Sponsors Link

8 Ciri Ciri Gatal Karena Gagal Ginjal dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gagal ginjal merupakan kondisi penurunan fungsi ginjal yang mana dalam kondisi ini dapat dikatakan bahwa ginjal telah rusak. Ginjal manusia didesign untuk melakukan penyaringan limbah dan sisa hasil metabolisme, dimana zat-zat ini adalah zat yang sudah tidak berguna dan harus dikeluarkan oleh tubuh. Namun, dalam kasus gagal ginjal, penyaringan tidak lagi bekerja seperti normalnya, sehingga kemungkinan akan ada kotoran yang tidak tersaring dan menumpuk di dalam tubuh. Apabila kotoran ini masuk ke dalam aliran darah, maka kotoran ini dapat menjadi racun bagi tubuh dan menimbulkan efek yang berbahaya.

ads

Salah satu gejala umum yang terjadi pada penderita gagal ginjal adalah adanya rasa gatal pada kulit. Rasa gatal ini bukanlah gatal yang disebabkan rangsangan dari luar, yang mana mudah untuk dihilangkan dengan salep atau bedak khusus. Rasa gatal ini timbul dari dalam dan cenderung sulit untuk dihilangkan kecuali diatasi penyebabnya terlebih dahulu.

Gatal yang muncul akibat permasalahan gagal ginjal berhubungan dengan fungsi penyaringan ginjal yang tidak berperan sebagai mestinya. Lolosnya limbah dan sisa hasil metabolisme dari penyaringan akan memungkinkan masuknya kotoran tersebut masuk ke dalam aliran darah. Dan apabila zat-zat ini berada di dalam tubuh, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan, salah satunya adalah rasa gatal pada kulit.

Selain adanya penumpukan limbah dalam tubuh, ada beberapa penyebab lain gatal pada penderita gagal ginjal, diantaranya :

  1. Penumpukan hormon paratiroid

Adanya penurunan fungsi pada ginjal ternyata dapat menimbulkan efek lain dalam tubuh, salah satunya adalah ketidakseimbangan hormon. Gagal ginjal mengakibatkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Untuk mengatasi kelebihan kalsium tersebut, kelenjar memproduksi hormon paratiroid. Namun, apabila produksi hormon ini berlebihan juga akan menimbulkan efek lain, yaitu gatal-gatal pada kulit. Baca juga mengenai hiperparatiroidisme untuk menambah pengetahuan Anda.

  1. Penumpukan fosfor dalam darah

Penurunan fungsi ginjal juga menyebabkan peningkatan kadar fosfor di dalam tubuh, dimana hal ini memicu adanya rasa gatal pada kulit.

  1. Kulit kering

Kulit kering atau dry skin merupakan masalah kulit yang dapat terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah karena kerusakan ginjal. Ginjal manusia, seperti yang sebelumnya telah dijelaskan berfungsi untuk melakukan penyaringan kotoran. Namun, adanya gangguan fungsi penyaringan akan menyebabkan ureum atau sisa hasil metabolisme menumpuk di dalam tubuh.

Dan penumpukan ureum inilah yang menjadi faktor utama adanya masalah kulit kering. Semakin tinggi kadar ureum di dalam tubuh, maka gangguan dan ketidaknyamanan akan semakin terasa, dimana gangguan ini berupa rasa gatal pada kulit.

Selain itu, tingginya kadar ureum dalam tubuh juga berhubungan dengan beberapa masalah dalam tubuh, diantaranya pruritus, perubahan pigmen, kebotakan, bercak kecoklatan atau kemerahan pada kuku, uremic frost, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

  1. Kurang sempurnanya proses cuci darah

Biasanya, penderita gagal ginjal yang melakukan proses hemodialisis akan mengeluhkan adanya gatal pada ginjal. Proses hemodialisis atau cuci darah sendiri adalah proses penyaringan darah di luar tubuh oleh alat bernama dialiser. Cuci darah perlu sekali dilakukan penderita gagal ginjal, terutama mereka yang telah berada dalam stadium akhir. Keluhan gatal ini memang wajar sebenarnya. Namun, dari tahun ke tahun presentase pasien cuci darah yang mengeluhkan rasa gatal semakin berkurang. Hal ini dikarenakan proses hemodialisis yang semakin baik dan lebih disempurnakan.

ads

Setelah mengetahui beberapa penyebab gatal pada penderita gagal ginjal, setelah ini kita akan beralih ke topik utama, yaitu mengenai ciri-ciri gatal pada sakit ginjal. Berikut telah kami rangkum beberapa tanda dan ciri-ciri gatal karena gagal ginjal, diantaranya :

  1. Terjadi di beberapa bagian tubuh atau seluruh bagian tubuh

Kebanyakan kasus gatal pada penderita gagal ginjal adalah rasa gatal di bagian tubuh tertentu, misalnya tangan atau kaki. Namun, ada pula kasus gatal yang menyebar ke hampir seluruh bagian tubuh. Misalnya, pada penderita gagal ginjal kronik adanya keluhan gatal pada seluruh bagian tubuh, bahkan sampai ke mata. Walaupun telah dilakukan cuci darah, namun proses tersebut tidak sepenuhnya dapat memetabolisme ureum, sehingga gatal pada tubuh masih terjadi.

  1. Umumnya terjadi pada penderita gagal ginjal kronik

Gagal ginjal kronik adalah kerusakan ginjal yang terjadi secara bertahap, bisa selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Kebanyakan dari penderita gagal ginjal kronik tidak menyadari bahwa ginjal mengalami kerusakan karena biasanya gejala baru timbul ketika kerusakan sudah berada pada stadium lanjut. Sedangkan gagal ginjal akut adalah berhentinya fungsi ginjal secara tiba-tiba.

Gagal ginjal kronik cenderung ebih sulit diatasi daripada gagal ginjal akut. Maka dari itu, perhatikan riwayat penyakit keluarga dan periksalah ke dokter apabila terdapat anggota keluarga yang memiliki riwayat gagal ginjal agar dapat ditangani segera. Untuk gatal-gatal sendiri, umumnya gejala ini dialami oleh penderita gagal ginjal kronik dan jarang ada keluhan gatal dari penderita gagal ginjal akut.

  1. Spontan menggaruk

Jenis gatal yang terjadi pada penderita gagal ginjal bukanlah gatal yang berasal dari rangsangan luar, misalnya seperti bulu ulat dan sejenisnya. Gatal pada penderita gagal ginjal berasal dari tubuh sehingga secara tidak sadar seseorang akan spontan menggaruk. Rasa gatal ini sangat mengganggu dan dapat mengurangi tingkat produktivitas seseorang, bahkan dapat membuat seseorang stres, kesulitan tidur, dan depresi.

  1. Menimbulkan ruam

Karena rasa gatal yang membuat seseorang ingin selalu menggaruk, lama kelamaan garukan itu akan menimbulkan ruam pada kulit. Dan apabila terus digaruk, maka ruam akan semakin besar. Maka dari itu, daripada diggaruk lebih baik konsultasikan ke dokter dan mencari tahu bagaimana cara mengatasinya. Anda dapat mengetahui beberapa obat untuk mengatasi gatal pada penderita gagal ginjal dalam artikel obat gatal pada penderita ginjal.

Sponsors Link

Dan berikut ini beberapa pantangan dan penanganan yang perlu Anda perhatikan agar kondisi gatal pada ginjal tidak semakin parah, diantaranya.

  • Jangan mandi menggunakan air panas karena dapat membuat kulit kering dan rasa gatal akan semakin parah.
  • Jangan menggunakan bahan yang dapat mengiritasi atau menimbulkan alergi, seperti perhiasan.
  • Jangan menggunakan bahan kimia berlebihan, seperti sabun dengan kadar pewangi dan pewarna yang berlebih.
  • Hindari stress karena stress dapat membuat fokus Anda semakin besar terhadap rasa gatal.

Sekian artikel mengenai ciri-ciri gatal pada gagal ginjal. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :