Sponsors Link

9 Ciri Ciri Gagal Ginjal Pada Anak yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Saat ini masalah kesehatan yang menyerang diusia anak-anak serinng kali ditemukan. Tak jarang masalah tersebut menyebabkan menurunnya kemampuan fungsi tubuh pada anak-anak. Terkadang orang tuapun tidak sadar bahwa anaknya sedang mengalami beberapa masalah kesehatan. Ada beberapa masalah kesehatan yang memerlukan diagnosis lebih lanjut dan tidak kasat mata.

ads

Salah satu masalah yang perlu kita ketahui tanda gejala serta ciri cirinya pada anak yaitu masalah ginjal pada anak seperti batu ginjal , batu ginjal , radang ginjal , infeksi ginjal dan lain sebagainya. Karena seringkali orang tua terlembat mengetahui kondisi masalah kesehatan yang terjadi pada anak. Berikut beberapa ciri-ciri gagal ginjal pada anak .

Ciri Ciri Gagal Ginjal Pada Anak

Ginjal merupakan salah satu bagian organ dalam tubuh manusia , dimana ginjal memiliki  beberapa fungsi yang sanat penting bagi tubuh . Beberapa fungsi organ ginjal diantaranya  menjaga keseimbanga elekrolit , menjaga cairan tubuh , menyaring darah , serta membantu dalam proses metabolisme tuuh manusia.

Namun pada anak yang mengalami masalah ginjal akan mengakibatkan ginjal kesulitan menjalanka fungsinya. Beberapa kondisi ginjal pada anak yang berdampak pada kinerja ginjal tersebut diantaranya adalah infeksi ginjal pada anak balita , tumor ginjal pada anak , radang ginjal pada anak , batu ginjal pada anak serta gagal ginjal pada anakdan lain sebagainya. Tentunya setiap kondisi tersebut memiliki ciri-ciri khusus. Kali ini kita akan membahas ciri-ciri atau gejala gagal ginjal pada anak , berikut penjelasannya :

  1. Tangan Bengkak

Ciri-ciri yang pertama apabila anak sedang terkena indikasi  adanya gaga ginjal yaitu ditandai dengan adanya tangan yang bengkak Hal inni terjadi karena terdapat proses metabolisme yang tejadi secara tidak sempuna sehingga mengakibatkan salah satu dampak yaitu memmbuat penumpukan cairan disalah satu bagian tubuh saja , yaitu pada area tangan Mungkin orang yang tidak memahami kondisi anaknya akan berfikiran tidak ada masalah apa-apa. Orang tua mungkin menganggap bengkaknya pada are tangan hanya menandai bahwa anaknya gemuk atau penambahan berat badan dan lain sebagainya. Gejala ginjal sedang bermasalah memang sulit di identifikasi , butuh ketelitian serta pemeriksaan lebih lanjut.

2. Kaki Membengkak

Selain pada are tangan yang membengkak , area kaki pun biasanya juga akan membengkak Penyebabnya sama seperti pada area tangan yang membengkak  yaitu adanya penumpukan cairan pada area kaki , biasanya penumukan cairan pada kondisi gagal ginjal disebabkan karena penyaringan yang tidak sempurna. Kaki membengkak merupakan  Gejala penyakit ginjal stadium awal . Namun sering kali orang tua tidak sadar bahwa anaknya sedang mengalami sakit ginjal , sehingga penanganan kondisi ini pun sering terlambat dan mengakibatkan masalah ginjal yang lebih parah.

Sponsors Link

3. Area Sekitar Mata Membengkak

Sebaggai orang tua perlu lebih hati-hati , terhadap semua perubahan fisik yang ada pada anaknya . Hal itu bertujuan untuk memantau kesehatan tumbuh kembang anak , karena tidak semua perubahan fisik itu baik , misalnya saja yang dulunya daerah sekitar mata yang membengkak  . Perubahan fisik tersebut menandakan bahwa ada masalah pada kesehatan yaitu masalah ginjal Secara umum mata membengkak merupakan tanda semua jenis penyakit ginjal , terlebih pada penyakit ginjal pada anak. Untuk mengetahui apakah terdapat masalah kesehatan adanya indikasi penyakit tertentu maka perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter cara mengobati ginjal pada anak perlu kita ketahui untuk berjaga-jaga jika anak kita memiliki ginjal yang bermasalah .

ads

4. Berubahnya Warna Urine

Apabila anak tidak mengalami masalah pada ginjal biasanya warna urine normal. Namun apabila mempunyai masalah ginjal maka akan mengakibatkan warna urine menjadi tidak normal biasanya berarna kemerahan dalam waktu lama , karena mengindikasikan adanya darah , jika berbusa maka mengindikasikan adanya protein . Hal tersebut terjadi karena proses filtrasi atau penyaringan didalam ginjal tidak sempurna. Air kencing berarna kubing tua juga merupakan indikasi adanya masalah ginjal pada anak.

5. Pertumbuhan Lambat

Masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan pada segala aspek contohnya pekembangan pada motorik kasar , motorik halus, perkembangan kognitif dan lain sebagainya . Pertumbuhan tersebut dipengaruhi tingkat kesehatan anak itu sendiri . Apabila anak  memiliki masalah kesehatan maka pertumbuhannya pun akan terhambat. Salah satu masalah kesehatan yang berpengaruh pada pertumbuhan anak yaitu masalah penyakit ginjal pada anak Gejala sakit ginjal parah salah satunya yaitu pertumbuhan lambat secara signifikan dan tidak ada perkembangan yang baik

6. Kesulitan Menjalani Aktivitas

Salah satu ciri-ciri nyata pada kehidupan sehari hari , anak kesulitan melakukan aktivitasnya  Hal tersebut dikarenakan karena biasanya anak yang memiliki masalah ginjal imunitas tubuhnya tidak baik Sehingga anak mudah lesu , lemas , tidak bedaya saat melakukan aktivitas. Fungsi ginjal memang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak

7. Tidak Nafsu Makan

Hal yang sangat terlihat dari perubahan anak adanya masalah gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya yaitu anak menjadi tidak nafsu makan . Apabila  nutrisi yang didapatkan anak tidak mencukupi kebutuhan maka akan berdampak pada masalah kekurangan gizi Hal tersebut pastinya tidak baik , karen emenuhan gizi yang tepat pada kasus ginjal ini akan mamu mempercepat penyembuhan anak. Maka dari itu asupan makanan yang tepat dan benar sangat berdampak. Menu makanan untuk sakit ginjal perlu kita perhatikan , karena tidak semua makanan boleh dikonsumsi  oleh penderita ginjal.

8. Mual dan Muntah

Anak yang mengalami masalah ginjal juga sering sekali mual dan munntah Hal tersebut dikarenakan dampak dari penyakit ginjal membuat pencernaan anak tidak baik Sehingga akan mengakibatkan anak mual dan muntah secara terus menerus . Obat herbal ginjal paling ampuh mungkin bisa membantu gejala mual dan munntah pada anak yang sedang mengalami gagal ginjal.

9. Wajah Pucat

Hal yang sangat terlihat yaitu , wajah anak menjadi pucat sehingga terlihat tidak segar. Namun wajah pucat tidak hanya merupakan indikasi adanya penyakit ginjal saj , jadi bukan merupakan tolok ukur pertama. Kita perluu mengetahui ciri-ciri lain atau tanda dan geala lain yang ada pada anak Sehingga tidak salah dalam  proses diagnosisnya

Pengetahuan mengenai ciri-ciri gagal  ginjal diatas sangatlah penting , karena untuk mengetahusuatu penyakit kita perlu mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu Meskipun begitu kita tetap harus melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Sponsors Link
>
, , , ,