Sponsors Link

6 Ciri Ciri Batu Ginjal Sudah Sembuh Wajib Diketahui

Sponsors Link

Batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang diderita oleh banyak orang di luar sana. Tidak peduli laki-laki ataupun perempuan, tua ataupun muda, ataupun muda, batu ginjal bisa menyerang kita yang memiliki gaya hidup tidak seimbang, sehingga membuat badan sakit. Oleh karena itu, kita harus menghindari penyakit yang satu ini agar bisa hidup dengan sehat.

ads

Tidak hanya itu, kita juga perlu mengetahui apakah batu ginjal yang kita punyai sudah sembuh ataukah belum, supaya kita bisa berperilaku dengan tepat. Hal yang perlu kita lakukan oleh karenanya adalah mengetahui apa saja ciri ciri batu ginjal sudah sembuh, sehingga kita mengetahui apabila pengobatan yang telah kita lakukan berhasil dengan baik atau tidak.

Memangnya apa sajakah ciri ciri batu ginjal sudah sembuh itu? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Frekuensi buang air kecil menurun

Salah satu ciri ciri utama dari sembuhnya penyakit batu ginjal adalah menurunnya frekuensi buang air kecil yang kamu miliki. Dengan kata lain, kamu semakin jarang buang air kecil apabila dibandingkan dengan ketika batu ginjal masih ada di dalam tubuhmu. Hal ini wajar mengingat hilangnya batu ginjal akan membuat aliran air kencing tentunya akan bertambah lancar. Sebaliknya, apabila frekuensi buang air kecil tidak lancar, maka ini adalah ciri ciri gagal ginjal akut yang harus segera diselesaikan.

2. Rasa sakit ketika buang air kecil hilang

Ketika kita menderita batu ginjal, setiap kali kita buang air kencing, biasanya akan muncul rasa sakit. Sementara itu, ketika batu ginjal sudah mulai sembuh, maka rasa sakit tersebut perlahan-lahan juga akan hilang. Oleh karena itulah salah satu ciri apabila pasien batu ginjal mulai sembuh adalah hilangnya rasa sakit ketika mereka buang air kencing.

3. Sakit pada beberapa bagian tubuh hilang

Selain menurunnya frekuensi buang air kecil dan rasa sakit ketika buang air kecil, maka ciri ciri batu ginjal sudah sembuh berikutnya adalah hilangnya rasa sakit pada beberapa bagian tubuh yang muncul ketika mengalami batu ginjal hilang. Beberapa bagian tubuh yang sakit seperti paha, dan lain sebagainya, akan tidak lagi merasakan rasa sakit ketika batu ginjal telah sembuh. Ini merupakan salah satu gejala kesembuhan yang penting lo. Sebaliknya, apabila sakit pada beberapa tubuh muncul maka itu adalah ciri ciri ginjal ada masalah.

4. Warna air seni kembali normal

Perubahan yang menandakan kesembuhan kita dari batu ginjal berikutnya adalah perubahan pada warna air urine menjadi seperti air urine pada umumnya ketika kita sehat. Air urine tidak lagi berwarna merah darah atau gelap, dan juga tidak memiliki bau yang busuk seperti ketika sedang menderita batu ginjal. Perubahan ini merupakan salah satu perubahan utama yang bisa terjadi ketika kita telah sembuh dari batu ginjal lo.

5. Hilangnya keinginan untuk muntah dan perasaan mual

Apabila kita telah sembuh dari batu ginjal, maka keinginan untuk muntah dan juga rasa mual yang hebat yang biasanya kita rasakan ketika menderita batu ginjal tidak akan lagi terasa. Hal ini disebabkan karena batu ginjal tidak lagi mengganggu sistem pencernaan kita dan memicu tubuh untuk muntah dan mual. Apabila justru muntah dan mual yang muncul, maka hal itu adalah ciri ciri ginjal akut.

6. Kualitas tidur dan istirahat kembali normal

Ciri ciri batu ginjal sudah sembuh berikutnya adalah normalnya kembali kualitas tidur dan istirahat yang dimiliki oleh penderita apabila dibandingkan dengan saat dia sakit. Pasien yang sembuh dari batu ginjal, akan kembali memiliki pola dan kualitas tidur atau istirahat yang baik dan normal sebagaimana pada umumnya. Hal ini disebabkan karena rasa sakit akibat batu ginjal menghilang dan tidak lagi mengganggu istirahat pasien.

Sponsors Link

Itulah beberapa ciri-ciri apabila batu ginjal telah sembuh dari tubuhmu. Tentunya untuk bisa menyembuhkan diri dari penyakit batu ginjal, kamu memerlukan pengobatan dan juga perawatan yang baik. Beberapa cara untuk mengatasi batu ginjal agar kamu bisa sembuh, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Minum air putih dengan cukup

Meminum air putih dengan jumlah kurang lebih 2,8 liter per hari bisa membantu tubuhmu untuk menghancurkan batu ginjal secara alami. Dengan demikian, perlahan tapi pasti batu ginjal yang kamu miliki bisa hancur dengan sendirinya dan akan keluar melalui saluran kencingmu ketika kamu membuang air kencing.

2. Mengonsumsi lemon

Lemon adalah buah yang baik untuk menghancurkan batu ginjal. Dengan mengonsumsi lemon secara rutin, tetapi tidak terlalu berlebihan, maka kamu bisa mempercepat proses penghancuran batu ginjal yang ada di dalam tubuhmu. Hal ini juga bisa membantu mengatasi ciri ciri ginjal tidak sehat terutama yang disebabkan karena batu ginjal.

3. Mengurangi asupan garam dan protein

Garam dan protein adalah dua hal yang menyebabkan batu ginjal bisa mudah terbentuk apabila dikonsumsi terlalu banyak. Oleh karena itulah, kamu harus mengurangi asupan makanan ini ketika kamu menderita batu ginjal.

Sponsors Link

4. Mengonsumsi serat

Makanan berserat adalah salah satu asupan nutrisi yang baik untuk tubuhmu yang sedang mengalami masalah batu ginjal. Dengan mengonsumsi makanan berserat secara cukup, kamu bisa mempercepat penyembuhan batu ginjal yang kamu alami.

Itulah beberapa informasi penting yang bisa kita sampaikan dan bahas dalam artikel ginjal kali ini. Semoga dengan beberapa hal di atas, kita bisa menyembuhkan batu ginjal dengan lebih mudah dan cepat ya. Jangan lupa untuk senantiasa berolahraga agar kamu bisa menyembuhkan dirimu dari berbagai macam penyakit ginjal, dan tentunya menjaga kesehatan tubuhmu. Selain itu, pelajari pula ciri ciri sakit ginjal awal yang telah kita bahas sebelumnya.

Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,