Sponsors Link

6 Ciri Ciri Ginjal Ada Masalah Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting dan memiliki banyak fungsi untuk tubuh. Bersama dengan jantung, ginjal bekerja untuk menstabilkan tekanan darah, mengurangi kadar kalium dan berbagai zat yang berlebihan dan buruk untuk tubuh lainnya, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, ginjal harus dijaga kesehatannya dengan baik.

ads

Salah satu bentuk untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan cara mengetahui apa saja ciri ciri ginjal ada masalah dan mengatasinya dengan baik. Memangnya apa saja ciri ciri ginjal ada masalah yang bisa kamu ketahui? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah ginjalmu bermasalah atau tidak. Jangan lupa pula untuk mengetahui penyebab ginjal bermasalah ya.

1. Perubahan suhu badan

Salah satu ciri ciri ginjal ada masalah yang bisa kamu alami adalah terjadinya perubahan suhu badan menjadi panas. Perubahan suhu badan ini terjadi karena tubuh sedang berusaha untuk merespons infeksi atau iritasi yang terjadi pada salah satu bagian ginjal yang kamu miliki. Oleh karena itulah, perubahan suhu badan bisa menjadi salah satu indikator bahwa ginjalmu sedang mengalami permasalahan tertentu, walaupun tidak sama dengan ginjalmu mengalami sakit tertentu karena demam adalah gejala sakit yang cukup universal. Oleh karena itulah, pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan untuk memastikan apakah benar kamu mengalami masalah ginjal atau tidak.

2. Terjadi perubahan warna urine menjadi lebih pekat

Perubahan warna urine menjadi lebih pekat merupakan salah satu ciri-ciri bahwa ginjal mengalami permasalahan tertentu. Ciri-ciri atau gejala ginjal bermasalah yang satu ini cukup bisa dipercaya sebagai salah satu ciri-ciri bahwa ginjalmu mengalami permasalahan karena setiap ginjal mengalami luka atau infeksi, maka urine pasti akan mengalami perubahan warna. Akan tetapi, perlu diwaspadai bahwa beberapa makanan tertentu seperti buah naga juga bisa menyebabkan warna urine berubah karena kandungan zat warna yang ada dalam makanan tersebut.

3. Munculnya rasa nyeri yang parah pada bagian sisi tubuh atau punggung di bawah pinggul

Rasa nyeri pada punggung adalah salah satu gejala yang sering dikaitkan dengan masalah ginjal. Terlebih apabila punggungmu terasa sakit ketika ditekan dengan jari-jari tanganmu. Rasa nyeri pada punggung menjadi salah satu indikator yang jelas bahwa ginjalmu sedang bermasalah, dan oleh karena itulah kamu harus segera memeriksakan dirimu ke dokter yang terpercaya apabila gejala ini muncul terus menerus.

4. Rasa mual dan muntah

Mual dan muntah juga bisa menjadi salah satu ciri ciri ginjal ada masalah atau tanda awal ginjal bermasalah. Apabila mual dan muntah ini dialami bersamaan dengan berbagai macam gejala yang lain, maka hal tersebut menjadi salah satu ciri yang jelas bahwa ginjal mungkin mengalami permasalahan tertentu. Oleh karenanya, sebaiknya segera memeriksakan diri apabila mual dan muntah terus dirasakan bersamaan dengan berbagai gejala yang lain.

5. Nyeri saat buang air kecil

Rasa nyeri juga bisa muncul ketika buang air kecil pada mereka yang mengalami permasalahan pada ginjal. Oleh karena itu, ciri-ciri ini bisa menjadi salah satu ciri utama untuk bisa menilai apakah ginjalmu bermasalah ataukah tidak. Ginjal yang bermasalah pada umumnya akan membuatmu merasakan nyeri ketika buang air kecil, sehingga apabila kamu sering merasakan nyeri saat buang air kecil, sepatutnya kamu mewaspadainya.

6. Buang air kecil lebih sering dengan volume yang sedikit

Salah satu ciri ciri ginjal bermasalah yang lain adalah seringnya buang air kecil namun dengan volume yang sedikit. Tanda ini biasanya merupakan salah satu ciri penyakit ginjal yang cukup jelas, khususnya sebagai ciri-ciri adanya batu ginjal di dalam ginjal atau saluran kandung kemihmu. Apabila kamu mengalami hal ini, maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter karena apabila dibiarkan, bisa menjadi masalah yang serius. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan bau urine yang kamu miliki. Urine yang berbau busuk juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa ginjalmu bermasalah.

Sponsors Link

Cara Mencegah Ginjal Bermasalah

Hanya mengetahui ciri-ciri permasalahan ginjal mungkin bisa membantumu untuk mengidentifikasi apakah kamu menderita penyakit ginjal atau tidak. Akan tetapi tentunya hal itu tidak akan cukup apabila digunakan agar kamu bisa menghindari atau mencegah penyakit ginjal. Oleh karena itulah, hal lain yang juga perlu kamu lakukan untuk bisa mencegah berbagai masalah ginjal adalah sebagai berikut ini.

  • Meminum jus seledri dengan rutin
  • Meminum jus basil secara berkala
  • Mengonsumsi ramuan keji keling secara berkala
  • Mengonsumsi ramuan kumis kucing
  • Memakan jamu atau buah mengkudu
  • Meminum jus lemon segar
  • Mengonsumsi minyak zaitun
  • Mengonsumsi cuka apel murni
  • Mengonsumsi uva ursi
  • Mengonsumsi akar dandelion
  • Mengonsumsi daun tempuyung
  • Mengonsumsi daun dadap
  • Mengonsumsi daun gempur batu
  • Mengonsumsi daun alpukat
  • Mengonsumsi buah manggis
  • Mengonsumsi teh Horsetail
  • Mengonsumsi buah delima dan kelapa kuning
Sponsors Link

Itulah beberapa hal tentang ciri ciri ginjal ada masalah dan juga cara pencegahan masalah ginjal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah berbagai macam permasalahan ginjal. Tentunya kamu juga disarankan untuk melakukan pola atau gaya hidup sehat yang bisa membantu ginjal agar tetap sehat, dan juga memakan makanan yang baik untuk kesehatan ginjal serta menjauhi berbagai macam makanan yang buruk untuk kesehatan ginjal. Dengan melakukan berbagai hal tersebut, tentunya kamu pasti akan semakin mudah dalam menjaga kesehatan ginjalmu. Jangan lupa pula mempelajari bagaimana cara mengobati ginjal bermasalah.

Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,