Sponsors Link

7 Ciri Ciri Gagal Ginjal Akut Wajib Diketahui

Sponsors Link

Gagal ginjal akut atau ginjal kronis adalah salah satu penyakit ginjal yang paling berbahaya dan harus segera disembuhkan oleh mereka yang menderita penyakit ini. Tidak hanya orang tua, anak-anak atau bayi pun juga memiliki potensi untuk mengalami masalah penyakit yang satu ini. Oleh karena itulah, mengatasi masalah ginjal akut sejak dini merupakan pilihan yang bijak agar kita bisa mencegah bertambah parahnya penyakit ini.

ads

Untuk bisa mengatasi dan mencegah bertambah parahnya penyakit ginjal akut, tentunya kamu perlu mengetahui apa saja ciri ciri gagal ginjal akut agar. Dengan mengetahui ciri-ciri ginjal akut, maka kita bisa mengobati dan merawat pasien dengan lebih awal sehingga penyakit tersebut bisa dihindari dengan lebih cepat. Apa saja ciri ciri gagal ginjal akut yang bisa kita ketahui? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Berkurangnya produksi urine

Salah satu ciri ciri gagal ginjal akut yang mungkin bisa dirasakan oleh para penderita ginjal akut adalah berkurangnya jumlah urine yang diproduksi oleh sistem metabolisme tubuh mereka. Hal ini disebabkan karena penyakit gagal ginjal akut menyebabkan gangguan pada ginjal sehingga ginjal tidak bisa memproduksi urine dengan baik. Oleh karena itu, apabila kamu mengalami penurunan produksi urine secara tiba-tiba, diiringi dengan berbagai ciri yang lain, maka hal tersebut patut diwaspadai sebagai salah satu indikasi bahwa kita sedang menderita gagal ginjal akut.

2. Linglung atau kebingungan

Mereka yang mengalami masalah gagal ginjal akut atau infeksi ginjal akut juga akan mengalami linglung dan kebingungan sebagai akibat dari gangguan ginjal yang mereka alami. Hal itu disebabkan karena dengan rusaknya ginjal, maka proses penyaringan zat-zat racun di dalam tubuh menjadi terganggu. Akibatnya zat-zat racun tersebut menumpuk di dalam aliran darah dan mempengaruhi kinerja otak para penderita gagal ginjal akut sehingga mereka mengalami kebingungan atau linglung.

3. Mual dan muntah

Mual dan muntah adalah salah satu gejala yang umum dialami oleh para penderita gagal ginjal akut dan juga penyakit-penyakit ginjal yang lain. Mereka mengalami mual dan muntah sebagai akibat bertumpuknya zat racun dalam tubuh dan juga karena stimulus pada tubuh yang memicu mereka untuk mengeluarkan zat-zat yang ada di dalam lambung. Oleh karena itulah, apabila kamu sering mual dan muntah diiringi dengan gejala di atas, besar kemungkinan hal itu menjadi pertanda bahwa ginjalmu bermasalah.

4. Sesak napas

Para penderita gagal ginjal akut juga bisa mengalami masalah pernapasan sebagai akibat dari terganggunya sistem pernapasan. Sistem pernapasan bisa terganggu karena zat-zat limbah seperti kreatin yang ada di dalam tubuh tidak bisa disaring dengan baik oleh ginjal. Akibatnya, zat limbah tersebut memasuki paru-paru dan sistem pernapasan yang lainnya sehingga membuat suplai darah segar yang mengandung kadar oksigen yang tinggi untuk tubuh menjadi berkurang.

5. Penumpukan cairan dalam tubuh atau edema

Selain beberapa masalah di atas, para penderita gagal ginjal juga bisa mengalami masalah penumpukan cairan di dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya untuk menghasilkan urine dengan baik. Sebagai akibatnya, cairan di dalam tubuh menumpuk dan sulit untuk dikeluarkan. Ada baiknya apabila kamu segera memeriksakan diri karena bisa jadi pula hal ini menjadi gejala batu ginjal.

6. Nyeri punggung

Ciri ciri gagal ginjal akut berikutnya adalah munculnya rasa nyeri pada punggung yang menjadi tanda kuat bahwa ginjal mengalami permasalahan tertentu. Nyeri pada punggung ini muncul sebagai akibat dari ginjal yang mengalami kerusakan secara fisik sehingga sensor perasa sakit yang ada di sekitar ginjal pun akan mengirimkan tanda bahwa ginjal mengalami masalah. Akibatnya muncullah rasa nyeri tersebut pada para penderita ginjal.

Sponsors Link

7. Meningkatnya tekanan darah

Meningkatnya tekanan darah bisa menjadi salah satu ciri-ciri bahwa seseorang mengalami masalah ginjal yang cukup serius. Hal tersebut dikarenakan ginjal yang bermasalah akan membuat tekanan darah juga akan terganggu. Salah satu akibat dari gangguan pada tekanan darah ini adalah meningkatnya tekanan darah yang terjadi karena darah semakin kental. Pengentalan darah tersebut disebabkan oleh berkumpulnya zat sampah di dalam aliran darah karena tidak bisa tersaring oleh ginjal dengan sempurna.

Itulah beberapa ciri ciri gagal ginjal akut yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi apakah kamu menderita gagal ginjal akut atau tidak. Tentunya akan lebih baik apabila kamu mengetahui bagaimana caranya untuk mencegah agar gagal ginjal akut tidak terjadi bukan? Oleh karena itu, beberapa cara mencegah gagal ginjal akut di bawah ini pasti akan membantumu. Beberapa cara mencegah gagal ginjal akut antara lain adalah sebagai berikut.

Sponsors Link

  • Mengurangi memakan makanan berkadar garam tinggi
  • Tidak terlalu banyak mengonsumsi kalium
  • Selalu berolahraga dengan rutin
  • Memakan makanan yang baik untuk kesehatan ginjal
  • Menjauhi memakan makanan yang buruk untuk kesehatan ginjal
  • Memakan buah apel secara rutin
  • Memakan buah manggis secara rutin
  • Mengonsumsi mengkudu
  • Mengonsumsi air dengan cukup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar gagal ginjal akut tidak terjadi padamu. Dengan melakukan beberapa langkah di atas, disertai dengan mengetahui apa saja ciri ciri gagal ginjal akut, maka kamu bisa menghindari penyakit ginjal akut dengan mudah, dan juga bisa mengetahui ketika kamu terserang gagal ginjal akut dengan cepat sehingga tidak terjadi keterlambatan penanganan yang membuat penyakitmu menjadi lebih parah. Jangan lupa pula mempelajari gejala ginjal bermasalah.

Selamat menjaga kesehatan ginjal!

Sponsors Link
>
, ,