Sponsors Link

8 Ciri Ciri Batu Ginjal Pada Laki Laki Wajib Diketahui

Sponsors Link

Batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang sering diderita oleh orang yang lanjut usia. Meskipun demikian, bukan berarti mereka yang muda pun tidak berpeluang untuk mendapatkan penyakit yang satu ini. Tidak peduli apakah kamu merupakan laki-laki ataupun perempuan, kita semua memiliki potensi yang sama untuk terkena batu ginjal. Oleh karena itulah, salah satu hal yang perlu diketahui adalah ciri ciri batu ginjal pada laki laki agar para laki-laki bisa mengidentifikasi apakah mereka terkena batu ginjal atau tidak sedari dini.

ads

Memangnya, apa saja ciri ciri batu ginjal pada laki laki itu? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dan gejala batu ginjal pada laki-laki yang bisa kamu perhatikan pada laki-laki.

1. Tingginya suhu badan dan sulit diturunkan

Salah satu ciri ciri batu ginjal pada laki-laki yang mudah diamati akan tetapi tidak terlalu menjadi ciri-ciri yang pasti adalah terjadinya peningkatan suhu badan yang diakibatkan karena infeksi dari batu ginjal pada saluran kandung kemih ataupun ginjal itu sendiri. Seperti yang telah kita ketahui, apabila terjadi infeksi atau iritasi pada tubuh, maka suhu badan akan meningkat sebagai respons dari peristiwa tersebut. Hal itu perlu dilakukan agar tubuh bisa mengatasi infeksi yang menyerang tubuh. Oleh karena itulah, pada laki-laki ataupun perempuan, batu ginjal akan menimbulkan peningkatan suhu badan yang cukup parah apabila infeksi tidak diatasi dengan baik. Apabila sudah mencapai ukuran tertentu, yaitu ukuran batu ginjal yang harus dioperasi, tentu saja batu ginjal harus dioperasi secepat mungkin.

2. Perubahan warna urine

salah satu ciri ciri batu ginjal pada laki laki berikutnya adalah perubahan yang terjadi pada urine. Urine para penderita batu ginjal akan berubah warna menjadi gelap atau kemerah-merahan, tergantung apa yang bercampur dan seberapa parah infeksi yang terjadi pada tubuh si penderita batu ginjal. Akan tetapi, pada umumnya warna urine akan mengalami perubahan yang disebabkan karena bercampurnya batu ginjal dan reaksi antara batu ginjal dengan cairan urine.

3. Munculnya rasa nyeri yang parah pada bagian sisi tubuh atau punggung di bawah pinggul

Rasa nyeri juga menjadi salah satu indikator atau ciri batu ginjal pada laki laki yang mungkin akan muncul ketika batu ginjal telah menginfeksi tubuh, baik kecil ataupun besar. Semakin besar batu ginjal dan semakin besar pula yang disebabkan karena batu ginjal, maka semakin sakit pula rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita batu ginjal. Oleh karena itulah, apabila kamu sering mengalami rasa nyeri pada bagian punggung samping, maka jangan sampai meremehkannya karena hal itu bisa jadi menjadi salah satu indikator bahwa kamu sedang mengalami batu ginjal.

4. Rasa mual dan muntah-muntah

Pada beberapa penderita batu ginjal, salah satu ciri batu ginjal yang mungkin bisa dialami adalah munculnya rasa mual dan juga seringnya mereka mengalami muntah-muntah. Hal ini disebabkan karena infeksi yang ditimbulkan oleh batu ginjal telah menyebabkan tubuh berusaha untuk mengeluarkan zat-zat yang berbahaya dari dalam tubuh. Hal ini juga bisa menjadi salah satu bentuk hubungan diabetes dengan batu ginjal.

5. Nyeri saat buang air kecil

Salah satu gejala batu ginjal yang paling jelas dan juga mudah dirasakan adalah adanya rasa nyeri yang muncul ketika para penderita batu ginjal sedang mengeluarkan air kencing. Rasa nyeri tersebut muncul karena batu ginjal membuat terjadinya infeksi atau iritasi pada salah satu bagian saluran kemih, atau sistem metabolisme tubuh lainnya sehingga ketika urine dikeluarkan, bagian tersebut akan terkena cairan urine sehingga terasa perih.

6. Buang air kecil menjadi lebih intens

batu ginjal juga bisa menghambat pola kencing para penderita. Mereka yang mengalami batu ginjal biasanya akan menjadi lebih sering buang air kecil untuk mengeluarkan air kencing yang sulit dikeluarkan dari saluran pembuatan urine. Oleh karena itulah terkadang dalam satu jam mereka bisa kencing untuk beberapa kali. Apabila kamu ingin mengobati hal ini dengan sistem operasi, jangan lupa untuk mengantisipasi efek samping operasi samping operasi laser pada batu ginjal.

Sponsors Link

7. Air kencing lebih sulit keluar

Meskipun para penderita ginjal lebih sering berusaha untuk buang air kecil, akan tetapi hal tersebut tidak berarti semakin banyak urine yang mereka keluarkan. Justru sebaliknya, para penderita hanya bisa mengeluarkan urine dalam jumlah sedikit sedikit karena adanya sumbatan yang disebabkan karena batu ginjal. Tentunya hal ini bergantung pada letak batu ginjal dan juga ukuran batu ginjal yang terbentuk dalam saluran pencernaan para penderita batu ginjal. Semakin besar batu ginjal yang dimiliki, tentunya juga akan semakin sulit pula air kencing untuk keluar dari saluran pencernaan.

8. Urine berbau busuk

Selain warna urine berubah, para penderita batu ginjal juga akan memiliki urine yang baunya lebih buruk dari biasanya. Bau tersebut disebabkan karena adanya campuran batu ginjal dengan air urine sehingga reaksi kimia yang menghasilkan senyawa bau yang sangat busuk. Hal ini juga merupakan salah satu di antara pengaruh batu ginjal pada kehamilan.

Cara Mencegah Batu Ginjal pada Laki-laki

Selain mengetahui apa saja ciri ciri batu ginjal pada laki laki, tentunya kita juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi dan juga mencegah batu ginjal pada laki-laki supaya mereka bisa segera sembuh. Beberapa alternatif makanan atau minuman yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi batu ginjal pada laki-laki, antara lain adalah sebagai berikut.

Sponsors Link

  • Jus seledri
  • Jus basil
  • Keji keling
  • Daun gempur batu
  • Daun alpukat
  • Buah manggis
  • Kumis kucing
  • Mengkudu
  • Lemon segar
  • Daun dadap
  • Teh Horsetail
  • Jus Buah Delima
  • Minyak zaitun
  • Cuka apel murni
  • Uva ursi
  • Akar dandelion
  • Daun tempuyung
  • Teh basil

Nah, itulah beberapa hal tentang batu ginjal pada laki-laki yang bisa kamu ketahui. Dengan mengetahui beberapa ciri ciri batu ginjal pada laki laki di atas, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk mengidentifikasi penyakit batu ginjal pada laki-laki lebih awal. Jangan lupa, kamu juga perlu mengetahui apa saja ciri ciri batu ginjal sudah sembuh.

Selamat menjaga kesehatan ginjal!

Sponsors Link
>
, ,