Sponsors Link

Ciri Ciri Gagal Ginjal Pada Ibu Hamil yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Kali ini kita akan membahas masalah kesehatan pada ibu hamil Sering sekali saat hamil biasanya ibu hamil mengalami beberaa masalah baik masalah yang ringan sampai yang berat. Masalh masalah pada ibu hamil juga ditentukan pada usia kehamilan ibu, selain itu diipengaruhi oleh penyakit keturunan dan lain sebagainya

ads

Salah satu masalah paa ibu hamil yaitu masalah penyakit ginjal , masalah penyakit ginjal pada ibu hamil contohnya yaitu infeksi ginjal pada ibu hamil , hematuria pada ibu hamil , inkontensia uriene dan lain sebagainya. Tentunya setiap penyakit ginjal pada ibu hamil memiliki ciri -ciri khusus , namun secara umum ciri ciri gagal ginjal pada ibu hamil sebagai berikut.

Ciri Ciri Gagal Ginjal Pada Ibu Hamil

Sebelum mengetahu apa saja ciri-ciri gagal ginjal yang ada pada ibu hail , kita perlu mengetahui kondisi gagal ginjal pada ibu hamil.

Gagal gijal merupakan salah satu penyakit ginjal yang mengakibatkan ginjal tidak dapat melakukan tugasnya , atau menjalankan fungsinya di dalam tubu secara sempurna Fungsi utama pada ginjal yaitu tempat penyaringan , baik menyaring zat sisa makanan , zat racun daln lain sebagainya Sedangkan penakit gagal ginjal  pada ibu hamil yaitu penyakit ginjal yang menyerang ibu sat hami Hal tersebut tentunya akan berdampak pada kondisi kesehatan , baik kesehatan ibu maupun janin. Berikut beberapa ciri – ciri penyakit gagal ginjal pada ibu hamil :

1. Kesulitan Buang Air Kecil

Ciri pertama yang sangat dirasakan ibu hamil saat mengalami penyakit ginjal yaitu sangat kesulitan sekali untuk melakukan buang air kecil. Penyebab gagal ginjal pada ibu hamil  yang menyebabkan kesulitan buaang ai kecil ini biasanya dikarenakan ginjal tidak mampu  bekerja secara maksimal. Selain itu kesulitan buang air kecil akan mengakibatkan kandungan urine didalam tubuh menjadi menumpuk.

2. Merasakan Nyeri bagian Pinggang

Mungkin beberapa ibu yang sedang hamil jika mereka megalami penyakit gagal ginjal , karena salah satu tanda terkena gagal ginja yaitu nyeri pada bagian pinggang , hal tersebut juga di temukan pada ibu hamil normal lain. Akan tetapi yang membedakannya adalah tempat atau titik , serta bila kondisi gagal ginjal nyeri yang dialami terasa sangat sakit , serta terkadang terjadi secara tiba tiba ciri ciri penyakit ginjal pada ibu hamil meamang tidak boleh kita abaikan dan perhatikan  Untuk mengetahui indikasi yang tepat maka perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter lebih lanjut.

3. Warna Urine Tidak Normal

Biasanya warna urine yang normal berwarna bening dan tidak berbau , sedangkan saat hamil dan mengalami masalah penyakit ginjal warna urin pun berwana merah menandakan adanya campuran darah. Hal tersebut mengindikasikan bahwa ginjal tidak mampu menyaring urine secara sempurna. Pada tahapan warna urine yang tidak normal ini kita perlu mengetahui bahaya penyakit ginjal pada ibu hamil perlu kita waspadai dan segera kita tangani.

Sponsors Link

4. Sesak Nafas

Ciri gagal ginjal yang ditemukan pada ibu hamil dan hampir tidak ditemui kecuali saat hamil yaitu sesak nafas. Sesak nafas terjadi dikarenakan pembengkakan yang terjadi pada beberapa bagian dalam tubuh yaitu ginjal yang mengakibatkan organ dalam mendesak saluran pernafasan selain itu janin yang ada di dalam perut ibu hamil juga mendesak organ yang lainnya Sehingga menghambat  ibu yang sedang hamil bernafaas akhirnya menjadi sesak nafas. Hubungan sesak nafas dengan gagal ginjal kronik perlu kita ketahui lebih lanjut , untuk mengurangi kondisi sesak nafas yang dirasakan.

ads

5. Tangan dan Kaki Bengkak yang Tidak Wajar

Memang tanda tangan dan kaki bengkak sangat umum  dialami oleh ibu hamil , namun perlu kita ketahui bahwa tanagn dan kaki yang bengkak pada ibu hamil yang mengalami gagal ginnjaal akan tidak sangat normal . Mungkin sangat sulit membedakan antara yang normal dan tidak normal , namun biasanya dokter akan mengetahui perbedaannya , maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter.

6. Sakit Saat Buang Air Kecil

Sakit saat buang air kecil ini juga disebabkan karena gagal ginjal , saat buang air kecil biasanya akan kesakitan hal itu bisa saja karena adanya infeksi pada ginjal , sehingga saat urine keluar dari kandung kemih akan menekan dan merasakan sakit. Untuk itu sangat diharapkan agar rasa sakit ini tidak terlalu dibiarkan dan mengganggu aktivitas ibu hamil , sebaiknya melakukan tindakan penanganan sesuai anjuran dokter untuk megatasi masalah gagal ginjal yang dialami.

7. Mudah Lelah , Lemas dan Tidak Bertenaga

Saat hamil dengan kondisi normal tanpa penyakit pun ibu hamil sering mengalami lelah , lemas dan tidak bertenaga. Apalagi saat disertai dengan masalah gagal ginjal , maka dampaknya akan lebih terlihat dan parah  Bisa jadi ibu hamil  tidak mampu melakukan aktivitas sama sekali karena tidak bertenaga untuk melakukannya.

8. Masalah Pencernaan

Selanjutnya hal yang sangat sring ditemukan pada sesorang yang mengalammi gagal ginjal khususnya ibu hamil yaitu pada masalah pencernaannya . Tugas dari ginjal sendiri juga sangat berkaitan erat dengan organ pencernaan, maka dari itu apabila ginjal mengalamimasalah maka akan berdampak pada  masalah pencernaan , tentunya pencernnaan yang tidak baik akan sangat meengganggu sekali kondisi kesehatan ibu hamil. Gejala gagal ginjal kronik salah satuya juga merupakan masaah encernaan yang serius , serta menimbulkan dampak pada kesehatan organ dalam lainnya.

Ciri-ciri diatas masih perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter untuk mengatahui atau memastikan kondisinya  Ada bebrapa tips untuk ibu hamil saat terkena masalah gagal ginjal yaitu sebagai berikut :

  • Check up secara rutin dengan dokter
  • tidur secara teratur , 6 jam sampi 8 jam perharinya
  • Kurangi melakukan aktivitas yang berat
  • Hindari mengkonsumsi makanan junk food , karena menyebabkan ginjal bekerja keras dan meningkatkan resiko kerusakan
  • minum air putih sesuai kebutuhan
  • mengkonsumsi makanan yang rendah protein hewani
  • menjaga tekanan darah
  • mengkonsumsi makanan yang sehat
  • hindari stress
  • Lakukan pola makan teratur
  • ikuti senam ringan ,  yang bertujuan menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun

Penjelasan diatas diharapkan mampu memberikan pengetahuan mengenai ciriciri gagal ginjal pada ibu hamil . Dmpak yang ditimbulkan dari berbagai penyakit salah satunya gagal ginjl , akan membuat sadaar kepada kita betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh

Sponsors Link
>
, ,