah atau ciri ciri ginjal akut pada penderita gagal ginjal akut berikutnya adalah mengalami kelelahan yang cukup serius. Hal itu disebabkan karena hilangnya kemampuan atau proses filtrasi zat-zat penting bagi tubuh dari cairan yang masuk ke dalam tubuh akibat melemahnya fungsi ginjal.

Meskipun kelelahan bisa menjadi salah satu indikator adanya permasalahan pada ginjal, akan tetapi bukan berarti setiap kamu lelah menunjukkan bahwa ginjalmu bermasalah. Ada banyak faktor lain yang menyebabkan kelelahan bisa muncul, seperti misalnya rendahnya kadar oksigen dalam darah, terserang penyakit anemia, masalah pernapasan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter tepercaya agar kamu bisa tahu dengan pasti apa yang terjadi pada dirimu ya.

7. Nyeri punggung

Ciri ciri ginjal akut berikutnya adalah munculnya nyeri pada sekitar punggung. Kadang kala, nyeri tersebut sangat parah sehingga bisa menyebabkan tidak dapat beraktivitas dengan lancar. Oleh karena itulah, apabila kamu sering mengalami nyeri punggung yang parah, jangan menunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat. Hal itu sangat penting karena ada potensi bahwa gejala itu merupakan tanda penyakit ginjal akut yang bisa mengganggu kesehatan tubuhmu.

Itulah beberapa ciri ciri gagal ginjal akut yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi penyakit gagal ginjal akut sejak awal. Selain mengetahui beberapa hal di atas, tentunya kita juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mencegah penyakit yang satu ini agar kita tidak sampai terserang gagal ginjal akut.

Sponsors Link

Ada beberapa macam cara untuk mencegah gagal ginjal akut. Beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegah gagal ginjal akut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Olahraga dengan rutin
  • Memakan makanan yang baik untuk kesehatan ginjal
  • Menghindari makanan yang buruk untuk kesehatan ginjal
  • Meminum air dengan cukup per hari
  • Memperbanyak asupan serat dan mengurangi makanan berkadar kalium atau garam yang terlalu tinggi
  • Mengonsumsi buah manggis
  • Mengonsumsi uva ursi
  • Mengonsumsi buah mengkudu
  • Mengonsumsi ramuan keji beling
  • Mengonsumsi ramuan daun sukun

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit ginjal akut agar tidak menyerang kita. Prinsipnya adalah, kita perlu menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari masalah ginjal. Jangan lupa pula mempelajari gejala ginjal bermasalah. Semoga kita bisa terhindar dari penyakit yang satu ini ya!

Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,