Sponsors Link

8 Ciri Ciri Batu Ginjal Keluar yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sebenarnya, ciri ciri batu ginjal keluar hanya bisa diketahui dan dirasakan oleh penderita yang biasanya terjadi sesudah mengkonsumsi beberapa bahan alami untuk mengeluarkan batu ginjal tersebut berbeda dengan pengeluaran batu ginjal dengan cara operasi yang tidak akan menimbulkan gejala apapun. Ada beberapa ciri ciri batu ginjal keluar yang umumnya terjadi dan beberapa diantaranya adalah:

ads
  1. Sakit Saat Buang Air Kecil

Tanda pertama yang biasanya terjadi saat batu ginjal akan keluar adalah terasa sangat sakit ketika sedang buang air kecil. Rasa sakit ini terjadi karena batu tersebut sedang keluar secara perlahan dan mengiritasi saluran kencing sehingga menimbulkan rasa perih yang sangat menyakitkan.

  1. Terasa Seperti Mengganjal

Ciri ciri batu ginjal keluar selanjutnya adalah saat sedang buang air kecil, maka akan terasa seperti ada sesuatu yang mengganjal atau tertahan karena batu ginjal sedang berjalan keluar dari vagina ataupun penis.

  1. Terasa Lebih Lega

Jika sebelumnya batu ginjal masih ada di dalam tubuh atau saluran kencing dan terasa menyakitkan yang juga menjadi tanda batu ginjal pada anak, maka jika batu tersebut sudah keluar, masalah sakit dan tidak nyaman tersebut juga akan menghilang sehingga buang air kecil bisa dilakukan dengan lancar tanpa disertai dengan rasa sakit.

  1. Keinginan Buang Air Kecil Menurun

Ciri ciri batu ginjal sudah keluar berikutnya adalah frekuensi atau keinginan untuk buang air kecil akan menurun tidak seperti saat menderita batu ginjal dimana sensasi ingin buang air kecil akan terjadi terus menerus meski terkadang tidak ada air kencing yang keluar.

  1. Rasa Nyeri Berkurang

Saat menderita batu ginjal, hal paling umum yang dirasakan penderita adalah timbul rasa nyeri dan sakit saat buang air kecil. Hal tersebut bisa terjadi karena batu ginjal sedang bergerak dari kandung kemih menuju saluran kencing sehingga sensasi seperti tertusuk dan terbakar bisa terjadi yang kemudian menyebabkan infeksi saluran kencing. Namun saat batu ginjal sudah berhasil dikeluarkan menggunakan cara mengeluarkan batu ginjal secara alami, maka rasa nyeri tersebut semakin lama akan semakin berkurang dan akhirnya bisa sembuh total.

  1. Urin Tidak Berdarah

Selain menyebabkan rasa sakit, batu ginjal juga bisa menyebabkan warna urin berubah menjadi lebih pekat. Urin nantinya berubah warna dari kuning atau bening menjadi agak kecoklatan, merah muda dan bahkan merah yang terjadi pada saat batu ginjal menghalangi saluran kencing. Ciri ciri batu ginjal keluar berikutnya bisa terlihat dari warna urin yang kembali bening atau menguning sebagai pertanda jika batu ginjal sudah tidak lagi menginfeksi area saluran kencing dan tidak menyebabkan pendarahan kembali.

Sponsors Link

  1. Berkurangnya Rasa Mual dan Muntah

Beberapa penderita batu ginjal seringkali mengalami mual yang diikuti dengan muntah dan akhirnya bisa menyebabkan penderita kekurangan gizi dan dehidrasi sebagai ciri ciri batu ginjal awal. Penyebab utama dari mual dan muntah tersebut adalah karena tubuh sedang berusaha mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh sebab batu ginjal membuat organ tidak dapat bekerja dengan normal dan akhirnya memicu toksin dalam darah dan juga perut. Saat batu ginjal berhasil dikeluarkan, maka gejala seperti mual dan muntah ini juga bisa berkurang karena toksin dalam darah dan perut juga sudah menghilang bersama dengan keluarnya batu ginjal.

  1. Urin Tidak Lagi Berbau

Tidak hanya bisa merubah warna dari urin, namun batu ginjal juga bisa menyebabkan urin yang keluar berbau tidak sedap cenderung busuk yang juga menjadi ciri ciri penyakit batu ginjal. Meski memang urin yang keluar dalam kondisi normal juga berbau tidak sedap, namun saat menderita batu ginjal maka aromanya semakin menyengat bahkan hingga tidak tertahankan. Hal tersebut terjadi karena ginjal merupakan organ untuk mengeluarkan racun dan zat kimia dari dalam tubuh.

Sponsors Link

Saat fungsinya mengalami gangguan karena batu ginjal, maka berbagai zat tersebut akan mengendap dan mengkristal yang kemudian berubah menjadi batu ginjal dan menimbulkan bau tidak sedap. Ciri ciri batu ginjal keluar yang bisa dirasakan penderita adalah bau menyengat dari air kencing tersebut semakin lama akan semakin berkurang seiring dengan pengeluaran batu ginjal tersebut.

Demikian ulasan dari kami tentang beberapa ciri ciri batu ginjal keluar yang bisa dirasakan dan dilihat oleh penderita. Saat batu ginjal sudah berhasil keluar, maka segera lakukan langkah pencegahan agar masalah tersebut tidak lagi terulang di kemudian hari.

Sponsors Link
>
, ,