Sponsors Link

30 Ciri Ciri Gagal Ginjal Awal dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gagal Ginjal adalah suatu jenis penyakit yang menyerang ginjal yang sangat berbahaya. Gagal ginjal sendiri memiliki beberapa fase gejala gejala awal yang diderita oleh penderita penyakit ini. Biasanya gejala awal yang diderita oleh penderita penyakit ini adalah menurunnya fungsi ginjal, fungsi ginjal menurun sekitar 20%. Namun, apabila gejala gejala di awal ini tidak diperhatikan dengan serius maka bisa saja kerusakan pada ginjal akan semakin menjadi parah. Gagal ginjal berarti adalah kegagalan ginjal dalam melaksanakan berbagai fungsi penting bagi tubuh. (Baca juga : makanan penderita ginjal bocor )

ads

Ciri Ciri Gagal Ginjal Awal

  1. Perubahan warna urin

Urin yang normal akan berwarna bening, tapi bagi yang memiliki urin yang berwarna keruh cenderung coklat maka ini bisa menjadi salah satu ciri ciri gagal ginjal awal. Maka harus di perhatikan apabila warna urin masih tetap berkeruh dalam waktu yang lama.  (Baca juga : cara mengobati gagal ginjal )

  1. Urin dalam darah

Normalnya urin manusia tidak mengandung darah sama sekali kecuali pada wanita yang sedang mengalami menstruasi, urin yang mengandung darah menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada fungsi ginjal.  (Baca juga : tips menjaga kesehatan ginjal )

  1. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil atau dalam masyarakat umum disebut beser adalah kondisi dimana seseorang berkeinginan untuk buang air kecil lebih sering dari orang pada umumnya. Kondisi ini yang menandakan bahwa ginjal sedang dalam proses kerusakan.  (Baca juga : khasiat buah mengkudu untuk ginjal )

  1. Sulit buang air kecil

Ciri ciri gagal ginjal awal yang selanjutnya ialah sulit buang air kecil. Kesulitan buang air kecil akan memberikan rasa sakit pada tubuh seseorang. Urin yang tidak dikeluarkan dari dalam tubuh bisa saja disebabkan oleh adanya batu ginjal ataupun kista yang menghalangi saluran dimana urin seharusnya dibuang.  (Baca juga : khasiat buah manggis untuk ginjal )

  1. Mual mual

Mual mual akan menjadi salah satu bentuk respon pada tubuh apabila kondisi tubuh seseorang tidak dalam kondisi yang sehat dan bugar. Mual mual akan membuat tubuh penderita menjadi lebih lemah.  (Baca juga :ciri ciri batu ginjal pada wanita  )

  1. Muntah muntah

Muntah muntah terjadi karena adanya penekanan dari dalam perut yang membuat tubuh seseorang seolah olah ingin mengeluarkan semua makanan yang telah dimakan.  (Baca juga : cara mengobati ginjal secara tradisional )

  1. Demam tinggi

Demam tinggi merupakan ciri ciri gagal ginjal awal. Tubuh yang berada dalam kondisi suhu tubuh yang tinggi merupakan gejala awal dari berbagai penyakit. Demam yang tinggi disebabkan adanya infeksi bakteri yang menyerang salah satu atau beberapa organ tubuh manusia termasuk ginjal.  (Baca juga : cara mengobati ginjal bocor )

  1. Kesulitan bernafas

Kesulitann bernafas merupakan salah satu ciri ciri gagal ginjal awal. Kesulitan bernafas disebabkan oleh adanya cairan yang menumpuk di dalam tubuh manusia dikarenakan ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya sebagai alat penyaring zat zat di dalam tubuh.  (Baca juga : cara mengobati ginjal bengkak )

Sponsors Link

  1. Urin yang berbusa

Urin yang mengandung busa bisa menjadi salah satu pertanda bahwa kondisi ginjal tidak dalam keadaan yang baik baik saja, urin pada normalnya tidak mengandung busa. Kondisi urin yang mengandung busa menjadi ciri ciri gagal ginjal awal.  (Baca juga : ciri ciri infeksi ginjal )

  1. Sakit ketika buang air kecil

Tubuh akan merasakan sakit ketika buang air kecil, tubuh yang merasa sakit ketika buang air kecil menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada ginjal manusia.  (Baca juga : diabetes insipidus )

  1. Anemia

Pada penyakit gagal ginjal awal pada beberapa orang disertai juga dengan penyakit anemia. Anemia bisa menjadi salah satu penyebab gagal ginjal. Fungsi sel darah merah sendiri adalah menyalurkan oksigen ke beberapa bagian otot dan otak.  (Baca juga : penyebab kista di ginjal )

  1. Tubuh mudah lelah

Tubuh mudah lelah karena kekurangan darah disebabkan terjadinya anemia. Sel darah merah bekerja untuk metabolisme, sehingga tubuh akan menjadi sangat lelah karena produksi sel darah merah tidak mencukupi.  (Baca juga : makanan pembersih ginjal )

ads
  1. Bau mulut

Fungsi ginjal adalah menyaring zat zat yang masih berguna bagi tubuh dan mengeluarkan zat zat yang tidak berguna lagi bagi tubuh. Kerusakan ginjal akan menyebabkan fungsi filtrasi ini rusak sehingga banyak zat zat yang tidak berguna bagi tubuh sehingga dapat menyebabkan produksi amonia dalam tubuh meningkat dan dapat menyebabkan bau mulut.  (Baca juga : makanan perusak ginjal )

  1. Gatal

Kelebihan zat zat yang tidak berguna di dalam tubuh akan menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh manusia. Hal ini disebabkan racun yang seharusnya di buang dari dalam tubuh justru menumpuk di dalam tubuh. (Baca juga : penyebab uremia )

  1. Muncul ruam kulit

Ruam adalah kondisi kulit yang ditandai dengan iritasi, bengkak atau gembung kulit yang diketahui dengan adanya warna merah, rasa gatal, bersisik,kulit yang mengeras atau benjolan melepuh pada kulit. (Baca juga : pielonefritis )

  1. Mudah merasa dingin

Gagal ginjal yang disertai dengan penyakit anemia akan menyebabkan penderitanya mudah dingin meskipun sudah berada di ruangan yang hangat.  (Baca juga : ketosis )

  1. Merasa pusing

Pusing disebabkan oleh kurangnya oksigen yang mengalir menuju otak, kekurangan oksigen ini disebabkan oleh adanya anemia.  (Baca juga : albuminuria )

  1. Sulit berkonsentrasi

Sulit berkosentrasi disebabkan oleh kurangnya hormone tiroid sehingga metabolism terhambat sehingga mengurangi aliran darah dan fungsi sel di bagian bagian otak.

  1. Rasa logam di mulut

Kanker, diabetes, defiensi vitamin B-12, kekurangan seng, hiperparatiroidisme, gagal ginjal adalah beberapa penyakit sistemik yang memicu rasa logam dalam mulut.Rasa logam juga umum muncul saat seseorang selesai menjalani sesi kemoterapi.

  1. Sesak nafas

Sesak nafas disebabkan oleh cairan ekstra dalam tubuh dapat terkumpul di paru paru dan akibat anemia pula yang membuat tubuh kekurangan oksigen dan menyebabkan sesak nafas.

  1. Tubuh bengkak

Tubuh bengkak disebabkan oleh adanya cairan yang menumpuk diginjal akibat kegagalan fungsi ginjal sehingga terdapat tumpukan zat zat yang tidak berguna sehingga membuat tubuh menjadi bengkak.

  1. Sakit kepala

Sakit kepala bisa jadi menjadi ciri ciri gagal ginjal awal. Penyebab sakit ginjal ialah kurangnya mendapatkan oksigen dalam jumlah cukup akibat kekurangan sel darah merah.

  1. Sulit tidur

Penderita gagal ginjal pada tahap awal biasanya akan mengalami kesulitan tidru. Ginjal mengalami kerusakan dan tidak dapat menyaring racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh sehingga tubuh menjadi tidak nyaman dan akan membuat sulit untuk tidur.

  1. Otot Kram

Penderita gagal ginjal juga bisa mengalami kram otot. Rasa kram otot bisa terjadi kapan saja namun paling sering pada malam hari. Biasanya hal ini disebabkan karena tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang berasal akibat terjadi gangguan fungsi ginjal. Kondisi ini biasanya paling dipengaruhi ketika tubuh tidak memiliki kadar kalsium yang cukup atau jumlah fosfor yang sangat kurang.

  1. Nafsu makan turun

Pada penderita gagal ginjal awal akan mengalami nafsu makan yang turun karena kondisi tubuh yang tidak nyaman.

  1. Mata bengkak

Ternyata tidak hanya tubuh saja yang dapat bengkak, ternyata bagian wajah terutama sekitar mata akan bisa membengkak akibat penumpukan protein yang berlebih yang ada di dalam tubuh.

  1. Punggung Sakit

Punggung sakit menandakan adanya sesuatu di dalam ginjal. Ginjal berada di daerah belakang kanan kiri sekitar pinggang. Kerusakan pada ginjal akan menyebabkan pungung sakit.

Sponsors Link

  1. Hipertensi

Tekanan berlebih yang dialirkan jantung melalui pembuluh darah besar maupun kecil dapat merusak organ tubuh, termasuk ginjal. Penyakit ginjal terutama disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau hipertensi dan diabetes.

  1. Nyeri sendi

Gagal ginjal bisa menyebabkan nyeri, kekakuan, dan cairan pada sendi, titik-titik di mana dua atau lebih tulang bertemu bersama-sama. Gejala-gejala ini adalah hasil dari amyloidosis. Ginjal yang sehat menyaring protein amiloid keluar dari darah, tetapi filter dialisis tidak seefisien ginjal dalam menghilangkan amyloid

  1. Kulit yang pucat

Bagi penderita gagal ginjal biasanya kulit mereka dan juga kuku akan terlihat lebih pucat karena kekurangan sel darah merah.

Cara mengatasi gagal ginjal

  • Hindari merokok : Merokok banyak mengandung zat zat yang berbahaya bagi tubuh. Keracunan bahan bahan kimia ini akan menyebabkan kerusakan pada organ organ tubuh yang penting termasuk ginjal.
  • Berolahraga : Berolahraga akan membuat tubuh menjadi segar sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dan juga akan menyebabkan sistem imun lebih kuat sehinga bakteri tidak menyerang tubuh.
  • Makan makanan yang baik untuk ginjal : Banyak sekali makanan makanan yang baik untuk ginja, mengonsumsi makanan makanan tersebut akan membuat ginjal semakin baik.
  • Minum air mineral yang cukup : Air mineral baik untuk tubuh dan cuka membantu peredaran darah di dalam tubuh.

Itulah ciri ciri gagal ginjal awal, dengan mengetahui gejala gejala tersebut maka harus dikonsultasikan dengan dokter agar penyakit ini tidak semakin berbahaya.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :